Google Adsense

Mengapa Jumlah Klik pada Ikhtisar Berbeda dengan Tab Klik di Laporan Adsense?

jumlah klik tidak sama di laporan adsense

Tulisan ini berawal dari salah satu thread di IAPD, yang menanyakan mengapa pada laporan Adsense, jumlah klik pada ikhtisar berbeda dengan jumlah yang tampil di tab Klik.

Sebenarnya, jika Anda telah memahami jenis-jenis penawaran iklan Adsense, seharusnya Anda telah memahami mengapa ada perbedaan ini. Yaitu dikarenakan tidak semua klik berasal dari jenis tawaran BPK.

Tapi, untuk membuatnya lebih jelas saya coba menguraikannya lagi di artikel ini.

Lihat gambar laporan akun Adsense saya kemarin.

ikhtisar

laporan bpk adsense

Seperti terlihat pada tab Ikhtisar, jumlah klik adalah 1.098, sedangkan pada tab Klik, jumlah klik hanya 1.091. Jadi ada selisih sebanyak 7 klik.

Lalu dari mana selisih 7 klik tersebut? 

Seperti telah saya jelaskan di atas, klik itu BUKAN berasal dari jenis tawaran BPK. Setiap tab laporan, yaitu: Klik, Tampilan, Tayangkan AktifKeterlibatan dan Konten yang sesuai adalah jenis-jenis tawaran berbeda yang ada di Adsense. Dengan kata lain, ketika kita membuka tab Klik, maka sesungguhnya kita hanya menerapkan filter untuk mengetahui rincian pendapatan dari iklan dengan jenis tawaran BPK, dan seterusnya.

Sedangkan hanya satu saja jenis tawaran yang berlaku pada satu unit iklan yang tampil di Adsense. Jadi ketika misalnya, iklan yang tampil di blog Anda adalah BPS (tampilan), maka Anda akan dibayar tanpa harus terjadi klik, sehingga pendapatan itu masuk ke tab Tayangan.

Namun, meski demikian iklan BPS tadi itu ternyata juga diklik oleh pengunjung. Maka jumlah klik tetap terhitung, tapi tidak masuk ke laporan pada tab BPK.

Untuk lebih jelasnya, silakan buka: Laporan lanjutan >> Jenis tawaran. Maka semuanya menjadi lebih jelas.

laporan jenis tawaran iklan adsense

Lihat pada baris Tawaran BPK ada 1.091 klik, sedangkan sisa sebanyak 7 klik adalah berasal dari jenis Tawaran BPS dan Tawaran BPKt. Jadi sekarang total klik pada Total di bawah menjadi sama dengan yang tampil pada tab Ikhtisar, yaitu sebanyak 1.098.

Nah, sudah gamblang semuanya bukan? Yang jelas itu bukan berasal dari bom klik, klik tidak valid atau apapun lainnya, melainkan karena klik terjadi pada iklan dari jenis tawaran berbeda.

Semoga dengan lebih memahami angka-angka pada laporan Adsense, mampu membuat kita lebih memahami pula mana yang bekerja baik dan mana yang tidak. Yang pada ujungnya kita mampu melakukan optimasi iklan Adsense dengan lebih baik, muaranya: pendapatan Adsense yang optimal.

Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

10 Komentar

  • saya gak ngerti gan, baru aja lolos adsense sepenuhnya. Saya mau lihat total penghasilannya, saya sudah klik laporan kerja > jenis laporan product > filter adsense untuk kontent, lalu saya tidak melihat tab untuk total penghasilan. Yang ada hanya :
    Penghasilan tertaksir
    Rp8.493
    Tampilan laman
    101
    Tayangan
    262
    Klik
    3
    RPM Laman
    Rp84.088
    PPS Tayangan
    Rp32.416
    Tampilan Aktif Dapat Dilihat
    53,41%
    dimana lihat untuk penghasilannya ya? yang bisa bantu smoga rezekinya lancar..amin..hehee

    • untuk penghasilan pasti belum tau mbak, nanti akan terlihat Riwayat transaksi karena nanti dicek apakah ada klik invalid. untuk sementara lihat di beranda atau Penghasilan tertaksir

  • mas saya bingung banget, waktu ini saya daftar blog saya yang berumur sekitar 4 blan, waktu itu belum ada tmbol daftar di blogger, tapi saya udah daftarkan karena saya pake domain TLD. review tahap satu saya diterima. langsung disuruh taruh iklan, tapi pas saya klik “iklan saya” ada bcaan kesalahan, dan akan diselesaikan oleh teknisi. Sudah 4 hari saya cek tetep tidak bisa pasang iklan. Akhirnya saya liat di produk lainnya, disana ada pemasangan konten, game dan vidio, saya klik pmasangan konten. Baru akhirnya saya bisa pasang iklan. Tapi di bogger masih ada bacaan daftar adsense, dan tidak ada suruhan untuk menampilkan iklan dimana. Saya hanya dapat 1 pesan dari adsense. dan saat pemasangan iklan, saya lihat ada 4 jumlah klik. Tapi penghasilan taksirannya hanya Rp 61.

    Seperti di bawah ini mas…
    Penghasilan tertaksir
    Rp61
    Tampilan laman
    25
    Tayangan
    48
    Klik
    4
    RPM Laman
    Rp2.434
    PPS Tayangan
    Rp1.268
    Tampilan Aktif Dapat Dilihat
    65,96%

    saya masih menjalani review tahap 2, dan saya merasa ada yang aneh tidak seperti teman-teman lainnya. Apa yang hars saya lakukan mas ? Tolong kasi solusi ya 🙁 Apa saya sengajakan agar ditolak dan daftar menggunakan email lain atau gemana mas.. ? tlong dibls ya mas.

  • Benar – benar web ini sangat berbagi ilmu adsense, Makasih banyak Bro Gee Jhon, saya sungguh dapat banyak pengertian gara – gara membaca portal uang. Niat anda baik sekali, Sukses selalu buat anda juga ya Bro Gee Jhon. Penjelasannya sangat detail dan dapat dimengerti, Luar biasa.

  • maaf mas saya baru sebulan diterima jadi pub adsense google tepatnya tgl 19 oktober,,,nah yang ingin sy tanya tgl 24,25.26 bulan november saya dapat klik tapi diawal bulan disaldo berjalan ko penghasilannya ga sesuai…mohon jwabanya mas..

    • maksudnya tidak sesuai spt apa? Apakah ada perbedaan antara pendapatan tektasir dan pendapatan akhir yg masuk ke pembayaran? Jika itu yg dimaksud, itu adalah hal biasa. dan klo dilihat pada halaman pembayaran, maka ada rinciannya.

%d blogger menyukai ini: