Strategi Blogging

Human Optimization: Belajar dari Blogger Bertrafik 100.000 Visitor per Hari

 

optimasi dapat trafik blog

Darren Rowse dari Digital Photography School adalah salah satu blogger kelas kakap di jagat blogosphere.

Berdasarkan data Google Analytic bulan Juli 2015, dalam sehari sesinya bisa mencapai kurang lebih 100.000 sesi. Berarti jumlah visitornya tak jauh-jauh dari angka tersebut. Inilah mengapa blogger profesional bisa berpenghasilan 6 digit dolar per bulan.

digital photography school traffic

Saya selalu mendengarkan podcast yang dikeluarkan Darren. Pengalamannya selama bertahun-tahun di dunia blogging sangat berharga sekali.

Darren tidak hanya menceritakan keberhasilannya, melainkan juga kejatuhannya. Misalnya ketika ia kehilangan lebih dari 80% sumber trafik utamanya yang berasal dari Google Search Engine. Dalam seketika, sumber penghasilan satu-satunya lenyap akibat perubahan Algoritma. Padahal ketika itu ia baru saja berhenti dari pekerjaan paruh waktunya untuk menjadi full time blogger.

Di tengah keterjepitan, di sinilah ia menemukan ilmu baru untuk mendapatkan trafik tanpa mengandalkan search engine.

Walaupun blog Darren pada akhirnya tetap mendapatkan manfaat dari sisi SEO, akan tetapi ia tidak befokus pada teknik-teknik master SEO seperti:

  1. Link building dengan mencari broken link
  2. Mengincar long tail keyword
  3. Membangun Private Link Network
  4. dan lain-lain.

Ia cenderung menggunakan teknik yang menurut istilah saya sendiri:

Human optimization

Human optimization adalah berbagai aktifitas yang mengekplorasi sisi relasi dan kontak dengan manusia untuk membuat Anda dan blog Anda tampil ciamik di mata manusia. Tujuannya adalah untuk membangun engagement, mendapatkan pengikut, pembaca setia, dan email subscriber. Hasil akhirnya….trafik

Ada banyak teknik human optimization yang digunakan Darren, namun pada dasarnya ada 4 hal yang dilakukannya, saat ia tidak memiliki keberpihakan dari search engine:

  1. Pergi keluar dari blognya. Ia muncul di lokasi-lokasi, tempat target marketnya berkumpul. Online dan offline.
  2. Menjalin hubungan dengan blogger lain.
  3. Menjalin hubungan yang lebih dekat dengan pembacanya yang tersisa.
  4. Membuat pembacanya terlibat dalam aktivitas-aktivitas yang diadakan di blognya.

Jika Anda menghasilkan uang melalui iklan, berapa jumlah unique visitor Anda, berapa jumlah page view Anda akan menentukan keberhasilan finansial Anda. Akan tetapi angka-angka itu adalah hasil akhir.

Di balik angka-angka itu ada orang. Orang dengan perasaan, kepribadian, hidup dan masalah untuk Anda layani dengan keahlian dan pengalaman Anda.

Human Optimization dengan Zopim Chat

zopim chat

Diantara berbagai saran yang Darren berikan ada dua yang saya ingat:

  1. Pahami pembaca Anda.
    Siapa mereka, apa kebiasaan mereka, berapa usia mereka, pekerjaan mereka, dan lain-lain. Sebab gunanya ada banyak, misalnya:

    1. Anda bisa buat konten yang semakin lebih relevan
    2. Kalau Anda ingin mempromosikan blog, Anda bisa mengira-ngira tempat mereka berkumpul.
    3. Jika Anda ingin membuat produk yang bisa dijual Anda bisa paham kebutuhan mereka. Sebab lebih mudah menjual sesuatu yang dibutuhkan.
  2. Perdalam relasi Anda dengan pembaca.
    Misalnya dengan mengirim email kepada salah satu pembaca Anda dan menawarkan bantuan dalam konteks niche blogging Anda.

Secara tidak sengaja saya menemukan sebuah cara untuk bisa semakin memahami dan memperdalam relasi saya dengan pembaca saya yaitu dengan Zopim chat.

Zopim chat adalah aplikasi chat yang bisa Anda pasang di situs Anda. Cukup mengopas sebuah koding ke header atau footer. Selanjutnya aplikasi chat itu akan muncul di sudut bawah kiri atau kanan situs.

Aplikasi semacam ini biasanya ditemukan pada toko online atau situs bisnis lainnya agar pelanggan bisa berbicara dengan customer service secara live. Jarang sekali Anda temukan di blog, kecuali di blog dUS.

Zopim adalah aplikasi berbayar. Tetapi Anda boleh test versi fullnya selama 14 hari. Lewat dari itu Anda masih bisa terus pakai, tapi dengan berbagai keterbatasan. Saya rasa itu pun sudah cukup untuk urusan blogging.

Nah kebetulan, ketika saya sedang testing untuk mengulas aplikasi ini, untuk melengkapi tutorial cara membuat toko online saya, ternyata ada chat masuk. Katakan saja dari Puspita.

Berdasarkan aplikasi Zopim, saya melihat bahwa ia sedang membaca laman:

Belajar Bahasa/Sastra di Universitas Tidak Ada Masa Depan?

Jadi saya bisa perkirakan dia ada ketertarikan dengan jurusan bahasa.

Setelah basa-basi, pembicaraan berlanjut ke masalah yang lebih dalam. Dia meminta saran, tentang apakah sebaiknya ia menerima tawaran untuk sekolah bahasa ke luar negri. Ia ceritakan sedikit tentang keluarganya, dirinya dan sebagainya dalam kaitannya dengan tawaran itu. Kami berbicara lumayan lama, jadi saya bisa lumayan mengenal Puspita.

Setelah saya selesai chatting, saya berpikir wow saya tidak bisa dapatkan interaksi seperti ini di kolom komentar, email atau pun forum.

Dengan chat, interaksi berlangsung dengan lebih cepat. Orang jadi lebih terpancing untuk mengomunikasikan lebih banyak hal. Sedangkan forum atau komen biasanya ada jeda waktu yang cukup lama untuk mendapatkan respon. Sehingga mereka berbicara secukupnya saja.

Dengan chat, obrolan itu bisa lebih mudah beranjak dari dingin menjadi hangat. Ketika sedang hangat, pembaca cenderung lebih terbuka. Sedangkan kalau komentar atau forum karena ada jeda antar respon, umumnya lebih tidak sehangat chatting.

Dari percakapan itu juga saya menjadi sadar, wah ada juga yah non blogger yang datang berkunjung ke blog saya. Ternyata memang betul isi konten Anda akan menarik orang-orang tertentu.

Selang beberapa waktu, setelah chat dengan Puspita saya masih bercakap-cakap dengan beberapa pembaca lainnya dengan karakteristik percakapan yang berbeda-beda.

Yang jelas dari beberapa interaksi tersebut saya jadi tambah tahu tentang demografi pembaca saya dan masalah yang sedang mereka hadapi. Mulai dari anak usia 20-an yang ingin sekolah, suami yang hendak selingkuh, hingga ibu-ibu yang mau belajar bikin toko online. Saya bisa konek dengan pembaca dalam level yang lebih personal.

Chat membuka dimensi baru dalam interaksi di blog.

Konsekuensi memasang aplikasi chat di blog

Ada beberapa konsekuensi yang perlu Anda pertimbangkan:

  1. Tidak bisa sembarangan buat konten – Ibarat skripsi, Anda akan ditanya oleh pembaca Anda tentang tulisan di blog Anda. Sebab pertanyaan mereka biasanya muncul dari artikel yang Anda buat. Kalau Anda masih level kopas, ini susah.
  2. Anda perlu menyisihkan waktu untuk chat – Sebagian percakapan berlangsung sebentar, sebagian lagi lama. Jika Anda ingin berinvestasi pada relasi, maka Anda harus memberikan waktu Anda.
  3. Berhadapan dengan orang yang mungkin tidak Anda sukai – Bisa saja Anda akan bertemu dengan karakter-karakter yang mungkin Anda tidak suka. Jika Anda cewek cantik mungkin ada yang coba menggoda.

Keuntungan memasang aplikasi chat di blog

  1. Bisa konek lebih dalam dengan pembaca – Seiring waktu terkadang akan ada hal-hal personal yang akan di share kepada Anda. Itu artinya pembaca semakin mempercayai Anda. Saya ada satu orang yang kini malah jadi teman. Sebelum Zopim kami menggunakan Google+ hangout untuk berkomunikasi.
  2. Tampil beda – Saya rasa hampir tidak ada blog yang menerapkan aplikasi chat. Biasanya hanya toko online. Jadi dengan memasang aplikasi chat Anda bisa memberikan suatu warna berbeda pada blog Anda.
  3. Menemukan kesempatan – Melalui berbicara dengan pembaca Anda, Anda bisa mengetahui hal-hal yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Mungkin diantaranya ada kesempatan yang bisa Anda ambil.
  4. Penjualan – Berdasarkan pengalaman jika blog Anda dimonetasi dengan produk afiliat, ada kalanya dalam percakapan bisa mengarah kepada penjualan. Melalui percakapanlah Anda bisa “mendorong” pembaca untuk mengambil keputusan membeli.

Penutup

Jika Anda merasa kurang mampu atau tidak nyaman bersaing menggunakan teknik SEO, baik putih, abu-abu atau hitam, human optimization adalah sebuah pilihan yang lebih baik. Anda bisa mulai dengan menerapkan aplikasi chat. Karena sangat mudah untuk diterapkan.

Chat berfungsi untuk menggali hubungan lebih dalam. Berbicara satu per satu dengan pembaca Anda bukanlah cara cepat untuk menambah kuantitas. Hasilnya pun sulit diangkakan. Akan tetapi mungkin dari hubungan itu Anda akan mendapatkan raving fan atau penggemar berat.

Saya memiliki salah satu pembaca yang kini menjadi teman. Ia berkata, ia menceritakan ke teman-temannya tentang blog saya karena ia merasa isinya banyak sekali yang berguna.

Jika ditilik dari sudut waktu, sebelum saya mendapatkan manfaat marketing dari mulut ke mulut saya telah menginventasikan waktu yang cukup banyak dalam membantunya tanpa pamrih.

Kami pun kini bisa berbagi berbagi hal-hal yang levelnya lebih personal meskipun kami tidak pernah bertatap muka.

Tentu saja saya perlu memberikan tanda peringatan atau disclaimer, untuk berhati-hati di internet karena seringkali apa yang tampak tidak selalu yang sesungguhnya.

Nah, setelah membaca artikel ini, apakah komentar Anda? Yang merasa punya pendapat silahkan bicara.

Iklan

Tentang penulis

Juan Feju

Juan Feju

Pendiri situs pasang iklan dapur Uang. Punya barang baru/bekas yang ingin dijual, jasa yang ingin ditawarkan, properti yang ingin cepat laku atau disewakan? Pasang saja iklannya di dapur Uang. dapur Uang tempatnya BERJUBEL - Bertransaksi Jual Beli.

Tulis komentar

8 Komentar

  • Share yang bagus gan..memang untuk sekarang dan seterusnya kayanya algoritma untuk google akan terus mengarah ke human friendly (human optimization).

    Karena hasil akhir dari pencarian yang diperlihatkan adalah bukan untuk robot akan tetapi untuk manusia.

  • Tepat sekali mas juan. Ngomong2 saya tidak memasang widget untuk melakukan chatting dgn pembaca. Tapi, kadangkala saya selalu mengajak pembaca untuk memberi komentar seperti, “bagaimana dengan tanggapan Anda?”. Kadang, di artikel saya memasang number & bullet dan di akhir bullet saya isi dgn “silahkan tambahkan sendiri”.

    Alhasil, tetap nihil.

    Segala upaya telah dikerahkan. Mungkin trafik yang belum mencukupi…

    Artikelnya bagus mas juan.

  • Informasi yang sangat bermanfaat mas, sebagai blogger newbie ini adalah pengalaman yang mungkin suatu saat bisa saya terapkan, Thanks.

    • Human Optimization memang bukan hal yang mudah. Namanya juga manusia. Akan tetapi sebagai blogger yang berusaha meningkatkan kemampuannya, ini adalah sesuatu yang perlu kita pelajari. Trims Mas Musthafa.

  • Thanks bos Juan…. satu informasi yang bagus, dan saya juga sudah lama menggunakan cara ini di erudisi sejak lama. Memang fokus pada ‘orang’ yang sesungguhnya, itu lebih baik dari semua teknik SEO apapun lainnya, karena memang yang menikmati sajian kita adalah orang bukan robotnya Google. 🙂

    Sekedar menambahkan, mungkin bagi yang ingin menggunakan fasilitas chat tanpa harus membayar, bisa menggunakan Mibew. Ini adalah cms khusus live chat opensource. Keuntungannya kita tidak bergantung pada server pihak lain, krn software diinstal di server sendiri. Fasilitasnya jg lengkap, multi user dengan pembagian banyak departemen (tema), notifikasi suara dan balon, full customization tampilan, dan banyak lagi. Sy menggunakan di erudisi dan berjalan dg baik. Kekurangannya mungkin kita harus memiliki hosting yang cukup cepat, apalagi ketika melayani multi-chat secara simultan.

%d blogger menyukai ini: