Promosi Blog

Tips Menulis Artikel Pertama sebagai Penulis Tamu

Blog Anda mungkin sudah sarat konten berkualitas, tapi… bukan sesuatu yang bagus jika Anda tidak memiliki pembaca, bukan?Nah, salah satu cara ‘mengundang pembaca’ ke blog Anda, adalah dengan menulis sebagai blogger tamu di blog lain, yang idealnya tentu saja, blog yang lebih besar, lebih dikenal, dan relevan dengan topik blog Anda sendiri.

Cara ini bukan saja akan menampilkan nama dan tulisan langsung ke hadapan banyak orang, namun juga membantu ranking blog Anda di mesin pencari karena akan memperolehย link dari blog besar di niche Anda.

Jika belum pernah menjadi penulis tamu sebelumnya, mungkin Anda tidak tahu harus mulai darimana. Dan di bawah ini langkah-langkah bagaimana mulai menulis sebagai blogger tamu:

1. Memilih blog target
Beberapa blogger memulai dengan sebuah ide, lalu menulis artikel tentangnya, baru kemudian mencari blog yang cocok untuk tulisan tersebut. Tapi akan jauh lebih efisien, pertama sekali Anda harus mencari dan menentukan dulu blog targetnya, karena ini akan berpengaruh banyak terhadap ide sampai gaya penulisan yang paling tepat.

Blog target yang ideal, adalah blog yang telah memiliki basis pembaca yang cukup besar, relevan, dan dengan terang menerima penulis tamu. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat apakah sudah ada tulisan dari penulis tamu lainnya di blog tersebut.

2. Menulis artikel
Langkah berikutnya, tentu saja mulai menulis artikel Anda. Namun, kali ini Anda perlu perhatikan petunjuk, aturan yang ditetapkan oleh blog target. Cari tahu tentang apa saja yang boleh dan yang tidak boleh, hampir semua blog yang menerima penulis tamu, memberi panduan untuk itu. Jika ada hal-hal yang kurang jelas, bisa saja tanyakan langsung kepada pemilik blog.

Pastikan artikel yang Anda buat berkualitas tinggi dan memberi bermanfaat. Tulis dengan struktur penulisan yang baik (pembuka, pokok masalah, dan penutup atau kesimpulan) dan sebisa mungkin usahakan mengikuti gaya penulisan di blog target. Seperti misalnya, jika disana biasa menggunakan bahasa slang, Anda sebaiknya menyesuaikan.

3. Edit artikel dengan seksama
Ingat, ini adalah artikel pertama Anda yang akan ‘tayang’ di tempat lain. Untuk itu jadikan ia sesempurna mungkin, bebas salah ketik, bebas kalimat-kalimat yang membuat rancu, dan sebagainya.

4. Tambahkan biografi singkat
Terakhir, jangan lupa mencantumkan bio singkat tentang Anda. Ini adalah satu atau dua kalimat singkat yang menjelaskan siapa Anda, dan sebaiknya ditulis dengan narasi pihak ketiga.

Seperti contoh:
“GeeJhon adalah penulis blog PortalUang, yang juga menjalani pekerjaan online sebagai freelancer desain grafis. Ia telah menjalani profesi itu selama 8 tahun, dan membagikan semua pengalamannya melalui beberapa blog yang ia kelola.”

Ada baiknya juga, selain menyampaikan kepada pembaca siapa Anda, cantumkan link ke salah satu halaman menarik dari blog Anda, seperti misalnya tawaran e-book gratis, posting ‘terlaris’ Anda, atau pun landing page yang Anda desain khusus bagi mereka.

Nah, selesai lah sudah proses menulis artikel tamu Anda. Dan ya ternyata semudah itulah menjadi penulis tamu di blog lain sebagai upaya promosi blog yang bagus.

Bagaimana? Sudah siap menjadi penulis tamu? Jika mau, Anda pun bisa berkontribusi di PortalUang, selain sebagai ajang ‘unjuk gigi’, dengan menulis untuk PortalUang, Anda pun bisa mendapat penghasilan tambahan dengan berbagi penghasilan Adsense.

Lebih jelasnya, silakan baca:ย Berbagi pendapatan, menulis di PortalUang.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

26 Komentar