Strategi Blogging

Strategi Blogging: Tentukan Visi dan Misi

Ini adalah artikel pertama dalam seri strategi membangun blog sukses. Saya akan menulis secara bersambung tentang penerapan strategi bisnis dalam membangun dan mengelola blog yang berhasil.

Poin utama dari strategi apapun, adalah tentang visi dan misi. Dari kedua hal ini semuanya berawal, tidak terkecuali dalam membangun blog.

Dengan menemukan visi Anda, berarti Anda mencoba mencari tahu ‘siapa Anda’, apa yang bisa Anda berikan dan kepada siapa itu diberikan. Idealnya, visi Anda adalah ‘level tertinggi’ tentang siapa diri Anda sebenarnya.

Setelah jelas visi Anda, kemudian Anda menentukan misi. Ini lebih kepada bagaimana menyampaikan kepada orang-orang apa yang Anda lakukan. Mengomunikasikan kepada audiens apa yang bisa mereka dapat dari Anda.

Jika Anda membaca tulisan saya sebelumnya dalam: 3 Langkah Memilih Topik Blog yang Membuat Anda Berbeda! Anda pasti lebih memahami apa yang saya maksud.

Kembali ke masalah strategi. Mungkin ada yang berkilah bahwa tujuan dari setiap perusahaan adalah untuk mendapatkan keuntungan. Betul, tapi menurut saya, profit dan pendapatan lebih merupakan satu aspek indikator kinerja, dibanding sebuah misi.

Sebuah pernyataan misi mestilah satu pernyataan yang jelas dan meringkas tujuan sebuah organisasi secara keseluruhan. Statement ini lah yang memandu sekaligus memotivasi sang pendiri bisnis. Misi Ford misalnya, adalah ‘mengirimkan’ mobil ke garasi setiap rumah, sementara misi Google adalah mengorganisir informasi ke seluruh penjuru jagat raya.

Mengapa pula sebuah blog perlu memiliki misi yang jelas

Pertama dan yang paling utama, karena ia akan memandu langkah apapun yang dilakukan pembuatnya. Atau dengan bahasa lebih sederhana: misi yang jelas akan membantu seorang blogger menentukan apa yang perlu ia tulis dan apa yang tidak perlu, di mana ia mesti mencari informasi, cara promosi apa yang digunakan, dan sebagainya, dan sebagainya.

Jika Anda perhatikan, hampir semua blog sukses memiliki misi yang jelas, meski tidak selalu disematkan di blog mereka:

  • ProBlogger.net: membantu blogger menghasilkan uang
  • StevePavlina.com: membantu orang mengembangkan potensi diri
  • Blog.KangIsmet.net: membantu webmaster mendesain web dan template

Sedangkan blog ini, portal-uang.com, sejak awal saya tujukan membantu siapapun untuk bisa menghasilkan uang dari internet.

Yang kedua, dengan visi dan misi yang jelas tentang apa yang jadi tujuan Anda, akan membantu Anda menetapkan target atau goal yang realistis. Ia juga akan membantu Anda mengetahui ‘bagaimana’ cara Anda mencapai semua itu.

Menutup tulisan ini, saya mengutip quote dariย Lucius Annaeus Seneca, seorang filusuf Romawi: “Ketika seorang pria tidak mengetahui pelabuhan yang dituju, tidak akan ada satupun angin yang membawanya ke sana.”

Nah, sudahkah Anda menentukan misi besar Anda dalam membangun blog? Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Selanjutnya:
Strategi Blogging: Tentukan Goal

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

11 Komentar