Desain Blog

4 Karakteristik Blog yang Ramah bagi Pembaca

Salah satu tujuan utama dari setiap website atau blog adalah bagaimana memberi manfaat sekaligus pengalaman pengguna yang menyenangkan bagi pengunjung. Terlepas dari siapa yang menjadi target pembaca Anda, opini pengunjung terhadap blog memegang peranan penting sukses tidaknya blog Anda.

Pengunjung yang memperoleh pengalaman positif saat mengunjungi blog Anda, lebih berpeluang akan kembali lagi dan lagi, mereferensikan ke orang lain, berlangganan newsletter, dan sebagainya.

Nah, saat membuat desain blog, apa yang diinginkan dan diharapkan oleh pembaca, juga apa yang mereka butuhkan mesti menjadi pertimbangan pertama. Tidak perduli jenis website atau blog Anda, ia harus fokus pada kebutuhan pembaca.

Sayangnya, seringkali hal ini terabaikan dalam proses mendesain sebuah website atau blog. Desain keseluruhan hanya ‘memuaskan’ Anda atau desainer yang Anda sewa, namun melupakan ‘kepuasan’ pengunjung.

Lalu hal apa saja yang membuat sebuah website atau blog ramah bagi pengguna (user-friendly)? 

Mungkin ada banyak faktor yang mempengaruhinya, namun mari kita lihat 5 faktor paling dominan bagi sebuah blog agar user-friendly di mata pengunjung.

1. Kecepatan loading halaman

Meski saat ini, akses internet semakin cepat saja dari waktu ke waktu, namun nyatanya masih banyak pengguna yang hanya memiliki koneksi pas-pasan.

Bahkan meski dengan koneksi internet broadband cepat sekalipun, sudah seharusnya halaman blog Anda dapat dimuat dengan cukup cepat.

Kebanyakan pengunjung bukanlah tipe ‘penyabar’ yang rela menunggu lebih dari 10 detik untuk membuka blog Anda. Hal ini lah yang akan menghalau orang dari blog Anda. Atau paling tidak, blog yang dimuat sangat lambat, akan mengurangi jumlah laman yang dibuka oleh orang per orang yang berkunjung.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan loading beberapa di antaranya adalah ukuran image, item-item ekstra seperti flash, besarnya halaman, dan sebagainya. Gunakan tool khusus untuk menganalisa halaman Anda dari sisi kecepatan.

2. Aksesibilitas

Jika orang tidak bisa membuka atau menggunakan website atau blog Anda, maka tidak ada artinya sama sekali buat mereka. Karena itu aksesibilitas menjadi hal penting bagi setiap desainer web.

Beberapa hal mudah untuk meningkatkan aksesibilitas blog Anda adalah dengan menambahkan tag alternatif untuk setiap gambar, gunakan kode HTML dan CSS yang valid, hindari frame dan buat ukuran font bisa dirubah oleh pembaca.

Tentu masih banyak faktor lainnya, silakan Anda pelajari lebih jauh tentang hal ini. Pastikan pula bahwa blog atau website Anda dapat dibuka dan tampil sempurna pada berbagai perangkat dan peramban berbeda.

3. Navigasi

Semua orang yang mengunjungi blog Anda, pasti tertarik untuk menjelajah setiap sudut blog guna menemukan yang mereka cari. Karena itu, faktor utama lainnya dalam hal aksesibilitas blog adalah navigasi yang jelas dan intuitif.

Area navigasi utama harus diletakkan secara konsisten di setiap halaman. Menggunakan elemen-elemen yang umum diharapkan keberadaannya oleh pembaca seperti halaman about, kontak, daftar isi dan lainnya, juga sangat penting navigasi yang baik.

Satu aturan umum dalam ini: usahakan setiap halaman di blog Anda dapat dicapai hanya dengan 2 klik dari homepage oleh pembaca. Untuk website atau blog yang cukup besar, mungkin ini sepertinya tidak realistis, namun menambahkan halaman daftar isi, atau fungsi pencarian akan sangat membantu.

Hal penting lainnya dalam hal navigasi yang baik adalah, jangan biarkan pengunjung ‘menerka-nerka’ akan dibawa kemana mereka saat mengklik sebuah link. Tidak peduli link sebagai bagian dari navigasi utama atau menu blog atau pun link yang beda di dalam artikel, pembaca mesti mengerti link tersebut akan kemana membawa mereka.

4. Informasi

Pembaca berkunjung ke blog Anda dengan satu alasan. Apapun alasan mereka, Anda mestilah memberi apa yang mereka cari. Apakah mereka datang untuk mengetahui lebih jauh tentang layanan yang Anda tawarkan? Atau mereka datang untuk membaca artikel secara mendalam pada topik tertentu?

Apapun itu, maka informasi yang Anda tawarkan di blog atau website Anda, haruslah memenuhi harapan dari pembaca, seperti yang mereka inginkan.

Blog Anda, sudah seharusnya menyediakan kepada pembaca, informasi yang baik untuk memenuhi keingintahuan mereka.

Nah, itulah 4 hal dasar bagaimana membuat blog Anda ‘seramah mungkin’ bagi pengguna. Memang, kasus per kasus akan berbeda, tergantung dari topik dan siapa yang menjadi target pembaca Anda.

Namun jika mesti disimpulkan, maka agar blog Anda menjadi user-friendly, pada dasarnya Anda mesti mengantisipasi apa yang pengunjung berharap menemukannya di blog Anda, lalu sajikan ke hadapan mereka dengan cara yang mudah.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

16 Komentar

%d blogger menyukai ini: