Strategi Blogging

Strategi Blogging: Diperlukan untuk Membangun Blog yang Sukses

strategi ngeblog

Setelah sekian lama menjalani blogging, saya memiliki pandangan berbeda sama sekali (dalam banyak hal) tentang blogging dibanding saat membuat blog pertama kalinya di tahun 2010.

Saya temukan begitu banyak blog yang memberi manfaat dan berkembang luar biasa.

Ada desainer web, yang membuat blog berisi saran dan petunjuk hebat bagaimana mendesain website yang bagus. Ada programmer, yang membantu banyak orang memperbaiki kode-kode pemrograman rumit atau menerapkan script di blognya. Dan banyak lagi blogger-blogger lainnya yang berhasil menginspirasi banyak orang melalui tulisan mereka.

Dan jika saya melihat lebih dalam lagi, saya temukan ada sebuah upaya luar biasa dari penulis blog-blog tersebut, hingga bisa mengantarkan mereka menjadi blogger terkenal serta memperoleh banyak sekali manfaat dari blog mereka, termasuk dalam hal finansial.

Dari situ saya menyimpulkan, bahwa membangun blog itu tidak ubahnya, bahkan bisa disamakan, seperti membangun satu perusahaan. Dalam blogging ternyata juga perlu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan strategi bisnis.

Blog, dalam hal ini, bisa disamakan layaknya sebuah entitas bisnis.

Ia memiliki manager (penulis), bahan baku/input (ide dan informasi), produk keluaran/output (artikel atau konten), klien (pembaca), kompetitor (blog atau website lain dengan niche yang sama), partner (jaringan blogger, teman), indikator kinerja (trafik, subscriber RSS, inbound link, share di sosmed) dan seterusnya, dan seterusnya.

Mengingat akan hal itu, saya memutuskan membuat seri baru artikel tentang ‘Strategi Blogging’. Tujuannya ingin membantu Anda yang ingin membangun blog sukses dengan mengikuti prinsip-prinsip strategi seperti layaknya membangun sebuah entitas bisnis.

Apapun tujuan Anda membuat blog, apakah ingin menghasilkan uang online, atau sekadar berbagi ide kepada dunia, tidak ada alasan untuk tidak menerapkan suatu strategi dalam membangunnya, jika ingin memiliki blog yang sukses.

Sampai ketemu pada posting berikutnya dalam seri artikel strategi membangun blog yang sukses. Saya sarankan Anda untuk berlangganan update artikel PortalUang, agar tidak ada artikel yang Anda lewatkan.

Sukses selalu untuk kita semua.

Update
Artikel pertama seri strategi blogging yang saya maksud sudah saya tulis: Strategi Blogging: Tentukan Visi dan Misi.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

10 Komentar

%d blogger menyukai ini: