Monetisasi Blog

Bagaimana Anda Bisa Menghasilkan Uang dari Blog Seperti Saya?

cara dapat uang dari blog seperti portaluang
Gee Jhon
Ditulis oleh Gee Jhon

Satu pembicaraan ramai yang selalu hangat di kalangan blogger adalah tentang peluang menghasilkan uang dari blog. Benarkah kita bisa mendapatkan uang dari blog? Seberapa besar? Berapa lama waktu yang dibutuhkan? Apa saja yang harus dilakukan?

Dan masih banyak lagi pertanyaan lain seputar itu. Intinya: hal bagaimana menghasilkan uang dari blog merupakan sesuatu yang tiada habisnya diperbincangkan.

Baiklah, mari saya awali dengan pertanyaan dasar:

– Apakah menghasilkan uang dari blog itu mudah? Tidak!

– Apakah butuh waktu cukup lama untuk menghasilkan uang dari blog? Ya!

– Apakah butuh trafik tinggi agar bisa menghasilkan uang dari blog? Ya!

Ya, jika ada hal yang harus saya sampaikan pertama kali tentang hal meraih penghasilan dari blog, maka ketiga pertanyaan di atas itulah yang secara jujur ingin saya sampaikan kepada Anda.

Kenapa?

Karena saya masih menemukan banyak blogger bertindak seolah menghasilkan uang dari blog itu sesuatu yang sangat mudah, sementara di sisi lain, ada begitu banyak website yang menjanjikan, akan mengajarkan Anda bagaimana meraih uang dari blog dengan cepat dan cara yang sangat mudah. Yakinlah: itu tidak benar! Atau paling tidak, itu tidak benar untuk 99% blogger kebanyakan.

Karena itu, saya tidak akan menjejali Anda dengan informasi seperti yang Anda dapat dari website / situs semacam itu. Tapi saya ingin menyampaikan realitas blogging yang sebenarnya.

Haruskah saya ngeblog demi uang?

Saya sudah sering menyampaikan dalam berbagai kesempatan, bahwa saya memulai blogging sejak 2008, dan itu memang benar. Apakah pada waktu awal membuat blog saya niatkan untuk mendapatkan uang? Sama sekali tidak!

Saya mulai ngeblog karena tertarik dengan dunia internet dalam cara berbagi informasi dan komunikasi, dan ya.. saya senang berbagi pengalaman dan opini.

Intinya apa? Dengan begitu, gairah dan keinginan saya untuk berbagi sudah mengambil tempatnya sejak awal, lalu saya bisa mengembangkan blog yang cukup ramai. Seandainya saja, jika saat awal dulu saya ngeblog semata demi meraih uang (seperti kebanyakan orang lain lakukan), saya tidak yakin bisa mencapai apa yang saya raih saat ini. Kemungkinan besar saya sudah gagal jauh-jauh hari.

Nah, inilah hal penting yang harus saya sampaikan. Dan ini pula hal penting untuk segera Anda sadari: jangan ngeblog semata demi uang! Itu sama buruknya dengan Anda ngeblog tentang sesuatu yang tidak Anda sukai, sama-sama Anda akan segera jenuh, bosan dan berhenti.

Saya tidak mengatakan atau menyangkal bahwa Anda benar-benar menghasilkan uang dari blog. Tapi yang saya maksud adalah, memastikan bahwa kemauan dan niat berbagi harus mengambil tempat pertama, bukannya uang semata yang menari di pelupuk mata. Karena jika demikian, 99% Anda akan gagal.

Kenapa?

Karena Anda tidak menghasilkan apapun untuk jangka waktu cukup lama dan itu sesuatu yang ‘meresahkan’. Jika uang menjadi satu-satunya motivasi, Anda akan segera berhenti.

Lalu berapa lama untuk benar-benar mampu menghasilkan uang dari blog secara konsisten dengan nominal yang tidak hanya cukup untuk membayar tagihan internet? Saya mengatakan: 2 tahun! Itu pengalaman saya sendiri, juga dari hasil analisa banyak blogger sukses lainnya.

Seperti disampaikan di awal tadi, bahwa Anda butuh trafik tinggi agar bisa menghasilkan uang dari blog. Pertanyaannya:

Bagaimana cara meraih trafik?

Ini benar-benar topik yang sangat luas. Topik yang telah diulas dan ditulis selama bertahun-tahun oleh banyak orang. Maka saya tidak dapat memberi sebuah langkah singkat bagaimana meraih trafik signifikan bagi sebuah blog.

Namun demikian, saya bisa sampaikan beberapa hal mendasar yang selama ini saya pelajari dan lakukan sendiri dari tahun ke tahun, bagaimana mendatangkan trafik ke blog-blog saya:

1. Pastikan blog Anda teroptimasi untuk mesin pencari

Mau tidak mau, kita bicara tentang SEO (sesuatu yang sebenarnya saya benci membahasnya), namun harus diakui bahwa itu adalah sesuatu yang amat mendasar yang harus mau dipelajari oleh setiap blogger yang ingin meraih trafik.

Dan untuk urusan ini, website seperti SEOMoz, SEO Round Table dan Search Engine Land, adalah sumber utama bagi siapapun yang ingin belajar tentang SEO. Silakan Anda belajar langsung dari sana.

2. Tulislah konten yang unik dan menarik

Meski saya menempatkan ini pada urutan kedua, bisa jadi ini adalah hal terpenting bagi blog Anda. Menulis konten menarik serta, akan menarik orang membacanya, menarik orang membagikannya. Menulis konten menarik, membuat Anda mendapat tempat khusus di dunia blogging yang penuh sesak.

Saya tidak menemukan hal lain yang mengalahkan pentingnya menulis konten menarik bagi perkembangan sebuah blog.

Selanjutnya tentang konten unik. Ini juga hal yang amat penting. Mesin pencari sangat membenci konten duplikat, dan jika Anda menyalin atau mengambilnya dari tempat lain, Google akan mengetahuinya dan memberi hadiah penalti, alias blog Anda tidak akan diindeks oleh mereka.

Sekali lagi, ngeblog adalah melulu tentang menulis, menulis konten, menulis konten yang berkualitas, menulis konten yang unik, khas suara Anda sendiri. Ingatlah itu selamanya!

3. Jalin hubungan pembaca dan blogger lain

Membina hubungan baik dengan pembaca dan blogger lainnya, memberi perbedaan besar terhadap trafik yang saya raih. Saya selalu menyempatkan untuk membalas email dan komentar yang masuk. Menulis artikel tamu di blog lain. Aktif berdiskusi di berbagai forum.

Intinya, membentuk komunitas dan aktif di dalamnya, merupakan hal penting bagi blogger yang ingin maju.

Itulah 3 hal mendasar yang saya lakukan untuk meraih trafik bagi blog saya. Sekarang sampai pada pertanyaan pokok:

Lalu bagaimana cara saya menghasilkan uang dari blog?

Ada banyak cara yang saya lakukan untuk menghasilkan uang dari blog. Beberapa cara gagal, beberapa lainnya sukses besar, beberapa lainnya menghasilkan namun hasilnya hanya cukup untuk membeli secangkir kopi teman menulis di malam hari.

Nah, berikut adalah cara-cara menghasilkan uang dari blog yang bekerja sangat baik bagi saya, dan kemungkinan besar akan bekerja baik pula untuk Anda.

1. Google Adsense

Jika Anda orang yang tertarik bisa menghasilkan uang dari blog, pastinya Anda pernah mendengar tentang Google Adsense.

Cara kerjanya cukup simpel:

  • Membuat blog
  • Mendaftar ke Adsense
  • Memasang iklan di blog
  • Menghasilkan uang! (Yihauuu…..)

Setiap kali ada yang mengklik iklannya, Anda mendapat sejumlah bayaran, setelah terkumpul $100, uang akan dikirim ke rekening Anda. Sederhana sekali.

Namun menjalankan Adsense dengan berhasil, tidak sesederhana cara kerja di atas. Ada banyak faktor yang mesti mendapat perhatian serius.

Lebih lengkap, silakan pelajari tentang Google Adsense selengkapnya di portal-uang. Saya sudah sangat banyak mengulasnya. Jika masih bingung mulai dari mana, berikut bisa jadi acuan:

2. Affiliate Marketing

Teorinya juga sederhana, Anda hanya perlu merekomendasikan, memasarkan produk dari perusahaan lain melalui link dan banner iklan. Saat terjadi penjualan, Anda mendapat bayaran.

Ada banyak sekali produk tersedia untuk pemasaran afiliasi. Anda hanya perlu menemukan produk atau layanan yang cocok dengan topik blog Anda sendiri.

Lebih jauh tentang afiliasi, silakan pelajari pada:

3. Direct advertising

Ini adalah metode atau cara paling sulit bagi blogger, karena agar bisa melakukannya dengan hasil maksimal, Anda harus memiliki trafik tinggi terlebih dahulu. Tapi, setelah itu terpenuhi, inilah cara terbaik menghasilkan uang dari blog yang sesungguhnya.

Untuk memulainya Anda harus menjalin hubungan baik dengan pemilik brand atau perusahaan tertentu. Menawarkan kepada mereka bagaimana Anda dapat membantu meningkatkan brand awareness atau penjualan mereka. Juga perlu membuktikan bahwa Anda memiliki trafik yang cukup.

Jangan malu untuk menghubungi perusahaan yang bergerak di topik blog Anda. Kirimi mereka email, berikan alasan mengapa blog Anda adalah tempat yang tepat sebagai media berpromosi. Jangan putus asa, jika satu, dua, tiga kali Anda tidak mendapat tanggapan atau balasan berupa ‘kata tidak’. Teruslah berusaha.

Setelah semuanya berjalan baik, maka Anda benar-benar telah memiliki sumber pendapatan yang akan terus mengalir dari blog Anda.

Sebagai informasi tambahan, silakan baca: Tips Memaksimalkan Pendapatan Blog Iklan.

Nah itulah uraian ‘singkat’ bagaimana saya bisa menghasilkan ribuan dolar / bulan dari blog. Jika saya bisa melakukannya, maka yakin Anda pun bisa melakukannya pula.

Yang terpenting jangan pernah menyerah. Tetap semangat dan sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

17 Komentar

  • memang benar mas jhon ,setelah di terima adsensenya bukan berarti harus santai santai , tapi harus berusaha mencari atau meningkatkan visitor yang banyak caranya seperti yang anda ulas diatas…

    • Bila yg dimaksud lbh besar dr per konverai, maka jawabannya ya. Tp perlu diingat bahwa iklan cpa memiliki ctr lebih rendah dibanding cpm atau cpc. Jd ujung2nya hasil keseluruhannya bs sama.

  • setelah membaca tulisan ini, saya tertarik, dan saya ingin membuat Blog, karngea dengan forum ini nampaknya ada bimbingan untuk ngeblog.

  • Kira2 apakah bisa kita bergantung dari bisnis online?
    Karena saya mencoba, paling hanya mendapat sekitar $1 per bulan
    Kalo ada kiat khusus mohon bantuan ya om

    • sebenarnya banyak cara dapat uang dari blog, tp ketiga cara itu yg berhasil untuk saya dan memberi hasil yg ‘lumayan’.

      toko online dan freelancer, keduanya masih menjajikan sekali.

  • portal uang memang sangat membantu bagi blogger pemula, cerita sedikit mas, saya pertama kali punya blog dari tahun 2012 lalu saya biarkan terlantar dalam jangka waktu hampir satu tahun.

    lalu pada akhir tahun 2013 saya mencoba membukanya lagi dan ternyata masih bisa, awalnya cuma iseng buat blog, gak tau kalau bisa menghasilkan uang, saya tau kalau bisa menghasilkan uang dari salah satu grub di fb, setelah itu saya search di google tentang menghasilkan uang lewat blog dan ketemu blognya mas gee ini.

    dari sini saya belajar, hampir semua artikel sudah saya baca, kecuali yang tentang adsense soalnya memang belum fokus kesitu, saya juga pernah tanya sama mas gee di FB berapa pendapatannya sebulan kan ya ? 🙂
    dan pada akhir 2014 akhirnya blog saya mulai menghasilkan hingga sekarang, berterima kasih banget sama mas gee, hehe…

    sekarang mau buat blog lagi, minta review tentang blog baru saya dong mas, kekurangannya dimana dan apa aja yang harus saya lakukan selanjutnya. 😀

  • Sangat sederhana bos penjelasan artikel ini. Namun menyentuh sekali, saya juga pernah membahas mengenai motivasi yakni harus ditanam dihati bukan karena orang lain bahkan hanya karna uang. Namun ntah kenapa saya sendiri mulai greget sekali dengan uang, yg akirnya jd bertanya sendiri, apakah lanjut or berhenti ditengah jalan. Mengingat waktu yg sudah lumanyan lama menghabiskan pada dunia blog, terkadang di sini saya merasa bingung sendiri. Terimakasi…salam sukses bos gee