Google Adsense

Mempercantik Tampilan Iklan Tautan dan Dapatkan CTR Lebih Tinggi

Artikel ini adalah jawaban dan permintaan dari Bos Budi Sanjaya dipos di IAPD, yang menanyakan bagaimana cara membuat tampilan ikan tautan teks Adsense seperti yang ada di PortalUang.

Saya sendiri telah melakukan banyak eksperimen mengenai penempatan dan tampilan text-link ads, dan sejauh ini tampilan yang saya gunakan sekarang ternyata mampu memberikan CTR tertinggi dibanding desain dan posisi sebelumnya.

Bagi Anda yang belum memanfaatkan unit iklan tautan teks Adsense, sebaiknya segera memaksimalkannya, karena unit ini terbilang unik.

Ia tidak memberi penghasilan langsung ketika diklik pengunjung, melainkan membawa ke pengunjung ke halaman berisi iklan (landing page). Itulah mengapa saya bisa membuka halaman landing page di bawah ini tanpa harus melanggar kebijakan Adsense.

iklan text link adsense

Dan dari data yang saya peroleh, unit tautan teks memiliki nilai klik (BPK) rata-rata yang lebih besar dari unit banner biasa.

Karena itu,  Anda harus memanfaatkannya jika belum. Unit ini juga tidak termasuk 3 unit konten, sehingga Anda dapat menambahkan total 3 unit tautan teks dalam satu halaman.

Dan ini lah tampilan iklan tautan yang digunakan PortalUang:

iklan tautan PU

Cara membuatnya juga mudah sekali. Pertama, Anda perlu menambahkan ID berikut pada style.css:

#iklanteks {
 background: #f2fff0 none repeat scroll 0 0;
 border: 3px solid #4BAFD9;
 width: auto;
 height: 48px; 
 padding: 10px;
 text-align: center; 
}

Anda bisa menyesuaikan dengan desain/warna blog Anda sendiri dengan mengganti kode warna background dan border. Tentu saja Anda perlu sesuaikan warna pada unit iklan Anda melalui dasbor Adsense.

Nah, sekarang tambahkan ID pada kode Adsense Anda, sehingga menjadi seperti ini:

<div id="iklanteks">
<ins class="adsbygoogle"
  style="display:inline-block;width:468px;height:15px"
  data-ad-client="ca-pub-1234567890xxxx"
  data-ad-slot="123456789"></ins>
<script>
  (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>
</div>

Selesai!

Mudah sekali bukan? Silakan terapkan di blog Anda, semoga mampu meningkatkan CTR dari iklan tautan teks Adsense yang Anda gunakan.

Jika ada pertanyaan, silakan manfaatkan kolom komentar. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

59 Komentar