Google Adsense

Jenis Tawaran Iklan Adsense: BPK, BPS, BPS Tampilan Aktif, BPKt

Bila Anda menjalankan Adsense, maka pasti Anda tahu ada banyak sekali informasi yang Anda dapatkan melalui dasbor dan laporan Adsense.

Salah satunya adalah laporan seberapa besar pendapatan Anda dari berbagai jenis tawaran iklan yang berbeda. Informasi ini tentu akan sangat membantu membantu Anda dalam melakukan optimasi iklan untuk meningkatkan penghasilan.

Nah, kali ini kita membahas tentang jenis-jenis tawaran iklan Adsense. Siapa yang melakukan penawaran itu dan apa yang terjadi pada masing-masing jenis penawaran tersebut.

Adsense, meski lebih banyak dikenal sebagai ads-network berbasis CPC (cost per click), sebenarnya ia memiliki beberapa jenis tawaran iklan lainnya, yaitu (saya memilih menggunakan istilah dalam Bahasa Indonesia):

– BPK (biaya per klik) – CPC
– BPS (biaya per 1000 impresi) – CPM
– BPS Tampilan Aktif (biaya per 1000 tampilan aktif terlihat)
– BPKt (biaya per keterlibatan) – CPE

Pengiklan (advertiser) menggunakan AdWords untuk menampilkan iklan di website Anda melalui program Adsense. Para pengiklan itulah yang mengambil bagian dari mekanisme lelang, dimana sistem AdWords akan menentukan iklan mana tampil di mana, di situs apa, dengan penargetan apa dan seterusnya.

Tentang jenis-jenis penargetan iklan Adsense, silakan baca: 3 Jenis Penargetan Iklan Adsense.

Sekarang mari kita bahas jenis tawaran Adsense satu per satu:

Biaya per Klik (BPK)

Lebih dikenal dengan istilah CPC (cost per clik) yang artinya biaya per klik, atau dalam perspektif publisher disebut PPC (pay per click) atau bayar per klik.

Ini adalah jenis tawaran pertama dan paling utama pada Adsense, yang biasanya juga paling besar menyumbang pendapatan penayang.

Pada jenis tawaran ini, pengiklan menentukan harga tertinggi untuk klik pada iklan mereka. Bagi publisher, Anda hanya akan mendapat penghasilan jika terjadi klik pada iklan.

Pengiklan menggunakan jenis tawaran ini bila tujuan mereka adalah membawa pengunjung ke website mereka.

BPK sepenuhnya tergantung dari pihak pengiklan, seberapa besar mereka bersedia membayar dan dengan melakukan penargetan tertentu, harga klik akan berbeda-beda, namun tidak akan melebihi harga tertinggi yang telah mereka tentukan. Sebagai patokan dasar, mereka akan bersedia membayar lebih tinggi untuk iklan produk atau layanan berharga mahal.

tawaran cpc

Sebagai publisher, Anda dapat mengetahui berapa besar hasil yang Anda dapat dari iklan dengan tawaran BPK dengan mengklik tab ‘Klik’ pada ‘Laporan Kinerja’. Ini secara otomatis menyaring jenis tawaran BPK dan menampilkan data dari pengunjung situs Anda.

BPS (Biaya per Seribu Impresi)

Dengan jenis tawaran ini, pengiklan menentukan harga tertinggi untuk setiap 1000 tayangan iklan mereka. Berbeda dengan BPK, pengunjung tidak harus mengklik iklan agar Anda memperoleh penghasilan. Jadi yang penting iklan tampil (secara teknis) di blog Anda, maka Anda akan dibayar.

Kenapa saya menambahkan ‘secara teknis’?

Ya, karena memang iklan dengan jenis tawaran ini tidak harus benar-benar terlihat oleh pengunjung.

Bayangkan: pengunjung yang membuka halaman Anda tanpa menggulung layar ke bawah, padahal di bagian bawah artikel ada iklan Adsense yang tampil. Secara teknis, iklan tersebut telah mendapat impresi, karena telah ditayangkan di halaman Anda, meski tidak pernah ‘benar-benar’ dilihat oleh pengunjung.

Pengiklan akan menggunakan jenis tawaran ini, bila tujuannya adalah menampilkan nama atau logo mereka kepada khalayak.

Atau dengan kata lain, mereka sedang berusaha membangun brand awareness.

tawaran jenis bps

Dari halaman Laporan Kinerja, Anda bisa mengetahui seberapa besar hasil yang Anda dapat dari iklan dengan jenis tawaran BPS, dengan mengklik tab ‘Tampilan’.

BPS Tampilan Aktif

Ini adalah jenis tawaran terbaru Adsense yang baru saja diluncurkan beberapa waktu yang lalu. Dan tawaran ini merupakan pengembangan dari jenis BPS di atas.

Sedikit berbeda dengan jenis tawaran BPS, jenis ini tidak cukup dengan iklan tampil ‘secara teknis’, namun harus benar-benar dilihat oleh pengunjung. Dengan kata lain, pengiklan hanya akan membayar, jika iklan mereka terlihat dengan sebenarnya.

Adapun syarat sebuah impresi dikatakan sebagai tampilan aktif adalah:

  • Minimal 50% (pixel) dari iklan terlihat oleh pengunjung pada browser
  • Iklan terlihat paling tidak selama 1 detik

jenis tawaran tampilan aktif

Untuk mengetahui berapa yang diperoleh dari jenis tawaran ini, Anda hanya perlu membuka tab ‘Tampilan Aktif’.

Biaya per Keterlibatan (BPKt)

Dalam istilah bahasa Inggris disebut dengan Cost per Engagement atau CPE. Di sini, pengiklan akan membayar apabila pengunjung melakukan sesuatu, dan sesuatu itu telah dilakukan oleh pengiklan.

Beberapa contoh interaksi yang ditetapkan oleh pengiklan di antaranya:

  • Mengarahkan mouse di atas iklan untuk beberapa lamanya, guna membuka iklan lebih besar (expandable ads)
  • Melakukan polling
  • Melakukan tour terhadap produk atau layanan mereka
  • Memutar iklan video
  • Mendaftar, berlangganan newsletter
  • dan sebagainya…

Intinya pengunjung dituntut terlibat dengan dan melakukan sesuatu dengan iklan mereka.

Biasanya, jenis tawaran ini memberi harga lebih tinggi dari jenis tawaran lain. Bahkan saya pernah mendapatkan nilai per keterlibatan sebesar $14, sebuah nilai yang sangat besar.

BPKt

Untuk melihat berapa yang Anda hasilkan dari jenis tawaran ini, klik tab ‘Keterlibatan’.

Nah, itulah 4 jenis tawaran iklan Adsense yang masing-masing memiliki cara kerja dan besaran penghasilan yang berbeda.

Lalu tawaran mana yang paling besar menyumbang penghasilan bagi penayang Adsense?

Saat ini, BPK masih merupakan sumber pendapatan terbesar, karena mayoritas pengiklan menginginkan trafik ke situs mereka. Setelah itu disusul dengan jenis BPS, diikuti oleh Tampilan Aktif dan BPKt.

Namun demikian, karena tawaran Tampilan Aktif relatif masih sangat baru di Adsense, saya memperkirakan akan memberi hasil lebih besar lagi ke depannya, seiring dengan makin banyaknya pengiklan menggunakan jenis tawaran tersebut.

Urutan kinerja jenis tawaran di atas adalah berdasarkan performa dari blog atau website PortalUang. Nah, bagaimana dengan kinerja di blog Anda? Apakah memberi hasil yang sama? Bagikan melalui komentar.

Dan semoga penjelasan di atas membuat Anda lebih memahami tentang cara kerja dan mekanisme sistem periklanan internet, yang dengan itu, Anda akan mampu melakukan optimasi lebih baik guna meraih penghasilan lebih besar dari Adsense.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

15 Komentar

  • Mending BPK tinggi daripada CTR tinggi
    Kalau BPK Tinggi aman2 saja … Kalau CTR tinggi kadang bikin was was Invalid Click

  • Wah terimakasih banyak mas, informasinya sangat bermanfaat, saya dari kemarin bingung apa maksud BPK tersebut hehe sekarang saya jadi tau
    Terimakasih banyak mas hehehe

  • Boss,,kl cara pindahin akun hosted ke non hosted gmn y,,sy udh liat2 info ,video dsb,,tp kbnykn yg buat bloggrr,,bsa di bantu gk

  • Ha .. ha .. thx bung Gee jhon
    selama ini saya gak paham dengan menu tab adsense diatas … ^_^ yg selalu saya lihat malah cuman tab Click aja …
    soalnya malas baca keterangan / support dari google, kenyataannya kalau yang menjelaskan adalah para blogger … selalu lebih mudah di pahami …

    barusan saya cek … ternyata banyak juga ya hasil dari CPM (100 impresi) …
    pendapatan CPM di blog saya – sekitar 1/3 sampai dari pendapatan CPC (bulan kemarin).
    bulan ini bahkan hampir separuh dari besarnya CPC.

    mungkin hal diatas bergantung juga dari jenis blog dan topiknya ya gan.

  • Terima kasih atas penjelasannya Bang GJ. Terkait dengan posting ini, saya pernah baca kalau dlm channel/web/blog kita muncul iklan (biasanya flash) dgn tanpa muncul url target, itu yg akan menyumbang harga tinggi utk kita, tentunya jk iklan tsb diklik. Menurut Bang GJ bener gak info spt itu? Saya dpt info ini dr sebuah Grup Publisher GA Indo. Trims jawabannya Bang, salam kenal…
    -Seo Blog Info Trend-

%d blogger menyukai ini: