Desain Blog

Sudahkah Homepage Blog Anda Melakukan Tugasnya?

Diibaratkan sebuah toko, homepage blog atau halaman depan blog merupakan etalase dari seluruh isi blog Anda. Ia perlu didesain dengan baik, dan yang terpenting menyajikan informasi yang lengkap kepada pengunjung, tentang apa sebenarnya yang disajikan di blog Anda.

Halaman depan yang bagus, memberi peluang menjadi ribuan pengunjung yang datang menjadi pembaca setia atau pelanggan, selain juga mampu memperkecil nilai bounce rate.

Nah, berikut adalah karakteristik dari sebuah halaman depan blog yang baik:

Menjelaskan tentang seluruh konten blog

Halaman depan harus bisa memberi informasi akurat dan dengan jelas memberi gambaran konten apa yang disajikan atau pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang bisa pengunjung temukan di blog tersebut.

Ini bisa dilakukan, salah satunya dengan membuat tagline yang deskriptif di bawah logo blog atau di bagian atas. Buatlah 1 atau 2 kalimat yang menjelaskan konten Anda kepada pembaca. Sebagai contoh, saya menggunakan kalimat “Panduan & Tips Menghasilkan Uang dari Internet” sebagai tagline portal-uang.

Navigasi yang mudah

Ini harus menjadi prioritas utama bagi semua blogger. Homepage adalah halaman pertama yang akan mengantarkan pengunjung ke halaman atau konten lainnya di blog Anda.

Karenanya, kemudahan navigasi menjadi salah satu ciri utama bagi sebuah halaman depan yang didesain dengan baik. Ia harus menyediakan desain menu yang baik, menampilkan beberapa pos terakhir juga akan membantu, begitu juga dengan kotak pencarian. Entri populer, daftar kategori atau tag juga akan banyak membantu pengunjung menemukan apa yang mereka butuhkan.

Desain responsif

Sejak April 2015, Google telah mengumumkan bahwa tampilan yang mobile-friendly akan menjadi faktor penting dalam persaingan di mesin pencari. Karena itu, desain web yang responsif akan mendapat ranking lebih baik dibandingkan yang tidak.

Hal ini disebabkan karena 30% pencarian dilakukan melalui perangkat mobile, karena itu menggunakan desain responsif sudah menjadi keharusan saat ini.

Jangan kotori dengan iklan dan penawaran komersial lainnya

Biarkan halaman depan dipenuhi dengan informasi sebanyak-banyaknya dari konten Anda lainnya. Jangan kotori halaman depan dengan seabrek iklan atau penawaran komersial lainnya.

Saya sendiri memilih hanya menampilkan 1 unit iklan di sidebar pada halaman depan demi menjaga homepage tetap bersih dan berisi sebanyak-banyak informasi yang mungkin berguna bagi pembaca.

Cukup cepat dimuat

Biasanya halaman depan menjadi halaman paling lambat untuk dimuat penuh, padahal seharusnya halaman depan harus bisa dimuat atau ditampilkan dengan cepat. Jangan biarkan pengunjung keburu kesal karena menunggu halaman ditampilkan depan secara penuh, lalu mereka memilih meninggalkan blog Anda.

Memang kecepatan sebuah blog menjadi faktor sangat penting secara keseluruhan, bukan hanya untuk halaman depan. Namun, halaman depan sudah seharusnya mendapat prioritas utama dalam urusan kecepatan ini.

Buang saja semua elemen yang tidak perlu, biarkan homepage tetap bersih sehingga bisa dimuat kurang dari 5 detik!

Nah, itulah beberapa karateristik dari sebuah halaman depan blog yang baik. Lebih jauh tentang bagaimana membuat homepage yang bagus, silakan baca: Tips Membuat Homepage Blog yang Bagus.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

5 Komentar