Google Adsense

Ini Ukuran Iklan yang Mendapatkan Revenue Tertinggi

Kembali lagi dengan saya Jos yang akan membahas masalah penting seputar pendapatan Adsense melalui Optimasi ukuran iklan Adsense yang benar-benar Optimal dalam mendapatkan hasil.

Kita harus mengerti dan mengetahui secara pasti, sebenarnya apa tujuan kita memasang iklan Adsense dan bagaimana meng-Optimasinya sehingga pendapatan yang kita hasilkan benar-benar Maksimal.

Iklan

Bicara Adsense, sudah barang tentu pikiran orang adalah menjadi publisher atau penayang Iklan Google. Benar kan? Nah sekarang begini, ada beberapa cara kita mendapatkan bayaran dari Google Adsense. Yang paling utama adalah ketika orang (Pengunjung/Visitor) meng-Klik iklan di website atau blog kita, maka kita akan dibayar Google. Tapi ternyata selain orang mengklik iklan, ada juga namanya Pay Par Impresion atau sering disebut dibayar atas penayangan. Kita akan dibayar dengan hitungan 1000 kali penayangan Iklan.

Jadi logikanya begini, ketika TIDAK ADA SEORANG PUN yang mengklik iklan kita, maka bisa dipastikan kita atau publisher bisa tetap mendapatkan uang atas penayangan yang dilakukan Google. Ini sangat menarik. Artinya kita tidak pelu harus capek-capek menunggu orang mengklik iklan yang ada di artikel atau website kita.

Bagaimana cara menghitung pendapatan Page View Google Adsense?? perhatikan perhitunganya saya buat sesederhana mungkin dan teman-teman bisa mencernanya.

Dalam bahasa Inggris : RPM = (Estimated earnings / Number of page views) * 1000

Iklan

Dalam bahasa Indonesia : RPM = (Penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan halaman) * 1.000

Penjelasanya seperti ini : RPM atau jumlah dolar yang kita dapatkan sama dengan (penghasilan taksiran yang kita dapatkan saat ini DIBAGI Berapa jumlah tampilan halaman kita) lalu hasil tersebut dikalikan dengan 1000. Misalkan contohnya lihat gambar di bawah ini :

dapat dolar dari jumlah tampilan iklan

Dari gambar di atas sudah jelas ada nilai RPM nya. Tapi kalau teman-teman mau menghitungnya sendiri dan menganalisa mengapa dan bagaimana cara mengoptimasinya tentu perlu menghitung sendiri. Dengan demikian kita bisa menganalisa iklan-iklan kita. Dan salah satu yang perlu dianalisa adalah ukuran. Itulah sebabnya saya membuat artikel tentang ukuran yang optimal.

Berikut saya kutip pernyataan Google Adsense dari support resmi mereka, supaya teman-teman bisa mengOptimalkan iklan teman-teman dari Ukuran yang sering dan paling tinggi mendapatkan Revenue :

tips ukuran iklan paling optimal

Jelas sekali dikatakan bahwa yang paling efektif adalah iklan dengan ukuran sebagai berikut :

If positioned well, wide ad sizes can increase your earnings significantly. The sizes we’ve found to be the most effective are the 336×280 large rectangle, the 300×250 medium rectangle, the 728×90 leaderboard, the 300×600 half page, and on mobile the 320×100 large mobile banner. Keep in mind that while these ad sizes typically perform well, you should use the size that best complements your pages.

Oke frends, semoga informasi di atas meningkatkan semangat teman-teman dalam mengejar impian melalui Google Adsense. Tetaplah semangat dalam menulis dengan teman yang sangat diminati dan berguna bagi banyak orang.

Dengan kamu menulis hal-hal yang berguna bagi banyak orang, tentu PV atau page View kamu akan semakin tinggi. Dengan demikian, sekalipun kamu tidak memiliki iklan yang langsung di KLIK, kamu tetap mendapatkan dollar yang lumayan.

Iklan

Tentang penulis

Jos Siant

Jos Siant

Saya hanya seorang guru privat matematika dan fisika biasa, yang tidak pernah mengenal kata berhenti dalam belajar. Hobi nulis blog dan ada bisnis internet kecil-kecilan saja, seperti Bisnis Travel Online. Pembuat website terkenal Marketingjoss

Tulis komentar

3 Komentar