Google Adsense

Inilah Penerapan Iklan Adsense Terbaik yang Saya Gunakan

Selama 5 tahun menjalankan Adsense, saya telah banyak sekali (mungkin ratusan kali) melakukan berbagai eksperimen dalam penerapan iklan Adsense.

Mulai dari ukuran, gaya tampilan, posisi, halaman pos dan laman, pada kategori berbeda, homepage, forum dan banyak lagi. Dan jika Anda telah cukup lama mengikuti PortalUang, pasti Anda temukan banyak eksperimen yang saya bagikan selama ini.

Nah, kali ini saya ingin membagikan hasil eksperimen yang selama 2 bulan terakhir saya terapkan di blog ini. Penempatan ini saya anggap (sampai saat artikel ini ditulis), merupakan penerapan terbaik dari banyak eksperimen yang telah saya lakukan.

Tentu, penerapan ini tidak serta-merta bisa Anda terapkan di blog Anda dan meraih hasil yang sama. Karena setiap blog punya desain, layout dan karakteristik berbeda. Tapi paling tidak, saya berharap ini dapat menjadi acuan awal Anda dalam melakukan eskperimen sampai Anda temukan implementasi terbaik di blog Anda sendiri.

Bila Anda memiliki setting terbaik dalam penerapan iklan Adsense, silakan berbagi melalui komentar.

Dan berikut penerapan iklan terbaik di PortalUang, yang dengannya saya mampu menaikkan pendapatan sebesar 32% lebih dari sebelumnya.

Pengaturan umum

  • Membuang sama sekali iklan di header dan footer.
  • Mengatur warna (judul, URL, latar belakang, garis batas dan huruf) selaras dengan desain blog keseluruhan sehingga tampilan iklan tampak menyatu.
  • Melepaskan semua blokir iklan, baik berdasarkan URL pengiklan maupun ads-network.
  • Mengatur semua unit menampilkan iklan gambar dan teks.
  • Menggunakan unit responsive dengan pengaturan lanjutan.

Homepage

Di halaman depan, saya hanya menyisakan 1 unit 300×600 di sidebar. Karena dari berbagai eksperimen, iklan di homepage, seperti di antara daftar pos, header dan footer, sama sekali tidak efektif.

Juga merupakan hal bagus, bila homepage dibiarkan tetap bersih dan sebanyak-banyaknya menyediakan navigasi ke seluruh konten yang Anda miliki.

Laman statis

Secara umum, di laman statis saya hanya memasang 1 unit 300×250 di sidebar, seperti pada halaman kebijakan privasi, about dan sebagainya.

Pada laman statis tertentu, yang berisi informasi dan memiliki teks cukup banyak, beberapa saya tempatkan 1 unit tambahan di paragraf ketiga.

Laman pos

Untuk laman pos, dari maksimal 3 unit konten yang dibolehkan, semuanya saya tempatkan di dalam konten. Ini hal terpenting.

Penempatan iklan terbaik adalah di dalam konten!

Kenapa? Karena paling memungkinkan untuk dilihat oleh pengunjung. Bukankah agar iklan diklik, ia harus terlihat lebih dulu?

Iklan di header, tidak banyak membantu, karena seringkali luput dari perhatian. Dari banyak eksperimen, saya menemukan iklan di header hanya mendapat nilai tampilan aktif kurang dari 30%. Artinya dari 100 kali penayangan hanya 30 saja di antaranya yang benar-benar dilihat oleh pengunjung. Ini adalah hal wajar, karena pembaca cenderung ingin langsung menuju ke konten.

Iklan di sidebar, juga tidak berbeda jauh, bahkan lebih buruk lagi. Dengan semakin meningkatnya pengguna perangkat mobile (tablet, smartphone), sidebar akan muncul paling bawah, yang mengharuskan pembaca menggulung layar berkali-kali untuk menemukannya.

Apalagi jika artikel telah memiliki cukup banyak komentar, maka iklan Anda di sidebar akan berada 50 meter di bawah konten. Bagaimana ia akan terlihat. Sekali lagi, silakan Anda pelajari angka tampilan aktif di laporan Adsense untuk mengkonfirmasi hasil analisa saya.

Untuk itu, sekali lagi saya sampaikan: penempatan iklan terbaik adalah di dalam konten!

Dengan alasan-alasan di atas, berikut pengaturan (setting) penempatan iklan Adsense di PortalUang.

Unit konten

– 1 unit di paragraf ke-3 dari atas pada pos dengan jumlah minimal 200 kata.

– 1 unit di paragraf ke-8 dari atas pada pos dengan jumlah minimal 12 paragraf.

– 1 unit di akhir konten.

Semuanya menggunakan unit responsive dengan format = rectangle dan perataan center (tengah). Saya berkali-kali membuktikan dengan banyak eksperimen, bahwa iklan di tengah-tengah (meski terlihat agresif) memberi kinerja lebih baik dibanding iklan dengan float-left atau float-right.

Hal ini juga bisa dimaklumi, karena ketika pengunjung sedang asyik membaca, mereka cenderung akan melewati iklan yang rata kiri/kanan, sehingga luput dari perhatian. Tidak demikian jika ditempatkan di tengah-tengah tanpa wrapping text di sekelilingnya, iklan, mau tidak mau akan terlihat dan mendapat perhatian. Inilah yang kemudian membuatnya memberi hasil yang lebih baik.

Bila Anda tetap ingin menempatkan iklan float, pastikan agar hanya tampil pada desktop, dan buatlah unit baru lainnya khusus untuk tampilan mobile dengan perataan tengah. Iklan float, akan tampil buruk pada layar kecil.

Unit tautan teks

Saya menggunakan 2 unit tautan teks:

– 1 unit ukuran 468×15 pada paragraf 15 jika jumlah paragraf minimal 20 paragraf.

– 1 unit 200×90 sebelum paragraf ke-4 dari bawah untuk pos dengan minimal 250 kata.

Unit konten tersesuai (matched content)

Unit matched content saya tempatkan di sidebar dengan ukuran 300 x 600px. Meski tujuan utamanya adalah sebagai navigasi, namun tidak jarang menampilkan link ke iklan. Namun karena pada laporan kinerja di akun Adsense tidak ada rincian pendapatan dari jenis ini, saya masih belum yakin dengan kinerja unit ini dalam menyumbang pendapatan.


Nah, itulah penempatan dan setting iklan Adsense yang saya terapkan di PortalUang, yang sampai saat ini masih saya anggap sebagai setting terbaik yang memberi hasil paling optimal.

Silakan Anda jadikan acuan dalam melakukan eksperimen Anda sendiri. Ingat, salah satu faktor penentu keberhasilan Anda dalam menjalankan Google Adsense adalah dengan selalu melakukan monitoring dan optimasi iklan sampai Anda benar-benar menemukan setting terbaik.

Bila Anda telah melakukannya, tunggu paling tidak 2 minggu ke depan, kembalilah ke halaman ini, dan sampaikan hasilnya melalui komentar. Saya ingin sekali mendengar hasil eksperimen Anda.

Jika ada hal yang kurang dimengerti silakan bertanya. Bila telah memahami, take action sekarang juga! Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

65 Komentar

  • Mastah, untuk penempatan iklan adakah aturan batas maksimal jenis unit iklan? misal iklan dengan ukuran dan tipe yang sama (sebut saja ukuran 300 x 250 text dan gambar) bolehkan ditempatkan dalam artikel

  • Bener juga kak..harus dicoba satu persatu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan maksimal..makasih kak info dan sharingnya..

  • tolong dijawab mas gee..
    untuk dipostingan mas gee ini saya liat ada 5 adsense..
    apa itu ga masalah ya ?

    saya baca di aturan google cuma 3…
    maaf nubie..jadi belum paham bener..

  • Mas…kok di situs ini terlihat ada 8 iklan google.
    1 di header. 6 di dalam artikel dan 1 lagi di bawah.
    Apakah semua iklan dari adsen?
    Mohon informasinya

  • mas saya pake blogspot… saya keliling2 gak dapet kode penempatan iklan di paragraf yang kita inginkan.. maunya saya pasang di bawah paragraf pertama/diatas paragraf ke 2, ditengah, dan di akhir.. saya bingung gak ketemu2 kodenya mas. apa mas Gee tau ? Minta bantuannya mas…

      • misalnya saya meletakkan unit iklan tautan di bawah judul. itu kan cukup kecil tidak terlalu besar mengambil ruang… di dalam tampilan mobile terlihat judul artikel dan sedikit isi artikel… apakah itu melanggar tos mas gee ? apa itu termasuk mendorong konten ke bawah…? apakah yang mendorong konten ke bawah itu yang sama sekali tidak memperlihatkan isi artikel ? minta pencerahannya mas gee…

  • Terima kasih pak atas artikelnya…saran penempatan di dalam artikel saya coba di blog saya… namun baru satu yang saya pindah yaitu iklan ditengah artikel tepatnya di paragraph ke-3…hasilnya bagus..klik dari yg tadinya setiap hari antara ada dan tiada..sekarang selalu ada walau masih 1-2…
    mungkin berikutnya akan saya coba pindah iklan di bawah artikel (footer) ke dalam artikel…namun saya masih ragu apakah akan terlalu banyak iklan di dalam artikel (berarti 2 iklan konten + 2 iklan tautan).

  • Hai hai mas bro Gee… Wah sekarang web portal uang makin keren aja nih… Setelah saya baca habis artikel plus semua komentar yang ada, saya mau tanya nih mas, mas Gee kan bilang kalau pasang iklan :

    – 1 unit di paragraf ke-3 dari atas pada pos dengan jumlah minimal 200 kata.
    – 1 unit di paragraf ke-8 dari atas pada pos dengan jumlah minimal 12 paragraf.
    – 1 unit di akhir konten.
    – 1 unit ukuran 468×15 pada paragraf 15 jika jumlah paragraf minimal 20 paragraf.
    – 1 unit 200×90 sebelum paragraf ke-4 dari bawah untuk pos dengan minimal 250 kata.

    Apakah itu semua dipasang menggunakan plug in ads-inserter? Yang alamatnya di sini ya mas hxxps://wordpress.org/plugins/ad-inserter/ ? Soalnya kalau dipasang manual satu-satu tentu lebih merepotkan, apalagi kalau artikelnya sudah sampai ratusan…

    Terimakasih atas jawabannya ya mas. Salam sukses!

  • Bila Anda tetap ingin menempatkan iklan float, pastikan agar “hanya tampil pada desktop”, dan buatlah unit baru lainnya khusus untuk tampilan mobile dengan perataan tengah.

    Boleh saya tanya agar hanya tampil pada dekstop kode HTMLnya bagaimana ya mas?

  • Apakah bermasalah dgn adsense jika satu halaman pos banyak mengandung link untuk menuju ke artikel lainnya..
    contohnya daftar isi saya buat dalam 1 pos bukan laman dan setiap judul artikel yg ada di daftar isi disertai link utk menuju artikel yg ingin dibaca pengunjung?
    Apakah cara ini salah? karna saya baru mau daftar adsense takutnya hal ini bisa jdi masalah.. dan berakibat ditolak..

  • mas kalo blog ini pasang iklannya pake cara manual ato pake plugin? saya jadi kepengen menerapkan iklan kaya blognya mas ini. kebetulan saya baru migrasi ke wp, dan masih bingung dalam penerapan iklan-nya.

      • oh iya sudah bisa mas.hehe
        mau tanya lagi mas, untuk penempatan iklan dibawah artikel, punya saya malah di atas iklan nya ada menu share button, nah biar share button-nya berada dibawah iklan gimana ya?

  • Bagaimana kalo sudah terlanjur menggunakan plugin adsense, web sy pake wordpress, sy mau hapus plugin tersebut tapi khawatir ada efek gonta-ganti iklan, mohon saran bos.

    • Saran saya sih copot saja plugin adsense-nya, ganti dengan plugin penerapan iklan lainnya, sy rekomen Ads-Inserter, karena fiturnya cukup banyak dan mudah digunakan.

  • salam kenal bang jhon…adsense sy baru disetujui 2bln lalu.tp blm ada penghasilan krna memang visitor masih sedikit sekali…tp sy terus belajar ningkatin visitor dengan artikel2 di blog ini..sukses selalu bang..

  • Mas, saya menggunakan template blog yang sempit (728×90). setelah saya pasang iklan 300×250 ada bagian sebelah kanan yang terpotong di tampilan preview blogspot. pertanyaan saya :
    1. Apakah itu tidak melanggar kebijakan google adsense?
    2. Apakah template sempit bisa diupayakan iklan 300×250,dibuat rata kanan agar tidak terpotong?

    • jgn dilihat di preview, tapi lihat di live aja, krn kadang preview tdk sama saat dilihat yg sebenarnya. tapi kalau memang ada bagian iklan yg tertutup, ya betul, itu melanggar kebijakan adsense. sy agak kurang paham dg pertanyaan yg no.2.

  • Gan, saya mencoba untuk menerapkan iklan seperti yang anda tulis pada blogspot saya. Namun ketika saya pasang iklan otomatis di tengah artikel, iklan saya hanya tampil di perangkat pc (template pc), dan di template HP tidak tampil, sudah saya coba di beberapa browser sama saja. Iklan di hp hanya tampil ketika menampilkan iklan di header atau sidebar.

    Apa ada cara agar bisa tampil di hp juga.?.

    Terimakasih.

  • Saya ingin menanyakan 2 masalah, mas Gee Jhon :
    1. Bukankan iklan yang di home page akan sama dengan yang muncul di halaman statis. Apa maksud mas gee jhon menampilkan jenis iklan yang berbeda pada kedua halaman tersebut?
    2. Saya masih bingung tentang berapa jumlah maksimal yang ditampilkan. Mas saya sudah masang 2 iklan di dalam konten, dan 1 iklan lagi di sidebar, tidak ada masalahkah jika saya menambah 1 atau 2 iklan baris lagi di dalam konten?

    Terima kasih sebelumnya untuk jawabannya.

    • 1. sy menggunakan setting berbeda tuk beberapa laman, termasuk di homepage dan laman statis lainnya. bahkan di beberapa kat. sy juga menerapkan iklan berbeda pula.
      2. silakan baca lebih lanjut ttg jumlah unit iklan adsense. jawaban pertanyaannya: ya boleh. krn iklan tautan (text link) tdk terhitung iklan konten / banner.

  • Mas ghejon mau nanya ni, untuk penempatan unit iklan seandainya saya pasang 3 buah unit iklan di blog dgn menggunakan unit iklan responsive ketiga-tiganya, kira-kira itu melanggar TOS GA atau tidak mas ghe jon??
    Terima kasih

  • Sama mas, iklan terbaik web saya ada di dalam konten dengan ukuran centre large rectangel 336×280. Saya menggunakan plugin ad inserter dengan setting posisi banner random/acak.

  • Iklan yg di letakkan dalam postingan blog Gee Jhon menggunakan plug in atau tidak. Dan mana yg lebih baik dengan menggunakan plug in adsense atau tanpa plug in.
    Trims

  • tanya mas, saya menggunakan iklan hosted di situs blogspot. kalo saya pasang seperti situs ini gimana mas. saya lihat ada 8 iklan di artikel ini

    trus menurut mas lebih bagus mana iklan link atau iklan banner yang lebih menghasilkan $$

    • untuk blogger, rasanya sulit untuk menerapkan persis seperti yang saya sampaikan di artikel ini seperti pengaturan iklan tampil di paragraf sekian dst. Tapi prinsip2 dasarnya tetap bisa diterapkan di manapun. Iklan banner lebih baik dibanding iklan tautan teks. mengenai jumlah iklan di halaman ini, sy tetap mengacu pada jumlah maksimal unit iklan yang ditentukan oleh Adsense. Silakan baca: jumlah iklan adsense maksimal.

  • wah hebat ya … sampai berexperiment ratusan kali …
    saya puluhan kali aja rasanya udah capek ^_^ (tiap percobaan pake menunggu 2 minggu)
    segala cara telah dicoba …
    hingga akhirnya ternyata yang paling cocok unutk blog saya adalah …
    unit iklan banner kecil diatas posting dan 2 buah iklan 250×250 bersandingan di bawah posting.
    hanya 3 itu saja dan semuanya bukan ukuran yang disarankan oleh google.
    namun …
    seperti yg sudah saya katakan … saya telah mencoba aneka unit, aneka ukuran, aneka posisi di header ataupun side bar sampai dengan yang banner paling besar, … semuanya tidak menguntungkan …
    benar yang dikatakan mas gee …
    semua kembali pada layout dan mungkin topik blog para sobat masing-masing 🙂
    pesan terakhir …
    selamat berexperiment … he ..he

    • ya memang melelahkan, tapi itu adalah cara yg benar mengoptimalkan pendapatan dari adsense. sy melakukan berbagai eksperimen tidak di satu blog, bahkan di banyak blog milik org lain (website-nya sy yg buatin). masing2 website memberi hasil berbeda, tp secara umum posisi iklan di dalam konten ttp yg terbaik.

      dan sampai saat ini pun sy tidak berhenti bereksperimen…. 🙂

  • Yap Benar, penempatan iklan di dalam konten yang terbaik. Saya banyak belajar tutorial penempatan iklan dari Portal Uang dan saya terapkan di blog saya. Cuma ada 1 pertanyaan saya kenapa iklan di dalam konten Portal Uang ada tulisan “iklan” di sebelah kiri atas, apakah saran dari google atau ada teguran klik tidak valid? Trims Mas Gee Jhon.