Tips Youtube

Dapat Uang dari Youtube? Kenapa Tidak?!

Selalu ada cara lain mendapatkan uang dari internet. Salah satunya adalah penghasilan uang dari Youtube.

Siapa yang tak kenal Youtube? Semua orang mengenalnya karena merupakan salah satu situs berbagi video terbesar dan paling terkenal sedunia. Bahkan saking terkenalnya, banyak ‘artis dadakan’ yang menjadi terkenal dari Youtube. Tahu sendiri lah siapa-siapa orang itu, hehehe…

Tapi mungkin belum semua orang tahu (atau belum mencoba?), bahwa dari Youtube Anda bisa menghasilkan uang.

Yah, betul sekali, Anda bisa menghasilkan uang dengan menjadi partner atau mitra bagi Youtube, dimana video Anda akan dipasangi iklan oleh Youtube dan Anda mendapatkan bagi hasil dari penayangan iklan tersebut. Mudah sekali bukan?

Saya sendiri menjadi mitra Youtube setelah mendapatkan dari Youtube sendiri yang menawarkan video-video saya untuk dimonetisasi, dan sejak itu saya rutin menikmati manisnya uang dari Youtube.

Seberapa besar hasilnya? Tidak ada angka pasti yang bisa dijadikan patokan, namun menurut pengamatan saya sendiri, berkisar antara $5 – 15$ per 1000 tayangan. Setelah resmi diterima sebagai mitra, maka di dashboard akan tertulis ‘MITRA YOUTUBE’ di bawah nama Anda, lihat gambar di bawah.

dapat uang dari youtube

Nah, bagi Anda yang ingin segera merasakan hasil dari Youtube tidak perlu menunggu ditawari dulu seperti saya, tapi Anda langsung bisa menawarkan diri untuk memonetisasi video-video yang sudah Anda upload ke Youtube.

Tapi, sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan mendapatkan uang dari Youtube:

Anda harus memiliki akun Adsense

Meskipun program mitra Youtube terpisah dengan program Adsense, namun penghasilannya disatukan bersama dengan akun Adsense, itulah mengapa Anda harus memiliki akun Adsense yang sudah disetujui untuk menerima pembayaran.

Bagaimana jika belum memiliki akun Adsense?

Anda bisa mengajukan pembuatan akun Adsense langsung dari Youtube setelah mengupload beberapa video. Ikuti panduan resmi dari Google cara mendaftar Adsense melalui Youtube.

Upload video secara rutin

Tidak berbeda dengan sebuah blog, di Youtube pun Anda perlu update video. Youtube sendiri menginginkan kerjasama jangka panjang dengan para mitranya, dan Youtube sangat menghargai mereka yang secara teratur mengupload video baru.

Lagi pula jika Anda tidak rajin menambahkan video baru, itu berarti membatasi penghasilan Anda sendiri.

Upload terus video secara rutin sampai Anda minimal memiliki 100 video berkualitas, setelah itu mungkin boleh Anda bisa sedikit ‘istirahat’ dengan cukup menambahkan video baru 1 – 2 minggu sekali.

Kembangkan terus audiens Anda

Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak video yang Anda miliki. Selain jumlah video yang banyak, kualitas video juga sangat menentukan. Upload video yang menghibur, lucu, bermanfaat. Bisa berupa tutorial aplikasi, rekaman lagu sendiri, atau bahkan rekaman kucing Anda di rumah yang bertingkah menggemaskan.

Promosikan video Anda melalui media sosial dan lain sebagainya. Tarik orang untuk berlangganan video Anda. Semakin banyak yang menonton video Anda, semakin besar uang yang bisa diperoleh.

Bangun brand bagi saluran video Anda

Ini sebenarnya bukan hal yang wajib, tapi jika Anda serius ingin meraih pendapatan maksimal dari Youtube, maka hal ini adalah menjadi sangat penting. Keseriusan Anda dalam mengelola video, akan sangat dihargai oleh Youtube.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan di antaranya:

Buatlah situs / blog untuk memajang video-video Anda. Beri kesempatan kepada pelanggan Anda cara lebih untuk berinteraksi.
Buatlah logo yang unik, menarik dan pasang di setiap video Anda. Bisa juga buat watermark di video Anda. Selain lebih pro, juga menghindari pembajakan.

Jika mungkin, buatlah intro yang bagus untuk setiap video yang Anda unggah.

Atur dan customize channel Youtube Anda agar tampak lebih profesional.

Pastikan video Anda tidak berisi materi yang berhak cipta

Jika tidak, maka Anda akan segera dikeluarkan sebagai mitra Youtube, karena Youtube (Google umumnya), sangat memperhatikan terhadap hal yang satu ini.Materi-materi ini termasuk image, audio, logo, video clip dan sebagainya. Termasuk juga musik latar belakang, jika Anda tidak memiliki ijin dari pembuatnya, maka sebaiknya Anda tidak menggunakannya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa membantu Anda lebih memaksimalkan pendapatan dari Youtube. Saya sendiri, jujur pendapatan total dari Adsense saya hampir 30%-nya adalah berasal dari Youtube. Dan inilah salah satu video saya yang paling banyak ditonton di Youtube. Semoga bermanfaat.

Manfaatkan 8 tool dan sumber informasi penting bagi para mitra Youtube untuk memaksimalkan pendapatan dari Youtube.

Masih bingung mulai darimana mendapatkan uang dari Youtube? Temukan panduan langkah per langkah untuk menjadi mitra Youtube dan menghasilkan uang di artikel:Β Cara Mendapatkan Uang dari Youtube: Sebuah Panduan Lengkap.

Salam.

Apakah Anda ingin meningkatkan pendapatan dari Adsense? Temukan rahasia dan strategi meningkatkan pendapatan Adsense secara tuntas dan runut di Panduan Lengkap Cara Mendapatkan Uang Melalui Adsense.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

382 Komentar

  • saya mau tanya..
    kalo saya upload vidio orang tapi saya kasih subtitle atau saya bikin kompilasi dari vidio2 chanel lain gitu masih bisa dapet penghasilan gak?
    tolong dijawab..

  • sekarang mh susah untuk mendapatkan akun adsense youtube,dulu mh kita upload 3 video bisa langsung di monetisasi, sekarang mh harus nunggu 10000 penayang, baru bisa di monetisasi.

  • Kak saya mau tanya kalau video yg saya upload ke youtube itu video dari Chanel orang lain tapi udah saya ubah sedikit videonya apakah sudah memenuhi syarat video yg baik untuk di ulpoad? Tolong jawabannya ya….

  • mas saya pengen konsultasi dong, abis bikin video yg original, trus langsung di daftarin ke adsense? atau nunggu dlo 10.000 viewer, baru di daftarin di adsense?

  • Gan, saya sdh daftar kan adsense, tapi monoterize nya masih blm aktif, keterangan nya harus tunggu sampai 10.000 view baru bisa di proses, kenapa ya, apa bisa ada jalan keluar lain gan? Makasih

  • Bang saya mau tanya, pada sebuah video saya memiliki 7.800views, tapi kenapa dollar sama belum naik ya..
    Soalnya saya pernah dengar 1k views = 1dollar….
    Tolong pencerahannya ya bang…
    Makasi

  • Mas,
    Maw nanya.
    Kalau ada garis merah di bawah video kita, itu tandanya apa mas?
    Video saya ada yg garis merah di bawah video nya, ada pula yg tidak bergaria merah.
    Mohon pencerahan nya mas.

    • garis merah di bawah video kita itu nggk ada pengaruh apa apa ko mas, gua juga ngalamin gitu, garis merah itu dikarenakan kita baru saja melihat video kita sendiri, misal nya kamu nonton video kamu sendiri, terus kamu keluar dari video pada menit/detik keberapa disitu lah berhenti garis merah nya mas

  • Om saya mau tanya kan saya udh terdaftar ke google adsense trus udah ada iklan tapi dolar nya tetep Rp 0 kenapa yah ? Mohon pencerahan nya maksih sebelum nya

  • pendapatan di youtube dihitungnya perhari atau perbulan ya? kok pendapatan saya gak naik naik, malah pernah turun. terima kasih sebelumnya..

  • Mas Gee, saya adalah youtuber pemula.
    saya sudah upload video dan sudah dimonetisasi, mohon infonya bagaimana agar video saya bisa dilihat oleh banyak orang? kalau saya googling ada cara dengan SEO, itu apa ya? dan apakah hal itu diperbolehkan?
    berikut salah satu video yang saya upload
    https://youtu.be/et8rOKd-9ZE

    Terima kasih

  • Saya sdh memonetiasi video saya dan sdh terhubung ke adsense, harus. Berapa bapak view video saya agar saya di bayar mas?
    Terimakasih

  • Mas saya pengen tahu saya monetise harus di trima adsense dulu loh. Terus udah di terima tampilan adsense skrang beda. Kaya ada iklan buat blog gitu. Saya bingung ga ngerti apa akun adsense youtube skrng bisa buat blog?

  • Maaf mas numpang nanya ye..
    Mas gee… video udah di monetesi $ berwarna hijau tapi ga ada iklan di video dan ga ada pemasukan di analytic. Penyebabnya knp ya mas??

  • engga mas saya dftar youtube mas
    dsni pertanyaan nmr 1. masukkan nama anda 2. alamat e-mail 3. URL contoh tempat iklan anda berada 4. situs tempat anda ingin menempatkan iklan (harus aktif)

    itu yg sya bngung prtanyaan nmr 3 sama 4 mas?

  • saya dftar youtube mas
    dsni pertanyaan nmr 1. masukkan nama anda 2. alamat e-mail 3. URL contoh tempat iklan anda berada 4. situs tempat anda ingin menempatkan iklan (harus aktif)

    itu yg sya bngung prtanyaan nmr 3 sama 4 mas?

  • URL contoh tempat iklan Anda berada ?
    Situs tempat Anda ingin menempatkan iklan (harus aktif) ?

    mas sya msih bngung ats 2 pertanyaan di atas, URL contoh tempat iklan Anda berada itu yg mana ya mas. liat url iklan nya dmna? dan situs tempat menempatkan iklan itu yg mana
    tlong pencerahan nya mas blm ngerti soalnya, msih newbie πŸ˜€

  • Gan mau nanya ni.. maaf baru daftar di youtube.. awalnya saya sudah punya akun.. kemudian baru kurang dari seminggu saya mulai serius bikin video di youtube ini.. nah yang saya mau tanyakan kan video saya sudah ada iklannya terus saya tidak mengerti harus bagaimana kelanjutannya.. karena saya ciba daftar adsense tapi akun tidak terdaftar.. lhakok tiba2 video saya ada iklannya.. itu bagaimana gan.. mohon pencerahannya. Makasih

  • Saya liat dr youtube analytics (creator studio) total view selama ini udh 3rb view. Tapi kok penghasilan masih 0, udah semingguan kutunggu tp blm nambah.. Kenapa terjadi n apa solusiny?

  • mas saya mau bertanyanih,
    saya udah mulai sektar 2 hari
    saya udah dapet viewer 17.746,tapi pas saya cek taksiran pendapatan saya baru $0,23
    mohon pencerahannya mas

  • mas, mau tanya viewer youtube saya udah 1000 lebih, tapi waktu saya lihat di youtube analytics pendapatan tertaksir cuma IDR 1.589,57, kalau di google adsense malah Rp 0, katanya kalau kita udah 1000 view dapat $1, mohon pencerahannya mas.

  • mas penghasilan saya sudah $100 lebih di akun youtube, tapi sampai tgl 16 kok belum muncul di dashboard ya? apakah ada yg salah dgn akun saya?
    terima kasih

  • gan mau tanya saya sudah $156 kapan dan pertangal brp youtube bisa mencairkan uang nya … apakah itu dikenakan pajak pas di google adsense nya

    • untuk youtube setiap tengah bulan biasanya tanggal 15 sudah masuk akun adsense total yang akan dibayar, lalu sekitar tanggal 21-24 akan dapat MTCN jika pembayaran menggunakan WU , jika bank lokal biasanya akan ada saldo masuk berupa nomor cantik yang masuk rekening

  • Saya mau bertanya mas?
    Tanggal 15 Oktober 2016 pendapatan adsense saya sudah ada $130
    Pertanyaan saya apakah nanti diakhir bulan pendapatan tersebut sudah bisa dicairkan?
    Terima kasih atas jawabannya.

  • semua komentnya saya baca dari atas sampai bawah, ampe panas nh mata heheheh
    tapi alhamdulillah, banyak masukan yang saya dapat.
    tq mas gee mudah2an bisa nular kesaya ilmunya.

  • Sorry mas maksudnya gini :

    Mas saya sekarang memonetisasi video yang saya buat sendiri (original) diyoutube . Pertanyaan saya, apakah boleh jika saya ingin memonetisasi video yang sama di dailymotion? Apakah itu melanggar kebijakan mas?

    Balas

  • bos gee jhon boleh ngg kalau kita suruh temen kita buat klik iklan video youtube kita berulang” supaya kesanny bnyak yg klik iklan ?
    dan satu lagi bos Apakah satu orang yg sama meng’klik 100x iklan dihitung 100x atau malah 1x ?
    mohon penjelasanny bos Gee trimakasih πŸ™‚

  • Mas mau tanya nih, setelah membaca semua komentar saya dapat menarik kesimpulan kalo kita harus memakai email yang berbeda untuk youtube, blog, dll. Masalahnya apakah nomor telepon/handphone untuk recovery email boleh sama? Atau harus beda semua? Mohon dibalas, saya masih bingung untuk nomor telepon ini. Makasih

  • Mas gee, setelah membaca semua komentar saya dapat menarik kesimpulan kalo kita harus memakai email yang berbeda untuk youtube, blog, dll. Masalahnya apakah nomor telepon/handphone untuk recovery email boleh sama? Atau harus beda semua? Mohon dibalas, saya masih bingung untuk nomor telepon ini. Makasih

  • Mas mau tanya nih, saya seorang pemusik. Saya tertarik bikin chanel youtube tapi yg berlisensi VEVO, saya pernah baca artikel klo pendapatan dari VEVO lebih besar ketimbang youtube untuk para pemusik. Nah gmn yah biar saya bs dapet chanel VEVO di youtube? Kn soalnya Vevo blum trsedia di indonesia? Tpi ada website luar yg nawarin promosi brbayar entar musik kita bs di unggahin secada resmi di vevo,spotify,itunes dkk. Itu gmn mnurut masnya? Beneran ga itu website? thx

    • kalau yang seperti itu tinggal dilihat rekam jejaknya aja mas, sering sering nongkrong di forum – forum masing masing. di youtube pun bisa besar jika video yg mas buat menarik.

  • maf saya mu nanya.. saya kan udah bikin akun ytub. sesuai aturan. dan sukses aplut foto. trus saya mndpat gmel ktanya selamat. di imel trsebut ktanya suruh di tautkan agar gbung ke ytub .. stelh ku tautkn.. knpa di yotub ada tulisan. maaf situs ini tak ber laku di negara in.

  • Malam mas jhon saya mau nanya gmn caranya mempatenkan hak cipta video di youtube biar gak di apload oleh pihak kedua videonya
    Makasi seblomnya mas

  • Mas, saya punya 3 channel youtube, bulan ini viewnya 90.000+, tapi kenapa RPM laman semakin turun ya? bahkan 2 minggu ini menyentuh dibawah 100rupiah. cara naikin rpm gmn ya mas?

  • Mas mau tanya saldo di adsense kok masih tetep 0 ya? itu cara biar isi nya gimana? saya baru 1 minggu main youtube

  • Mas duluchannel youtube sa6a pernah kena suspend skrng kalau buat channel youtube ko ke suspend terus ya padahal gaada videonya?

  • Mas minta solusi dong saya punya 7chanel youtube beda email, 1 akun kena suspended mas dan merembet kesemuanya jadi di suspended. Saya mencoba untuk membuat akun channel baru lalu dikaitkan ke adsense tp besoknya kena banned. Sa6a coba bikin akun lagi tp tidak dikaitkan itu pun kena banned. Pertanyaan saya :
    1. Apa akun adsense saya akan kena banned juga?
    2. Apa saya tidak diizinkan lagi untuk membuat youtube?

    • jika sudah begitu, maka buatkan akun youtube yg baru. itu satu2nya solusi. untuk adsense, jika masih bisa login ke dasbor adsense, maka adsense-nya masih baik2 saja.

  • Mau tanya, menurut pengalaman mas, kalau blogger sama youtuber itu bayar pajak nggak sih? kalau bayar, kenanya di pajak apa ya? mohon penjelasannya. Saya juga mau terjun ke bidang ini. Thanks!

  • Mas, saya kemarin tanggal 26 Juni gajian pertama youtube.. kira2 bulan July nanti gajian lagi gak ya? Atau bulan July kerja dulu, ntar gajiannya baru agustus..

      • Akhir bulan juni atau akhir bulan july? Soalnya akhir bulan juni kmrn setelah gajian jadi 0$ lagi.. skrg 12 july udah masuk 15$

  • Mas saya mau tanya
    View youtube saya udah ada yg 7000x ,trus video ke 2 udah 4000x tp taksiran pendapatan masi $1,45
    Bukannya 1000view=$.1
    Terus pas di cek di Adsense saldo berjalan cuma rp.5800
    Padahal klik iklaudah puluhan.

    • 1000 view=$1. itu hanya perkiraan berdasarkan pengalaman orang-orang yg telah menjalankan youtube. yg sebenarnya, pendapatan youtube adalah dari klik (tonton) iklan yg tayang. jadi bukan berdasarkan view.

  • Mas saya mau tanya video saya di youtube udh 7rb view trs ada yg 4rb view brarti klo di jumlah udah lebih dri 10rb view tp kenapa taksiran pendapatan masi $1,45 padahal udah 1 bln dan sekarang sudah tgl 15 tp masih segitu , di cek di adsense lebih parah lagi saya cuma dapet saldo berjalannya Rp.5800 padahal tiap hari klik iklan nya bertambah terus walau dikit tp udah rutin bertambah. Bisa ngasi pencerahannya mas? Semangat jadi kendor ni :'(

      • mas Jhon, kenapa monetis sya superslow pdhal youtbe saya sdh viewer 1,8jt lebih dan tonton sdh 4,9jt menit tapi msh $4,63 ? akun sy memang kena seterika1 komunitas, tpi hak cipta good stding dan monetis hijau.

  • Mas gee…penyebab video udah di monetesi $ berwarna hijau tapi ga ada iklan di video dan ga ada pemasukan di analytic. Penyebabnya knp ya mas??

  • Mas gee mau tanya.
    Video saya ada 10 video yang saya upload. Nah yang 1 udah 38rb. View. Udah $3.58
    Sedangkan video yang laen bru 24x view tapi sudah ada iklannya. Apakah video yang kedua udah dapet penghasilan atau belum kalo di klik iklannya dengan orang lain. Terimakasih atas pencerahan sebelumnya..

  • Permisi Gan mau tanya, aku Youtube saya udah berpenghasilan sekitar 1 dollar dan sudah 1 bulan juga di aktifkan AdSensenya. Tapi saya lihat di akun AdSense saya penghasilan saya masih 0. Itu kenapa yah, apa karena penghasilan saya belum mencukupi untuk dikirim?. Kalau iya berapa banyak baru dikirim?

    • ya betul:
      – penghasilan dari youtube baru akan dipindahkan ke akun adsense sebulan sekali tiap tgl 13 – 15.
      – rincian pendapatan youtube, dilihat langsung dari stats youtube.
      – untuk pertama kali memang kadang harus mencapai minimal $10 agar dimasukkan ke akun adsense

  • Selamat siang mas gee,

    Saya ingin menanyakan beberapa hal mengenai android digital license

    1. Untuk membeli license tersebut apakah mahal?kira-kira berapa?dan apakah nanti setelah beli license tersebut, akan mendapatkan sertifikat?
    2. Kegunaan android digital license tersebut bagaimana?
    3. Untuk memiliki ID Publisher adsense, apakah perlu mengeluarkan biaya ke google $5.000 – $10.000?
    4. License tersebut mencakup sebagai berikut : developer license, analityc digital advertising, transaction developer, analytic digital monitoring, code developer, apakah benar seperti itu?
    5. untuk pembuatan AdMob, google analytics, adsense, fire base, perlu biaya yang besar?

    • mat malam bos Deddy, saya coba jawab yg saya tahu saja. untuk pertanyaan 1 dan 2, sy kurang paham ttg hal itu. namun pertanyaan no.3, untuk memiliki akun/id pub adsense, sama sekali tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. silakan temukan panduannya di kategori Adsense dan Youtube di POrtaUang, sy banyak sekali menulis ttg keduanya.

  • salam kenal gan geejhon
    saya mau nya ni, mengenai dolar saya di youtube
    sya kn udah dapat 3.42dolar dari pendapatan, trus sya klik peringkat iklan dan sya liat kira” ada 3000an iklan yang tayang pda vidio saya.. yg sya mau tanyakan kn perseribu x iklan yang tanyang dapat 1dolar? trus apakah pendapatan iklan yang tayang itu masuk ke 3.42 dolar itu? atau nnt masuk ke google adsense pas tgl 15? mohon bantuan nya gan

    inti nya saya mau nnyak penghasilan dari klik iklan dan perseribu kali tayang itu di gabung jdi 3.42 dolar atau di sendirikan

  • mas gee mau tanya dong kalo kita ngupload siaran ulang tv series/sepak bola gitu apa melanggar hak cipta?

  • ane mau nanya gan? ane kan punya 1 akun youtube tapi ane punya 3 channel di akun itu, truss yg baru terkait dengan adsense baru 1 channel gan. yg ane tanyakan apakah tidak apa-apa klo ketiga channel ane tersebut ane kaitkan dengan adsense?

  • gan numpang nanya. kapan uang di youtube bisa diambil? nunggu sampe terkumpul berapa dolarkah atau bagaimana sistemnya?

%d blogger menyukai ini: