Google Adsense

Haruskah Blog Menunggu 6 Bulan Sebelum Menggunakan Adsense?

Jika Anda sedang mencari informasi tentang apakah benar harus menunggu usia blog 6 bulan sebelum menjalankan Google Adsense, berikut informasi lengkap untuk Anda.

Google Adsense adalah program hebat dari Google yang membantu para penulis online (blogger) menghasilkan uang dari konten mereka. Saya sendiri telah menjadi publisher Adsense sejak 2012, dan cukup puas dengan hasil yang saya peroleh selama ini.

Nah, kali ini saya ingin membahas tentang satu pertanyaan yang amat sering dibicarakan, apakah benar harus menunggu usia blog minimal 6 bulan untuk menjalankan Adsense?

Namun sebelumnya, mari kita bahas latar belakang mengenai kebijakan usia website yang ditentukan oleh Google.

Kenapa Google ingin usia situs minimal 6 bulan sebelum menjalankan iklan Adsense?

Tentu saja, Google tidak menerapkan kebijakan ini tanpa alasan. Mereka menghasilkan uang dari program Adsense, karena itu mereka ingin mempromosikannya seluas mungkin. Namun, di sisi lain, mereka juga berkepentingan untuk menjaga kualitas jaringan periklanan mereka agar tetap mendapat kepercayaan dari pengiklan (advertiser).

Beberapa tahun terakhir, Google Adsense menjadi begitu populer sebagai jalan menghasilkan uang dari internet dengan ‘mudah’. Ini membuat banyak pemula berpikir bahwa mereka bisa memperoleh penghasilan melimpah dari Adsense tanpa perlu bekerja.

Fenomena ini akhirnya dimanfaatkan oleh ‘oknum’ yang mengaku dapat membantu Anda bisa menghasilkan ribuan dolar per bulan dari Adsense dengan cara yang sangat mudah. Marak pula terjadi jual-beli akun Adsense (sesuatu yang jelas-jelas dilarang oleh Google), kursus online tentang ‘Jurus Jitu Meraih 10.000 dolar dari Adsense dengan Sangat Mudah!’.

Dan yang paling banyak terjadi adalah terjadinya ‘pelanggaran klik’, saling bertukar klik atau pun mengklik iklan yang tampil di blog sendiri, yang dilakukan oleh orang yang bermimpi menjadi kaya dari Adsense dalam semalam.

Nah, berangkat dari alasan itulah, yaitu banyaknya terjadi ‘fraud click’ membuat Google membuat pembatasan usia website / blog paling tidak 6 bulan bisa berpartisipasi dalam program Adsense.

Kenapa pembatasan ini hanya berlaku pada negara-negara tertentu?

Syarat batasan usia blog minimal 6 bulan hanya berlaku pada negara-negara tertentu saja. Negara-negara seperti USA, Kanada dan hampir semua negara berbahasa Inggris sebagai bahasa ibu, boleh menjalankan Adsense sejak hari pertama!

Apa ini? Diskriminatif? Rasis?

Sesungguhnya, Google tidak sedang melakukan diskriminasi atau berpikir rasis. Kebijakan batasan usia situs ini berlaku pada negara tertentu, karena Google menemukan aktifitas pelanggaran dalam jumlah besar dari negara-negara tersebut, terutama dari negara berbahasa non-english.

Salah satu bentuk pelanggaran itu adalah maraknya pertukaran klik (click exchange) antar sesama publisher. Sedangkan Google menaruh perhatian sangat serius terhadap klik tidak valid ini.

Jadi, rasisme dan diskriminasi bukanlah alasan Google menerapkan kebijakan ini. Mereka hanya berusaha menekan bertambahnya ‘publisher nakal’ dengan konten berkualitas rendah, untuk menjaga kualitas seluruh jaringan bisnis mereka tetap sehat dan dipercaya oleh klien.

Apakah saya harus memiliki website selama 6 bulan atau hanya usia domain-nya yang 6 bulan?

Ini beberapa kali ditanyakan kepada saya. Lagi-lagi beberapa orang berpikir: oke, usia blog minimal 6 bulan, berarti kalau saya membeli domain yang telah berusia lebih dari 6 bulan, saya bisa langsung menjalankan Adsense sejak hari pertama!

Memang aturan batasan usia minimal 6 bulan, tidak begitu jelas disebutkan oleh Google, meskipun di banyak tempat, alasannya sangat jelas: mengurangi pelanggaran atau penyalahgunaan akun Adsense!

Untuk mari kita coba analisa bahasa yang digunakan oleh Google. Di halaman Kelayakan untuk berpartisipasi di AdSense, kalimat yang dipakai adalah:

Apakah situs Anda sudah aktif selama setidaknya enam bulan?
Di beberapa negara, termasuk China dan India, kami mewajibkan situs Anda sudah aktif selama setidaknya enam bulan sebelum situs akan dipertimbangkan. Kami mengambil langkah ini untuk memastikan mutu jaringan iklan kami dan melindungi kepentingan pengiklan dan penayang yang ada.

Dari definisi ini, artinya Anda mesti benar-benar memiliki, mengelola blog dan aktif setidaknya selama 6 bulan.

Meski tidak disebutkan dengan jelas, namun saya yakin, yang diinginkan oleh Google adalah blog Anda telah aktif, dan dikelola dengan baik dengan menyajikan konten berkualitas paling tidak selama 6 bulan sebelum mengajukan sebagai penayang Adsense.

Banyak orang mengartikannya sebagai usia domain. Sehingga saya masih saja menemukan, dijual: domain, usia lebih dari 6 bulan, sudah layak untuk Adsense.

Saya yakin: bukan itu yang diinginkan Google, yaitu Anda tinggal membeli domain yang telah berusia 6 bulan lebih, lalu mulai menggunakan Adsense.

Tujuan utama dari kebijakan ini adalah bahwa Anda mesti bekerja keras selama beberapa bulan untuk menyajikan konten berkualitas, dan mulai meraih trafik yang memadai sebelum menjadi penayang Adsense.

Negara mana saja yang perlu menunggu 6 bulan sebelum menggunakan Adsense?

Saya tidak menemukan rincian tentang hal ini di manapun! Yang ada hanyalah di halaman bantuan Adsense yang menyebutkan: “Di beberapa negara, termasuk China dan India, kami mewajibkan….” Itu artinya, bukan hanya China dan India, namun ada juga negara lain yang diberlakukan aturan ini.

Apakah publisher dari Indonesia juga termasuk? 

Ini masih menjadi perdebatan di kalangan publisher Adsense Indonesia di berbagai forum.

Namun jika kita menengok dasbor blogger >> menu Penghasilan, jika blog Anda termasuk baru (dengan sedikit konten), Anda akan temukan tombol Mendaftar Adsense tidak aktif dan ada keterangan: Blog Anda belum memenuhi syarat AdSense di sebelah kanannya.

menu penghasilan blogger

Jadi saya menduga bahwa Indonesia termasuk dari salah satu negara yang diterapkan aturan pembatasan usia website ini.

Namun demikian, saya juga menemukan banyak juga publisher Indonesia yang berhasil menjadi penayang Adsense dengan mengajukan blog yang usianya kurang dari 6 bulan. Mengapa bisa demikian?

Nah, inilah pendapat saya pribadi:
Google pastinya ingin berbisnis dengan publisher yang memiliki kualitas. Syarat usia 6 bulan bertujuan untuk mengenyahkan penayang dan website berkualitas rendah.

Kita kembali ke dasar dan alasan mengapa Google menerapkan kebijakan ini. Jadi, jika Anda telah berhasil membangun website atau blog berkualitas, dengan banyak konten bernilai, meskipun belum genap 6 bulan berjalan, mengapa Google tidak mengijinkan Anda menjalankan Adsense?

Jadi menurut saya, bahkan di India atau China yang jelas-jelas disebutkan secara eksplisit, aturan mengenai usia minimal 6 bulan ini, bukanlah sebuah harga mati. Jika memang Anda mampu memberikan kualitas yang diinginkan oleh Google, sangat boleh jadi Anda bisa langsung menjalankan Adsense tanpa harus menunggu selama 6 bulan!

Kesimpulan

Meski tidak pasti apakah Indonesia termasuk negara yang terkena pembatasan usia 6 bulan, namun saya tetap menyarankan Anda untuk ‘memberi’ waktu pada diri sendiri dan blog Anda berkembang terlebih dahulu sebelum menjalankan Adsense.

Karena jika pun Anda berhasil menjadi penayang Adsense dengan blog baru, namun dengan trafik di bawah 1000 pv / hari akan sangat sulit meraih hasil signifikan.

Tunggulah sampai 6 bulan, sampai Anda memiliki 100 artikel berkualitas dan mulai meraih trafik yang memadai, maka peluang Anda disetujui menjadi publisher Adsense semakin besar. Dan tentunya, penghasilan Anda pun akan sepadan dengan keras Anda seperti yang diharapkan.

Sukses selalu untuk kita semua. Dan seperti biasa, saya ajak Anda berdiskusi tentang hal ini melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

41 Komentar

  • gan, punya saya kok ga bisa muncul iklan nya, padahal sudah 1 thn dan 600 viewers. trus di blog bagian iklan ada tulisan “HTTP 400 error, It’s not you, it’s this link (it appears to be broken)……”
    ini gimana solusi nya gan

  • Mas saya punya blog udah di daftarin adsen tapi di tolak udah dua kali , terus saya mau daftarin blog yang lain, tapi ga bisa dengan alasan blog saya yg sebelumnya di tolak masih menunggu proses approve , ,kira” itu kenapa ya mas

  • Trima kasih… sangat bermanfaat…
    Intinya adalah proses, bukan tujuannya… dan aturan adsense itu untuk mendidik, karena kebanyakan hanya mementingkan hasil akhir, bukan proses yang harus dilewatinya..
    Salam.

  • gan, aku baru buat blog sekitar 3 hari tp di dasboard blogger menu penghasilan sudah bisa untuk daftar. apakah ini berarti bisa langsung daftar adsense ya. sbb blog yg lain tombolnya belum aktif dan komennya blog anda belum memenuhi syarat adsense, tapi yg sy buat ini baru 3 hari sdh aktif tombol daftar adsensenya?

  • Ya betul juga sih. Blog yang berumur 6 bulan kemungkinan sudah mempunyai pengunjung yang tinggi jadi penghasilanpun bisa memadai. Buat apa memasang GA kalau tidak ada pengunjung, bisa membuat mental pemilik blog jadi down. Mungkin salah satu alasan google mematok waktu 6 bulan untuk kabaikan pemilik blog juga kali ya . . .

  • saya rasa tidah harus menunggu 6 bulan dulu…blog saya baru 1 bulan dan artikelny nya pun 20 an artikel….1 artikel pun 300 kata…dan adsense saya di terima….dengan menggunakan wordpress tidak menggunakan blogspot…

  • selamat siang gan, maf nh saya ada sedkit permasalahan dng blog saya.
    blog saya sudah 6 bln lbh.
    tp blm mendapatkan ijin tayang iklan GA, hanya bentuk rivew saja.
    kesalannya d mna ya. ni web blog saya : http//www.infotutorial.tk/

  • Boleh nanya.. dalam postingan ini banyak terlihat iklan adsense.. apakah dibolehkan atau memang tidak ada larangan, karena sepengetahuan saya, cuma dibolehkan 3 iklan
    silk air dipojok kanan apakah tergolong iklan
    terima kasih

  • selamat malam
    tulisan yang sangat realistis, sangat memberikan motifasi.
    tetapi, saya mau nanya gan…
    akun AS saya sudah disetujui. tetapi sekarang jadi bingung bagai mana cara menrapkan iklannya?
    terima kasih, mohon pencerahannya.

  • Hmmm… sepertinya semua pada focus pada di terima apa ga nya di Adsense ya ,, hehehehe… maaf, dengan tidak bermaksud nyinggung siapa pun saya ingin mengajak anda semua untuk focus membuat blog yg bagus dgn tujuan saling berbagi hal hal yg bermanfaat tanpa harus memikirkan di terima atau tidak nya di Adsense,,, kira2 ada yg mau ga ya ??? 🙂
    oh ya, tapi sya mau tanya kpd mas Gee Jhon nich …
    kalo masalah youtube apa harus nunggu 6 bulan juga mas ??
    maaf saya nanya tidak pada post nya 🙂 🙂

  • Mas Gee Jhon .. kenapa sih namanya Gee John ..? okelah no problem. Saya mau tanya ketika saya sdh disetujui untuk pasang iklan GA dan sdh saya pasang pake plugin GA. Setelah saya pasang tapi disuruh menunggu sampai iklannya muncul (gambarnya muncul) hingga saat ini.

    Pada saat menunggu saya mencoba pindah hosting dan sudah terjadi dengan merubah ns server.
    Pertanyaannya .. apakah pindah hosting dapat mengakibatkan rangking (padahal blm rangking), traffic menjadi nol? dan kedua apakah juga di banned selama masa monitoring?

    Kenapa saya pindah? sering nya muncul resource limit (508) akhirnya saya pindah hosting.

    Mohon balasannya ya .. terima kasih mas Gee John.

    • hmm… hehe.. biarlah dapatnya nama itu bos Masyanto. 🙂 tp ada yg aneh ya dg GeeJhon?

      baik, sy jawab deh. masalah pindah hosting, gakan pengaruh terhadap ranking di SE, krn alamat website kita kan ttp sama., Tidak akan pengaruh jg terhadap banned aatau apapun. malah kalau sering limit, ya memang sudah seharusnya pindah. krn klo pas kebetulan tim adsense mereview, lalu blognya gak bisa kebuka, pasti akan berakhir dg penolakan.

  • blog saya baru berumur 3 hari ketika saya menulis komentar ini, tapi saya cukup kaget visitor nya sampai jam 23:44 ini sudah mencapai 93 orang pada hari pertama visitor mencapai 36 orang padahal postingan saya baru 1 buah, dan pada hari ketika berjumlah 7 postingan, apakah hal ini biasa mas Gee?

    kemaren iseng-iseng saya coba daftar adsense tapi google bilang blog anda belum memenuhi syarat, sepertinya saya harus bersabar menunggu sampai 6 bulan dulu.

  • Iya mas gee emang kayaknya bagus nya harus nunggu 6 bulan dulu, malah saya sudah 6 bulan dan kemudian diterima oleh adsense, tetapi 2 hari kemudian di banned sama adsense nya dibilang invalid activity,padahal baru dpat 2 click, kyknya walaupun uda 6 bulan traffic juga tidak boleh terlalu kecil ya mas gee?, ini saya lagi buat blog baru lagi judah-mudah an bisa sukses kali ini

  • Terimaksih berkat info yang mas bagikan lewat artikel ini, ini sangat membantu saya untuk penyempurnaan pada blog saya. semoga mas meberikan informasi yg lebih banyak lagi mengenai bloging. thank’s

  • saya mau tanya sy dapat emal dari gooogle adsense yang isinya seperti ini, ya cuma ini singkat saja:

    adsense-noreply@google.com

    “harap buat unit pertama anda di google adsense” apa itu artinya mas gee jhon? saya sudah masuk ke akun googgle adsense tetapi tidak ada apa-apa. Di kolom my adds kosong. Saya newbie masalah GA.

    Dibawah ada menu Custome Channel, Ad Styles, dan other product .. terus ngapain saya disitu ya (akun saya) mohon pencerahan jika mas Gee Jhon tahu. terima kasih.

  • Emang benar blog harus minimal 6 bulan untuk mendaftar adsense tetapi saya perbah blog saya umur baru 1 minggu bisa dibuka tuh klik pendaftaran adsense di dasbor.

    Lalu saya buat blog lagi nah udah 4 bulan yang blog baru saya buat tetapi klik pendaftaran adsense belum aktif padahal blog yang pertama jelek.

  • Akhir-akhir ini kayaknya semakin susah deh mas gee untuk “mengaktifkan” tombol “daftar” tersebut. Banyak temen saya yang mengeluh tentang hal ini. Dan saya pikir google pasti sedang merencanakan sesuatu…
    ***
    Tapi kalau blogspot yang udah di custom domain itu bisa daftar walaupun blognya baru beberapa hari (dan saya langsung diterima)walaupun artikelnya masih berjumlah kurang dari sepuluh dengan pengunjung yang minim..

    • ya memang spt-nya itu, daftar makin hari makin ketat saja saringannya. dan sy setuju, jika blognya telah memenuhi syarat, maka meski blm berusia 6 bulan, pasti akan disetujui jg oleh Adsense.

  • Iya, saya setuju mas gee. Blog dengan usia muda dan trafik rendah akan sia2 juga dipasang adsense…

    Saya sudah membuktikannya….setahun yang lalu, sekarang ketika blog saya mulai berkembang akun saya pada waktu itu udah di blokir dan saya tidak bisa ikut berpartisipasi