Tips Youtube

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube: Sebuah Panduan Lengkap

Salah satu artikel PortalUang yang paling banyak dikunjungi adalah: Dapat Uang Dari Youtube? Kenapa Tidak?!

Di artikel tersebut saya mengurai salah satu peluang mendapatkan uang dari internet dengan mudah melalui Youtube, yaitu dengan menjadi Mitra Youtube. Atau sederhananya, video milik kita dipasangi iklan oleh Google, dari situ kemudian kita mendapatkan penghasilan.

Di artikel tersebut saya tidak merinci langkah per langkah bagaimana memulai menjadi mitra Youtube, karena saya menitikberatkan lebih ke informasi dan optimasinya. Namun nyatanya saya mendapatkan banyak sekali pertanyaan mengenai bagaimana cara memulai langkah per langkah mendapatkan uang dari Youtube ini.

Nah dari situlah saya menulis artikel ini. Dibawah nanti akan saya jelaskan langkah-langkah bagaimana ikut serta menjadi mitra Youtube dan segera bisa menghasilkan uang dari Youtube.

Namun sebelumnya, ijinkan saya menyampaikan satu hal kepada Anda: Youtube bukanlah cara mendapatkan uang dengan jumlah besar dalam waktu yang cepat.

Memang ada orang-orang yang mampu menghasilkan ratusan ribu dolar per bulan dari Youtube, tapi itu adalah ‘sedikit orang-orang beruntung’, itu adalah pengecualian, bukan sebuah kelaziman.

Nyatanya, ada ratusan juta saluran Youtube di seluruh dunia, dan kebanyakan mereka hanya mendapatkan beberapa sen saja per hari!

Mendapatkan uang dalam jumlah besar dari Youtube butuh dedikasi, semangat dan kerja keras yang tinggi, yang tidak semua orang sanggup melakukannya.

Saya mengatakan hal ini, tentu bukan bertujuan mengendurkan semangat Anda, tapi ingin Anda tetap realistis, agar tidak kecewa di tengah jalan, menyiapkan diri sejak awal untuk bekerja lebih keras menghadirkan video yang kreatif, unik, ditonton dan disukai orang seluruh dunia!

Tapi, kalau orang lain bisa, bukan suatu hal yang mustahil Anda menjadi salah satu orang ‘beruntung’ berikutnya, bukan?

So, tetap semangat, dan inilah yang perlu Anda lakukan untuk menjadi mitra Youtube:

1. Membuat saluran dan url khusus

Jika sudah membuat url khusus untuk saluran Anda, Anda bisa melewati langkah ini. Jika belum, buatlah alamat url khusus, sebagai alamat saluran Anda. Ini untuk memudahkan langkah berikutnya. Caranya:

  • Klik foto profil pada pojok kanan atas halaman. Kemudian klik Setelan Youtube.

dapat uang dari youtube

  • Anda akan masuk ke halaman Setelan Youtube. Pada bagian Ikhtisar, jika Anda pernah membuat url khusus, maka akan tampil seperti ini:

tutorial youtube

  • Klik Lanjutan di bawah alamat email. Nanti Anda akan dibawa ke halaman Setelan saluran, dengan alamat saluran yang tampak seperti ini: http://www.youtube.com/channel/UCw-YGm9gtQ12I5NTlZOIrfw. Anda perhatikan alamat saluran Anda sederetan kode panjang yang susah dibaca. Maka dari itu Anda perlu merubahnya. Klik link Buat URL khusus pada ujung alamat panjang diatas. Akan akan mendapat form di bawah ini:

membuat channel youtube

  • Ketik nama saluran Anda sesuai keinginan. Nama hanya boleh berupa huruf dan angka, tidak boleh ada spasi. Jika sudah, maka alamat saluran Anda menjadi lebih ringkas, contohnya seperti: http://www.youtube.com/user/naldojhon. Lebih bagus daripada alamat panjang seperti di atas bukan?

Perlu diingat, dengan satu akun Google, Anda dapat membuat banyak saluran khusus di Youtube. Misalkan Anda membuat satu saluran untuk kategori berita, satunya lagi untuk musik dan lain-lain. Terserah Anda. Untuk setiap saluran, Anda kemudian bisa membuat alamat url khususnya masing-masing. Caranya sama seperti langkah-langkah di atas.

Adapun cara membuat saluran baru, pada halaman Ikhtisar, pada bagian Fitur tambahan, klik Buat saluran baru. Anda akan mendapat form seperti ini:

membuat saluran baru youtube
Beri nama sesuai keinginan Anda, pilih kategori yang sesuai dengan video yang akan upload nantinya. Ada beberapa pilihan:
  • Produk atau Merk
  • Perusahaan, Lembaga, atau Organisasi
  • Seni, Hiburan, Olahraga
  • Lainnya

Tentukan batasan usia untuk konten bersangkutan, Semua pengguna, 18 tahun keatas, 21 tahun keatas, atau konten Terkait alkohol. Centang setuju Persyaratan Laman, lalu klik Selesai.

Saran saya, jika video Anda memiliki konten dengan kategori berbeda, baik dari segi jenis konten, maupun dari segi batasan usia, sebaiknya Anda membuat saluran baru. Jangan dicampur aduk jadi satu. Ini akan membuat saluran Anda mendapat performa lebih baik.

Untuk berpindah antar saluran, tinggal klik foto profil, klik Alihkan akun, dan pilih saluran mana yang ingin Anda aktifkan. Atau Anda bisa klik Semua saluran saya, untuk menampilkan semua saluran yang Anda miliki.

2. Mengaktifkan monetisasi saluran

Oke, sekarang Anda telah memiliki saluran dan sudah diberi alamat url khusus yang lebih ringkas. Saya anggap Anda sudah mengupload satu dua video ke saluran Anda. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan setelah monetisasi pada saluran Anda, yaitu dengan kata lain kita mengijinkan Google untuk menampilkan iklan di video yang kita miliki.

  • Masuklah ke halaman Dasbor >> Setelan saluran >> Fitur, atau klik link ini.

memonetis youtube

  • Klik Aktifkan Akun Saya. Nanti terbuka halaman Perjanjian yang cukup panjang (baca semua silakan, tidak juga tidak apa-apa, hehehe…). Centang saja semua, tanda Anda setuju, kemudian klik tombol Saya setuju. Setelah itu muncul pilihan format iklan yang akan ditampilkan.

monetisasi saluran youtube

  • Disini, Anda menentukan jenis iklan apa yang akan tampil nanti. Iklan hamparan dalam video adalah berupa iklan memanjang yang akan tampil di bagian bawah video Anda, yang apabila diklik maka Anda akan mendapatkan bayaran. Sedangkan pilihan Iklan True-view dalam aliran, adalah video iklan yang akan diputar otomatis sebelum video Anda ditonton. Anda boleh memilih salah satu, bisa juga memilih dua-duanya. Jika sudah klik tombol Monetisasi. Nah, sekarang saluran Anda sudah diaktifkan untuk dimonetisasi dan Anda sekarang sudah menjadi Mitra Youtube.
  • Pilihan jenis iklan ini, dapat Anda sesuaikan atau rubah kemudian. Pastikan Anda memonitor performa penghasilan sampai Anda menemukan jenis iklan yang paling cocok dengan video Anda sendiri.Biasanya iklan berupa tutorial, produk, perusahaan lebih cocok menggunakan jenis Hamparan, sedangkan video hiburan lebih cocok menggunakan video jenis True-view. Ini terkait dengan perilaku penonton yang berbeda dari jenis video masing-masing.

Sampai di sini, jika Anda sebelumnya sudah memiliki beberapa video, maka otomatis video tersebut akan dimonetisasi, setelah direview dalam waktu singkat, maka berarti Anda sudah mulai mengumpulkan pundi-pundi penghasilan dari Youtube.

Selain itu Anda juga dapat memilih sendiri video mana saja yang ingin dimonetisasi.

Masuklah ke halaman Pengelola video >> Upload. Centang video mana yang ingin dimonetisasi, klik Tindakan terus pilih monetisasi. Atau bisa juga langsung klik logo $ kecil di sebelah kanan video yang bersangkutan.

daftar video youtube

Tanda bahwa suatu video telah disetujui untuk dimonetisasi adalah logo $ berubah menjadi warna hijau seperti tampak pada gambar diatas.

Update: Sekarang logo $ berubah jadi biru.

3. Menerima pembayaran

Jika semua tahapan diatas telah Anda lakukan, maka Anda langsung mengumpulkan penghasilan. Dan saatnya sekarang Anda menerima pembayaran.

Perlu diketahui, untuk menerima pembayaran penghasilan dari Youtube, Anda memerlukan akun Adsense yang dikaitkan dengan akun Youtube. Jadi, Anda harus membuat akun Adsense pada satu titik tertentu.

Google tidak akan menyuruh Anda segera membuat sebuah akun Adsense, kecuali perolehan pendapatan Anda telah mendekati ambang batas pembayaran, yaitu sebesar $100. Meskipun Anda belum memiliki akun Adsense, pendapatan Anda terus akan dihitung dan disimpan.

Selama Anda belum mengaitkan akun Adsense, maka laporan penghasilan belum lah muncul pada halaman Analytics. Jadi, sebagai penyemangat Anda bisa segera membuat sebuah akun Adsense kemudian ditautkan dengan akun Yotube Anda.

Penjelasan bagaimana cara mendapatkan akun Adsense, bisa Anda baca di halaman Support Google. Namun, ada baiknya saya jelaskan juga disini.

  • Masuklah kembali ke halaman Setelan Saluran seperti pada langkah kedua diatas. Anda perhatikan, setelah mengaktifkan monetisasi saluran, maka pada halaman Setelan Saluran  muncul sub menu baru yaitu Monetisasi.

uang dari youtube

  • Pada bagian Bagaimana saya akan dibayar, klik link mengaitkan akun Adsense (lihat gambar di atas). Anda akan dibawa ke halaman pemberitahuan bahwa Anda akan mengaitkan akun Adsense, klik tombol Berikutnya.
  • Selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman Google Adsense. Jika ingin menggunakan alamat email sama dengan yang digunakan untuk Youtube, klik tombol Ya, gunakan [alamat email Anda].

daftar adsense youtube

  • Anda masuk ke langkah kedua. Disini cuma konfirmasi untuk memastikan alamat saluran Youtube Anda. Klik Lanjutkan.

langkah daftar adsense youtube

  • Masuk ke langkah ketiga. Lengkapi semua formulir dengan benar dan lengkap. Teliti sekali lagi sebelum menekan tombol Kirim permohonan saya.

langkah 3 daftar youtube adsense

Setelah ini, Anda akan kembali dialihkan ke Youtube. Tunggu beberapa waktu, maka Anda sudah memiliki akun Adsense yang terkait ke saluran Youtube Anda. Selesai. Sekarang Anda bisa melihat penghasilan dari hari ke hari.

Apakah tugas sudah selesai dan saya akan mendapatkan uang dari Youtube?

Hmm… sampai disini Anda baru memulai. Tugas selanjutnya (ini yang terberat) adalah bagaimana membuat video Anda menjadi populer, ditonton sebanyak-banyaknya orang. Semakin banyak ditonton orang, maka peluang pendapatan Anda akan semakin besar.

Sayangnya tidak ada rumus jitu bagaimana membuat video kita terkenal dan populer. Namun, demikian, setidaknya kita tahu beberapa hal yang membuat video kita dicari, ditonton dan disukai orang.

Inilah 3 tips dasar yang dapat membantu Anda:

1. Buatlah sesuatu yang unik

Original, asli, lain dari yang lain. Anda tidak akan menjadi ‘bintang’ yang menghasilkan banyak uang dari Youtube dengan cara menyalin dan meniru konten orang lain. Mungkin saja Anda mendapatkan lonjakan penghasilan dengan mengikuti tren sesaat yang sedang booming, tapi ingat itu hanya sesaat. Tidak lama. Dalam waktu panjang itu tidak akan berhasil.

2. Buatlah 10 – 15 detik awal video semenarik mungkin

Inilah waktu krusial, apakah orang akan meneruskan menonton ataukah berhenti sampai disitu lalu membuka video lainnya. Buatlah orang bertahan untuk menonton video Anda sampai selesai.

3. Sediakan video baru secara teratur

Ini target yang mesti Anda capai. Semakin banyak yang berlangganan saluran Anda, semakin besar peluang mendapatkan hasil yang besar dari Youtube.

Untuk menarik minat pelanggan, Anda harus memiliki konten baru secara teratur. Memiliki 5 video, rasanya sangat berat bisa menghasilkan uang dari Youtube dalam jumlah yang lumayan. Teruslah berkreasi, buat video yang bermanfaat, menarik untuk dibagikan, dan suguhkan kepada pelanggan Anda!

Nah, itulah tahapan-tahapan yang perlu Anda lakukan untuk menikmati pendapatan dari Youtube, beserta sedikit tips memaksimalkan pendapatan.

Untuk tips lainnya, silakan Anda baca artikel tentang Youtube saya sebelumnya: 6 Tips Pemula: Meningkatkan Pemirsa Youtube dan 8 Tool dan Sumber Penting Bagi Mitra Youtube.

Jika Anda ada pertanyaan, tips lain atau pengalaman, silakan ajukan dan bagikan lewat komentar.

Jika Anda merasa artikel ini berguna, bagikan ke teman.

Jika Anda sudah paham, segera laksanakan.

Jika Anda sudah capek membaca, istirahat. Buat teh hangat ‘tuk menyegarkan badan, hehehe….

Sukses untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

975 Komentar

%d blogger menyukai ini: