Lain-lain

Hal yang Saya Raih dan Pelajari tentang Blogging di Tahun 2015

pelajaran blogging 2015
Ditulis oleh Gee Jhon

Beberapa hari lagi pergantian tahun. Sebagai blogger, ada banyak rencana dan hal yang saya lakukan di 2015. Sebagian telah tercapai, sebagian lagi belum. Sebagian telah dilakukan, tapi masih banyak lagi yang bahkan belum dimulai.

Masih ingat pertama kali coba-coba membuat blog di tahun 2010 lalu, ada begitu banyak pelajaran yang saya dapatkan. Tentang internet marketing, tentang membangun website, tentang periklanan internet, tentang dunia blogging itu sendiri.

Namun begitu, 2015, bisa dikatakan adalah tahun yang cukup istimewa bagi saya. Karena beberapa rencana dan ‘impian’ saya, nyatanya baru bisa saya raih di tahun ini.

Dan berikut adalah hal yang saya raih di tahun 2015, apa saja yang telah saya lakukan, pelajaran penting apa yang saya dapatkan dan rencana-rencana yang ingin saya lakukan atau saya kembangkan di tahun yang sebentar lagi menjelang: tahun 2016! Semoga bisa memberi pelajaran untuk Anda yang sama-sama sedang mengejar impian menjadi seorang blogger yang sukses.

1. WordPress is the best!

Sesungguhnya saya telah mengenal WordPress sejak pertama kali mengenal blogging itu sendiri. Blog pertama saya, juga saya buat di WordPress.com, dengan alamat loveofgeenox.wordpress.com, yang telah saya hapus sejak lama di tahun 2011 lalu.

Kemudian saya banyak menulis di HubPages, MoveableType dan beberapa platform blog lainnya dan terakhir menggunakan Blogger.

Saya tahu, ada kekurangan dan kelebihannya sendiri dari tiap-tiap aplikasi blogging yang ada, namun dengan banyaknya forum (komunitas untuk belajar) dan fitur-fitur yang disediakan, tidak ragu lagi saya mengatakan bahwa WordPress is the best! WordPress yang saya maksud di sini adalah WordPress dengan self-hosting atau WordPress.org, bukan WordPress.com.

Dan hal itu tidak benar-benar saya sadari sepenuhnya sebelum 2015 ini.

Sejak saya membangun erudisi.com di bulan Mei lalu, akhirnya saya memutuskan untuk migrasi semua blog yang saya kelola ke WordPress. Dengan seluruh kelebihannya, sebuah blog yang dibangun dengan WordPress memiliki potensi untuk dikembangkan lebih jauh. Itu tidak bisa Anda lakukan, dengan menggunakan platform gratisan, semisal Blogger misalnya.

Karena itu jika serius membangun blog yang berhasil, dan saat ini belum memanfaatkan WordPress, sebaiknya pertimbangkan untuk migrasikan blog Anda secepatnya.

Anda harus mulai serius berinvestasi untuk perkembangan blog Anda dengan sewa hosting dan domain sendiri. Itu adalah investasi paling penting, bila Anda benar-benar serius membawa blog Anda ke level yang lebih tinggi.

Dengan biaya hosting yang semakin murah, mulai dari [eafl id=2122 name=”DewaWeb” text=”15 ribuan per bulan”], Anda sudah bisa mengelola blog WordPress, dan mulai memanfaatkan kekuatan blogging secara maksimal.

2. Penghasilan yang ‘memuaskan’

Mungkin agak berlebihan jika saya katakan memuaskan, karena sifat dasar manusia memang tidak akan pernah puas dengan apa yang telah dicapai. Namun paling tidak, impian saya bisa menghasilkan uang dari blog dengan nominal yang tidak hanya cukup membeli kopi peneman saat menulis, baru terwujud di tahun ini.

Google Adsense

Butuh 8 bulan bagi saya untuk meraih $100 pertama dari Adsense. Butuh 6 bulan tambahan untuk bisa PO tiap bulan. Dan akhirnya butuh 4 tahun, untuk meraih $1000 dari Adsense, dan itu saya raih di tahun 2015.

Pertama kalinya saya mampu mengumpulkan $1000/bulan dari Adsense adalah di bulan September lalu, dan di penghujung tahun ini saya mampu mengumpulkan $1.700. Impian sejak lama, baru terwujud di tahun ini, itulah mengapa di awal saya katakan bahwa 2015 adalah tahun istimewa bagi saya sebagai blogger.

Afiliasi

Di tahun ini pula, saya benar-benar dapat merasakan hasil dari program afiliasi. Meski belum sebesar hasil dari Google Adsense, saya anggap pendapatan afiliasi yang saya jalankan cukup memuaskan.

Iklan Mandiri

Sejak awal 2015, saya berhasil mendapatkan beberapa pengiklan langsung yang tertarik memasang iklan di beberapa blog yang saya kelola, termasuk di PortalUang ini.

Satu pelajaran penting yang saya dapatkan, bahwa untuk bisa menjalankan iklan mandiri, butuh kerja keras lebih. Dan meski telah saya usahakan 3 tahun lalu, lagi-lagi, baru di tahun 2015 ini saya bisa memetik hasilnya.

Jaringan iklan

Satu lagi terkait urusan penghasilan dari blog, yaitu bahwa ternyata ada begitu banyak peluang selain Adsense, yang sangat layak untuk dilakukan. Bahwa Google Adsense, bukanlah satu-satunya peluang hebat menghasilkan uang dari blog dengan menjual space iklan.

Saya juga mempelajari dan menemukan bahwa ada banyak cara untuk memonetisasi blog dari industri periklanan. Beberapa di antaranya:

  • Iklan inline-text
  • Iklan captcha
  • Iklan games
  • Iklan artikel terkait

Dan banyak lagi model periklanan yang selama ini luput dari perhatian atau karena saya memang belum mengetahuinya. Dan di tahun 2015 ini adalah tahun penuh pembelajaran, bahwa ternyata ada banyak sekali peluang selain Adsense.

3. Multi-Author

Ada pepatah mengatakan, segalanya akan lebih ringan jika dilakukan bersama-sama. Itulah yang coba saya bangun di tahun 2015 ini.

Sejak awal dibangun, erudisi.com memang sudah saya maksudkan untuk dikelola bersama-sama dengan banyak penulis, dan sampai saat ini, meski masih belum memberi kontribusi terlalu banyak, saya anggap perkembangannya masih cukup baik.

Dengan aturan dan pembagian hak dan kewajiban yang baik, dengan menjaga kepercayaan, dan sebaik-baiknya memegang prinsip keadilan, sebuah blog multi-author memiliki kekuatan luar biasa untuk berkembang lebih cepat dibanding jika hanya dibangun seorang diri. Anda harus mulai mencobanya!

4. Reward, Reward, Reward

Saya merasa telah cukup menerima banyak dari blog yang saya miliki. Tentu saja saya menerima semua itu dari Anda, pengunjung dan pembaca yang setia memberi semangat dan terus memperkaya blog ini.

Karena itulah di tahun ini, saya banyak meluncurkan program reward untuk Anda (berbeda-beda di beberapa blog yang saya kelola).

Sebagai contoh, bagi Anda pembaca PortalUang, Anda bisa mendapatkan berbagai reward dengan melakukan banyak hal di PortalUang. Bahkan hanya dengan mengirimkan atau membalas komentar, berkunjung dan membaca artikel, menulis artikel, membuat topik dan menjawab pertanyaan di forum, Anda berhak mendapat reward. Yang nantinya reward tersebut dapat Anda kumpulkan dan jika telah mencapai nilai minimal, Anda dapat melakukan withdraw dan reward akan dibayarkan.

Di tahun depan, saya akan terus meluncurkan program-program reward baru lainnya. Saya telah menerima banyak, tentu saya ingin memberi banyak pula untuk Anda.

5. Harapan dan impian

Masih banyak harapan dan impian yang belum saya raih. Masih banyak pula rencana-rencana yang sampai saat ini masih hanya sebatas wacana. Seperti misalnya, mampu membayarkan reward kepada pembaca PortalUang sebesar $1.000 per bulan. Semoga harapan-harapan tersebut dapat tercapai di tahun depan.

Menyongsong tahun 2016 yang sebentar lagi kita jelang, saya memiliki optimisme tinggi bahwa kita (sebagai blogger) akan mampu meraih semuanya.

Nah, itulah beberapa hal yang telah saya raih, pelajari dan lakukan sebagai blogger di tahun 2015. 

Sekarang giliran Anda. Apa yang telah dan belum Anda lakukan di tahun 2015? Apa pelajaran terbaik yang Anda dapatkan di tahun ini? Apa pula harapan Anda di tahun 2016 nanti?

Bagikan melalui komentar. Dan bagikan pula artikel ini kepada teman-teman Anda, jika Anda rasa cukup bermanfaat untuk dibagikan.

Selamat Hari Natal (bagi Anda yang merayakannya), dan Selamat Tahun Baru 2016. Semoga harapan kita bersama dapat terwujud di tahun depan. Amin….

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

17 Komentar

  • Wah saya masih belum bisa dapat apa pun dari blog (uang). Itu karena saya belum daftar ppc atau alifasi.

    rekening saja belum punya..(<17 tahun) tapi setelah membaca bahwa mas dapat 1000$ dari blog saya menjadi bersemangat.

    terima kasih infonya.

  • dari tulisan ini saya bisa menarik kesimpulan bahwa untuk sukses bisa memperoleh penghasilan yang memuaskan butuh waktu yang tidak singkat.. saya juga semakin yakin agar bisa migrasi ke wordpress secepatnya..

  • Keren, saya juga dulu belajar ngeblog doang tanpa mikirin uang 2 taun mas dari blogspot lalu pindah ke WP, kalau untuk urusan Adsense tahun ini menjadi yang terbaik dibanding tahun sebelumnya, cuma sayang sempat kena disable 2 bulan dan mulai merangkak lagi akhir bulan ini setelah banding diterima 🙂 moga 2016 bisa lebih baik

    Dan memang betul masih banyak alternatif selain Adsense, pas saya kena disable sempat coba2 yang lain tapi karena banding diterima ya balik ke adsense lagi deh hehe
    Sukses mas 😀

  • Artikel yang sangat menginisfirasi saya, saya baru 8 bulan mas, menjalankan sebagi blogger, ya mudah – mudahan bisa seperti mas, Gee Jhon..terima kasih

  • menggertak hati mas, keren sekali. memang tidak semudah dibayangkan, bahkan saya merasa perjalanan saya belum sampe setengahnya meskipun sudah giat ngeblog 5 bulan. Mungkin beberapa bulan mendatang saya akan mempertimbangkan untuk migrasi juga ke wordpress self hosted. thanks motivasinya komandan !

  • Perjalanan yang panjang dan tentunya penuh dengan suka duka ya Mas Gee,?. Kini saya semakin faham bahwa tidaklah mudah untuk menjadi blogger yang bisa selalu eksis, dan bisa mendapatkan hasil yang bisa diandalkan. Sangat menginspirasi mas, terima kasih telah berbagi. Sukses selalu Amiin.

    • Ya begitulah bos Isrofi. Memang tidak mudah, tapi yakin semua bisa bila bersungguh-sungguh dan tidak menyerah. Terima kasih banyak atas dukungannya terhadap PortalUang. Sukses selalu juga untuk kita semua. Aminn…

  • Beruntung saya bisa mengenal Bung Jhon melalui portal uang ini. Sampai saat ini saya belum pernah merealisasikan blog dan menulis untuk blog, dan tulisan tulisan Bung Jhon membuat saya semangat untuk tetap belajar dan belajar.
    Ada penghargaan uang atas pencapaian usaha bung selama ini dan ada juga peningkatan pengalaman yang pastinya membawa Bung di level yang berbeda dari tahun tahun yang lalu. Satu hal yang ingin saya sharing dengan Bung -entah sadar atau tidak- yang Bung lakukan selama ini, telah memberi inspirasi dan semangat bagi saya untuk tetap berkarya, berusaha dan berproduksi. Hal ini melampaui reward uang dan pengalaman yang Bung dapatkan selama ini. Harapan saya, Bung terus melakukan hal yang sama di masa yang akan datang. Terimakasih Bung, salam sejahtera buat Bung dan keluarga, selamat Tahun Baru 2016.

    • Sy bersyukur jika memang tulisan2 sy bisa menginspirasi, dan tentu saja sy akan tetap berusaha terus berbagai apa semampunya. terima kasih kembali atas apresiasinya bos Tambunan. mat tahun baru juga. 🙂