Google Adsense

Cara Menyembunyikan Unit Iklan Adsense di Blog

Google Adsense memang mendukung dan menyediakan unit iklan responsif, yang berarti ukuran iklan akan berubah secara otomatis sesuai perangkat yang digunakan pengunjung.

Karena itu, jika mereka membuka blog Anda dengan komputer desktop, pengunjung mungkin melihat unit iklan 728×90, sedangkan unit iklan yang sama akan menampilkan unit ukuran 468×60 kepada pengunjung yang menggunakan tablet. Tidak perlu melakukan perubahan kode apapun karena script Adsense secara cerdas mengenali ukuran layar pengguna.

Tapi sekarang kita coba skenario lain, yaitu alih-alih menampilkan ukuran iklan yang lebih kecil, kita ingin menyembunyikan iklan Adsense sepenuhnya jika layar pengguna kurang dari ‘sekian’ piksel.

Sebagai contoh, misalkan Anda memiliki unit 300 x 600 pada sidebar, namun unit tersebut hanya ingin tampil bila dibuka melalui komputer desktop, bukan pada perangkat mobile.

Ada dua cara untuk melakukannya. Anda bisa menggunakan media kueri CSS yang akan menyembunyikan seluruh sidebar blog pada perangkat mobile, yang dengan demikian juga akan otomatis menyembunyikan unit iklan Adsense tersebut. Namun cari ini dianggap melanggar kebijakan Adsense, karena iklan Adsense tetap masih dirender di perangkat pengguna, meski unit tidak ditampilkan.

Lalu bagaimana cara yang benar untuk menyembunyikan unit iklan tertentu?

Baiklah, yang kita butuhkan adalah satu mekanisme dimana iklan Adsense diblok atau tidak dirender pada layar yang lebih kecil.

Cara ini juga sama-sama bisa dilakukan menggunakan media kueri CSS, namun perbedaan pentingnya adalah, kita menerapkan CSS pada elemen iklannya, bukan pada parent element (yang dalam hal ini adalah sidebar).

Mari saya perjelas:

script adsense

Yang Anda lihat di atas adalah kode asli yang diambil dari unit iklan berukuran 300 x 600px. Bila Anda pasang di sidebar, maka ia akan diambil dan dirender dengan ukuran tetap, tidak peduli berapapun ukuran layar pengguna.

Nah, jika Anda ingin unit tersebut tidak tampil pada ukuran layar tertentu, maka harus dilakukan perubahan yang diijinkan pada kode default di atas.

Modifikasi kode tampak seperti ini:

<style>
  @media (max-width: 480px) {
   .iklan_sidebar {
   display:none !important;
   }
 }
</style>
<ins class="adsbygoogle iklan_sidebar"
   style="display:inline-block;width:300px;height:600px"
   data-ad-client="ca-pub-1234567890123"
   data-ad-slot="1234567890"></ins>
<script>
   (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Seperti yang Anda lihat, kita menambahkan CSS query media, dan juga menambahkan class iklan_sidebar pada kode Adsense default (Anda bisa mengganti nama class sesuai keinginan).

Penambahan kode di atas, akan menyembunyikan iklan tersebut jika layar pengguna kurang dari 480px. Dan ya, hanya itu yang perlu Anda lakukan untuk menyembunyikan iklan pada ukuran layar tertentu.

Dengan cara ini, tidak ada request ke server Google, iklan tidak tampil, konten di bawahnya pun akan naik ke atas menggantikan space iklan sehingga tidak ada ruang kosong, persis seperti yang Anda inginkan.

Bila Anda ingin opsi lebih luas dalam menampilkan iklan secara dinamis berdasarkan atau sesuai ukuran layar pengguna, bisa Anda baca: Cara Mengatur Ukuran Iklan Adsense Sesuai Layar.

Berikut contoh tampilan iklan di laman pos PortalUang:

iklan responsif

Pada tampilan desktop, tampil unit di paragraf kedua.

 

menyembunyikan iklan adsense

Pada ukuran layar 320px, unit pada paragraf kedua tidak ditampilkan, sebagai gantinya tampil unit di bawah judul berukuran 250 x 250px

Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

15 Komentar

  • Mas G mau tanya, kalau misalnya blog kita sudah disetujui oleh adsense, apakah kita bis rubah desain web seluruhnya dengan versi yang menurut kita bagus? Apakah nanti tidak akan bermasalah? Karena mungkin adsense menyetujui blog kita karena tampilan dasar sesuai dengan ketetuannya, lalu pada saat sudah di approve, malah kita ubah dengan tampilan lain.

    Mohon penjelasannya ya trims.

  • Setelah saya lakukan pemeriksaan dengan google chrome ctrl+u, pada halaman yang saya tampilkan unit adsense ternyata terdapat kode iklannya by quick adsense.
    sedangkan pada halaman yang unit adsensenya saya sembunyikan ternyata tidak saya temukan adanya kode iklan.
    Artinya kode iklan tersebut telah bebas dari render server google. apakah pendapat saya ini bisa dibenarkan mas Gee?.
    maaf kalau kalimat saya terlalu panjang karena tidak ingin terlalu banyak reply yang nantinya justru mengganggu pemandangan. dan atas pencerahannya saya sangat berterimakasih. sukses selalu untuk Portal-Uang.

  • Bersyukur sekali saya jumpa artikel ini mas Gee, tentang ketentuan adsense melarang menyembunyikan iklan, lalu bagaimana jika saya melakukannya dengan plugin seperti quick adsense yang mana dapat untuk tidak menampilkan adsense pada posting tertentu.
    Apakah cara ini termasuk aman, dan apakah kode iklan tersebut masih di render oleh google.
    Sangat berharap segera mendapat jawaban mas Gee, sebab ini sudah harap harap cemas selangkah lagi akan PO. Terimakasih mas.

    • sy tidak tahu persis bagaimana cara kerja dari plugin quick adsense, tp sy kira pembuat plugin pastinya sudah memperhitungkan hal ini. namun untuk lebih memastikan silakan buka laman yg dimaksud, lalu lihat kode sumber laman, apakah ada kode adsense yg dirender?

  • mas Gee, sebenarnya aku punya beberapa pertanyaan yg masih “ngeganjel”, tapi saat ini 2 dulu yg ingin ku tanyakan.

    1. iklan adsense yg tampil di halaman statis (halaman privacy policy & disclaimer) itu apa melanggar kebijakan mas?
    soalnya aku bikinnya lewat tool online privacy policy generator. tapi sudah aku terjemahkan.

    2. kalau misal iklannya di sembuyikan di halaman statis itu bagaimana mas? kan katanya mas Gee kalau cuma menyembunyikan sidebar masih melanggar, karena iklan Adsense tetap masih dirender.

    itu dulu pertanyaan ku mas, mohon penjelasannya. 🙂

    • 1. ya jika iklannya ditempatkan di halaman, tp klo di sidebar misalnya, sy kira tidak masalah, krn hampir semua melakukannya (termasuk saya).
      2. Jika dengan menggunakan kondisi, maka tidak akan dirender. kecuali dg menyembunyikan parent container via css. Dan menurut sy sebaiknya, iklan di laman statis tidak perlu dipasang.