Tanya Portal Uang

Hal tentang Youtube dan Adsense yang Paling Sering Ditanyakan ke Portal-Uang

Pada halaman ini saya mencoba mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan kepada PortalUang, baik dari komentar yang masuk, email, juga percakapan langsung pembaca dengan saya di berbagai media sosial.

Daftar pertanyaan ini, senantiasa akan saya perbarui dari waktu ke waktu, tujuannya agar Anda bisa mendapatkan informasi selengkapnya mengenai topik yang dibahas di blog ini dengan mudah dan cepat. Karena, banyak dari pertanyaan di bawah, sangat sering dan selalu diulang-ulang ditanyakan, hampir setiap hari.

Dan inilah pertanyaan-pertanyaan tentang Youtube dan Adsense yang paling kerap ditanyakan ke Portal-Uang.com:

Pertanyaan tentang Youtube:


Tanya: Bagaimana cara saya mengambil pendapatan dari Youtube?

Jawab: Penghasilan dari Youtube disatukan pembayarannya melalui Google Adsense, jadi Anda harus memiliki akun Adsense untuk menerima pembayaran. Silakan baca lebih detil: Tentang Pembayaran Adsense.

Tanya: Saya sudah memiliki beberapa video yang berhasil dimonetis, iklan pun sudah muncul. Tapi kenapa penghasilan saya masih nol?

Jawab: Anda harus bersabar. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Youtube membutuhkan waktu untuk menampilkan hasil pendapatan, terutama bagi akun baru.
  • Pendapatan akan tetap dihitung, tapi baru akan ditampilkan di halaman analitik, jika Anda telah berhasil mengaitkan akun Youtube dengan akun Google Adsense.
  • Ingat tentang CTR. Yaitu perbandingan antara jumlah tayangan video Anda dengan pemirsa yang mengklik iklan. Angka 2% – 3% adalah angka yang cukup bagus (bahkan seringkali lebih kecil lagi). Jadi, jika jumlah penayangan video Anda masih dibawah 100 per hari, penghasilan Anda mungkin saja memang masih nol!
  • Terus lakukan promosi, tambahkan video baru yang cukup banyak. Jangan terlalu merisaukan dengan jumlah pendapatan di awal-awal, karena yakinlah Anda sedang bekerja sama dengan raksasa internet terbesar yaitu Google, dan mereka tidak akan mempertaruhkan nama besar mereka dengan merampas hak Anda, yang hanya beberapa $.

Tanya: Bisakah saya mengaitkan saluran Youtube dengan akun Adsense yang berbeda alamat email?

Jawab: Ya. Bisa! Tidak ada masalah. Bahkan sekali Anda sudah memiliki akun Adsense yang aktif, bisa Anda gunakan untuk sebanyak-banyaknya saluran Youtube.

Tanya: Saya melihat sudah ada beberapa $ di halaman analitik Youtube, tapi kenapa di akun Adsense masih tetap nol?

Jawab: Pendapatan dari Youtube baru akan dimasukkan ke akun Adsense pada pertengahan bulan, paling lambat tanggal 15, biasanya tanggal 13 sudah masuk. Selain itu, untuk pertama kalinya, pendapatan di analitik Youtube mesti mencapai minimal $10, baru akan dimasukkan ke akun Adsense.

Tanya: Bolehkah saya menonton video saya sendiri yang ada iklannya?

Jawab: Ya. Boleh! Yang tidak boleh adalah jika Anda mengklik iklan di saluran Anda sendiri. Itu adalah fraud click, yang bisa mengakibatkan akun Anda dibanned.

Pertanyaan tentang Google Adsense:


Tanya: Bagaimana cara saya menghubungi support Google Adsense melalui email?

Jawab: Anda baru bisa menghubungi tim support Adsense secara langsung, jika pendapatan Adsense Anda minimal $25 / minggu, selama 6 minggu berturut-turut.

Tanya: Bisakah saya merubah alamat pembayaran Adsense? Bagaimana Caranya?

Jawab: Tentu saja bisa. Untuk lebih jelasnya, silakan baca: cara merubah alamat Adsense.

Tanya: Berapa minimal jumlah pengunjung agar diterima Adsense?

Jawab: Saya telah berkali-kali menyampaikan, bahwa tidak ada syarat minimal pengunjung untuk diterima sebagai penayang Adsense. Yang terpenting adalah blog Anda telah memenuhi ketentuan mereka.

Tanya: Bagaimana jika pemilik akun Adsense meninggal dunia, apakah ahli waris dapat melanjutkan?

Jawab: Ya. Bisa. Namun, perlu beberapa persyaratan, seperti surat keterangan kematian, surat keterangan sebagai ahli waris dan sebagainya. Silakan mengajukannya melalui: Klaim ahli waris.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

20 Komentar

  • mau tanya mas..saya baru bikin youtube chaneel dan saya sudah monitasi semua video saya ,dan semua sudah ok cara cara nya ,,tetapi mengapa di video saya tidakmuncul iklan dai adsense ,, mohon petunjuk nya mas ,,makasi sebelum nya

  • Saya punya akun youtube dgn viewer 830k++ dan subscribers 25k++, jumlah video saya 7 video dan sdh dimonetasi semua. Dan penghasilan sejauh ini $0.23. Wakakaka anyep bener ya? Apa emng gt bos?

  • Gan Saya Punya Adsense Youtube udah mometise lalu aku konekin keblog saya udah aku kasih custom domain kan dari hosted jadinya non hosted
    udah aku pasang iklan adsense melalui widget -> adsense
    kok masih ada tulisan “Untuk melengkapi permintaan Anda guna menampilkan iklan di situs web Anda sendiri, Anda harus menerapkan kode iklan pada www.******.com/. Permintaan peningkatan hanya dapat ditinjau setelah kode iklan Anda memiliki tayangan pada domain tersebut.”
    gimana cara ngatasinya agan bisa muncul iklannya?
    lalu dari link ” https://support.google.com/adsense/answer/76228?hl=id
    jika sedang proses approve ada bilah merah kok unya saya tidak ada gimana ya ?
    please respont

  • gan numpang tanya, brapa hari yg lalu ane ke warnet dan ane lihat sebelah ane ada yg menonton video saya di youtube dan kebetulan pada video itu muncul iklan video add dan dia menonton iklan itu tidak di skip tp setelah 3 hari saya lihat statistics youtube pendapatan tidak bertambah padahal jumlah view udah bertambah, mohon bantuannya bagi yg udh master, makasih

  • Saya mau tanya tentang daftar adsense mas…..

    Gimana sih cara buat alamat yang benar sesuai ketentuan adsense?
    Lagi pula dikampung saya, tidak menggunakan nomor rumah…

    Jadi bagaimana saya harus mengisinya?

    mohon bantuannya mas.

  • salam kenal bang gee jhon..mau tanya, kl viewers video saya di YT sdh mencapai angka kurleb 65k, brpkah kira2 bayaran yg akan saya terima?..saya sdh mengaktifkan google adsense saya..skrg sd menunggu kiriman pin utk verifikasi alamat rumah..thank you before

  • Tanks mas…….artikel anda sangat membantu saya…..sy adalah pemain baru di you tube…….salam sukses sll