Strategi Blogging

Saat Memilih Nama Domain, Pertimbangkan Masa Depan Blog Anda!

Saya menyampaikan ini karena beberapa kali saya melihat juga ngobrol dengan pemilik blog yang kebingungan saat ingin merubah nama domainnya karena merasa tidak sesuai.

memilih nama domain

Memilih nama domain, memang salah satu langkah penting dalam membangun blog. Dan dalam menentukan nama domain ini, maka Anda pun harus mempertimbangkan perkembangan blog Anda untuk ke depannya, untuk jangka panjang.

Apa maksudnya?

Mari kita ambil contoh. Misalkan Anda ingin membuat blog tentang desain kaos, dan memilih nama: desainkaos.com.

Sayangnya, domain desainkaos.com telah didaftarkan orang lain. Lalu Anda akhirnya memilih: blogdesainkaos.com.

Lalu beberapa kemudian, blog Anda mulai menjadi sangat populer. Setiap kali Anda menulis tentang desain sebuah kaos tertentu, selalu menjadi tren dan menjadikan kaos tersebut laris manis.

Kemudian Anda berpikir, adalah sebuah ide bagus untuk menjadikan blog Anda jadi sebuah toko online. Alih-alih hanya ‘menjual’ ide, kenapa tidak sekali menjual barang jadi? Begitu pikir Anda.

Kemudian Anda berniat memidahkan blognya ke direktori atau subdomain, seperti blog.domainanda.com atau domainanda.com/blog.

Ini sebuah ide yang sangat bagus, namun ada masalah lainnya, karena nama domain Anda adalah blogdesainkaos.com! Dengan kata lain, Anda telah dibatasi oleh nama domain Anda sendiri.

Nah, itulah yang saya maksud bahwa ketika Anda memilih nama domain, pertimbangkan agar nama domain Anda dapat diperluas ke segala arah di kemudian hari. Sehingga Anda tidak dibatasi dalam pengembangan blog, justru nama domain Anda sendiri.

Selain contoh pertimbangan di atas, pertimbangkan pula mengenai topik atau ketersediaan konten untuk domain Anda. Jangan sampai ketika Anda ingin memperluas cakupan topik blog jadi terbatas hanya gara-gara salah dalam memilih nama domain di awal.

Ingat sekali lagi, bahwa nama domain adalah salah satu hal penting dari sebuah blog yang tidak bisa Anda rubah begitu saja di masa mendatang.  Karena itu sebaiknya Anda mempertimbangkan dengan matang dalam menentukan nama domain untuk blog baru Anda.

Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

8 Komentar

%d blogger menyukai ini: