Monetisasi Blog

4 Tips Memaksimalkan Pendapatan Blog dari Memasang Iklan

Iklan, sejauh ini masih merupakan metoda monetisasi blog paling populer untuk blog dan website. Hal ini dikarenakan menjalankan iklan di sebuah blog bisa dilakukan dengan mudah, efektif dan efisien.

Anda hanya perlu kopi paste beberapa potong kode ke halaman blog, dan iklan pun berhasil ditayangkan. Ia efektif dan efisien karena jika Anda berhasil menjalankan iklan dari ads-network terpercaya, penghasilan Anda tidak bisa dikatakan kecil.

Terlepas dari semua kelebihan di atas, saya masih mendengar banyak blogger dan webmaster yang mengeluh tidak mampu menghasilkan uang yang layak seperti yang diharapkan, dengan menjalankan iklan di blog mereka.

Seringkali hal ini terjadi karena masalah pada website atau blognya itu sendiri. Seperti misalnya, jika jumlah pengunjung bulanan masih terlalu sedikit, maka tidak ada apapun yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pendapatan, selain menaikkan trafiknya terlebih dahulu.

Namun tidak jarang pula, blog yang memiliki trafik melimpah, namun pendapatan mereka amat rendah karena program periklanan mereka tidak dioptimalisasi secara baik.

Nah, jika Anda berada situasi tersebut, berikut adalah 4 tips yang bisa membantu Anda memaksimalkan potensi penghasilan dari blog melalui program periklanan.

1. Cobalah jenis iklan in-text dan video

Kebanyakan blogger dan pemilik website secara khusus hanya menggantungkan pada program Adsense atau iklan banner jika menyangkut masalah iklan. Padahal, ada jenis iklan lain yang bisa melengkapi jenis iklan banner yang juga bekerja sangat baik, yaitu iklan video dan in-text.

Iklan jenis in-text, adalah iklan yang ditempatkan langsung di dalam teks artikel Anda, dan keunggulan dari jenis iklan ini adalah kontekstual dan relevansi yang tinggi dengan konten. Ini bisa meningkatkan potensi penghasilan, karena pengunjung yang tidak melihat iklan Adsense, bisa melihat iklan in-text ini.

Memang ada beberapa yang berpendapat bahwa iklan jenis ini sedikit banyak mengganggu kenyamanan pembaca, jadi semuanya tergantung keputusan Anda.

Sedangkan jenis iklan video, biasanya mereka menggunakan basis CPM murni, sehingga tidak ada impresi satupun yang tidak menghasilkan uang. Tidak seperti basis CPC, dimana Anda hanya akan dibayar jika terjadi klik pada iklan. Inilah kelebihan utama dari jenis iklan video. Salah satu penyedia iklan video yang bisa Anda jalankan untuk pasar Indonesia adalah Ambient Digital dan AdPlus.

2. Gunakan semua inventori Anda

Menghasilkan uang melalui periklanan, adalah melulu soal angka. Semakin banyak impresi didapat oleh banner iklan, semakin besar uang yang Anda dapat. Jika Anda ingin memaksimalkan pendapatan dari iklan, pastikan Anda memasang iklan di setiap halaman yang ada.

Sebagai contoh, saya melihat ada beberapa blog yang hanya menampilkan iklan di halaman posting, dan melewatkan halaman home-page, halaman kategori dan halaman arsip lainnya. Saya kira, ini berarti membiarkan uang lepas begitu saja, hehehe….

3. Jual iklan sendiri

Bekerjasama dengan ads-network terpercaya (semisal Adsense), memang sebuah ide yang bagus, karena Anda bisa menghasilkan uang sejak hari pertama iklan ditayangkan, dan prosesnya pun jauh lebih sederhana dan mudah.

Namun, untuk memaksimalkan potensi penghasilan dari iklan, bagaimana pun, Anda harus mencoba menjual spot iklan ke pihak pengiklan secara langsung, seperti dengan memiliki halaman “Pasang Iklan” di blog Anda.

Ini penting, karena tidak sedikit perusahaan lebih menyukai bekerjasama dengan pemilik blog secara langsung, karena memberi mereka fleksibilitas lebih berkaitan dengan ukuran, jenis dan posisi banner mereka. Karena itu, jika Anda melewatkan opsi ini, itu sama artinya Anda membiarkan uang lepas dari genggaman.

4. Tes, tes, tes

Ada begitu banyak kemungkinan dan opsi yang bisa dilakukan terkait iklan, guna menemukan kombinasi terbaik untuk blog Anda. Anda bisa menemukannya dengan melakukan percobaan! Tes, lakukan eksperimen, sampai Anda benar-benar menemukan setting terbaik iklan di blog Anda sendiri.

Seperti misalnya, haruskah Anda menempatkan banner di atas atau di bawah artikel? Dimana posisi terbaik, di kanan atau di kiri? Haruskah menggunakan warna dasar gelap atau terang untuk banner di sidebar? Dan banyak lagi. Anda bisa menemukan jawaban pertanyaan di atas dengan cara melakukan eksperimen.

Jadi, jangan berhenti melakukan eksperimen, sampai Anda benar-benar menemukan optimasi terbaik yang memberi penghasilan yang Anda harapkan.

Untuk optimasi Google Adsense, bisa Anda temukan panduan langkah-per langkah, dalam Seri Optimasi Adsense.

Itulah 4 tips bagaimana meningkatkan potensi penghasilan blog melalui periklanan. Seperti biasa, saya ajak Anda berdiskusi tentang topik ini melalui komentar di bawah. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

34 Komentar