WordPress

Cara Optimasi SEO dengan Alternative Text Gambar

Gambar yang relevan dan menarik dapat membuat pembaca menjadi betah, dan tidak bosan ketika membaca artikel sampai selesai. Dan yang tidak kalah pentingnya, yaitu optimasi SEO dengan menambahkan alternative text pada gambar. Dengan menambahkan judul dan alternative text pada gambar, dapat membuat artikel dan website menjadi lebih SEO friendly.

Salah satu sumber trafik pengunjung adalah dari pencarian gambar. Oleh karena itu gambar pada artikel perlu diberikan judul dan alternative text yang tepat, sehingga dapat ditemukan pada mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya, yang kemudian dari gambar tersebut memberikan trafik ke situs yang kita miliki.

Iklan

Namun terkadang ketika menambahkan gambar pada artikel, sering kali terlupakan memberikan judul dan alternative text pada gambar. Hal ini bukan berarti penulis artikel tidak mengetahui fungsi tersebut, tetapi memang terlewatkan. Kejadian ini bisa dihindari, dengan cara membuat judul gambar dan alternative text, yang dibuat secara otomatis pada WordPress.

Cara optimasi SEO dengan judul gambar dan alternative text, yang dibuat secara otomatis pada WordPress, dapat dilakukan dengan menggunakan plugin Format Media Titles. Dengan bantuan plugin ini judul dan alternative text bisa secara otomatis, dengan cara mengambil dari nama file gambar tersebut.

Cara optimasi SEO dengan alternative text gambar

Cara optimasi SEO dengan alternative text gambar

Setelah plugin berhasil dipasang dan diaktifkan, pilih Pengaturan, lalu pilih Format Media Titles.

Iklan

Pada pilihan Remove Characters, ceklist pada kotak Hyphen (-) yang fungsinya membuang tanda penghubung (-), dan ceklist juga pilihan Underscore (_) untuk menghilangkan underscore.

Pada opsi Capitalization Method, pilih Capitalize First Word Only, dan terakhir pada pilihan Misc Options, pilih Add Title to ‘Alternative Text’ Field? untuk mengisi alternative text secara otomatis.

Dengan konfigurasi di atas, judul dan alternative text akan secara otomatis terisi dengan mengambil nama file gambar. Dengan catatan nama file gambar tersebut relevan dengan artikelnya.

Nah, sekarang dengan plugin Format Media Titles, kita tidak khawatir lagi mengenai pemberian judul dan alternative text yang diunggah pada setiap artikel, tentu saja diharapkan hal ini menjadikan optimasi SEO blog menjadi lebih baik.

Iklan

Tentang penulis

Naryosket

Naryosket

Desainer grafis tinggal dan bekerja di Jakarta.

Tulis komentar

1 komentar

%d blogger menyukai ini: