Monetisasi Blog

Perbanyak Sumber Pendapatan Blog Anda!

diversifikasi sumber pendapatan blog
Ditulis oleh Gee Jhon

Kali ini saya ingin menyampaikan sesuatu yang singkat saja. Teringat dengan pepatah lama yang mengatakan:

Jangan menaruh telur dalam satu keranjang!

Saya jadi teringat akan berbagai sumber pendapatan bagi sebuah blog. Dan ya, saya setuju bahwa kita tidak boleh HANYA mengandalkan satu sumber pendapatan tunggal untuk blog yang kita miliki.

Karena itu, jika Anda memang serius menghasilkan uang dari blog secara maksimal, dan saat ini baru menjalankan atau mengelola satu sumber pendapatan bagi blog Anda, saatnya Anda melakukan diversifikasi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti misalnya:

Jalankan beberapa ads-network

Jika misalnya Anda saat ini menjalankan Google Adsense, Anda bisa menambahkan jaringan periklanan lainnya. Bila konten Anda cukup kaya, menampilkan 5 – 7 unit iklan dalam satu halaman masih bisa diterima.

Yang terbaik, gunakan format iklan berbeda, seperti iklan video, related content, captcha, games, inline text, pop-under dan seterusnya.

Jalankan afiliasi

Cari produk-produk yang sesuai dengan topik blog Anda, lalu dapatkan komisi dari penjualan yang Anda berikan. Cara ini sangat bagus untuk meningkatkan pendapatan dari blog Anda.

Jual iklan mandiri

Bila trafik blog Anda cukup tinggi, sudah seharusnya memikirkan untuk menjual iklan mandiri. Buatlah halaman penawaran iklan untuk memberitahu bahwa blog Anda menerima pemasangan iklan.

Menjual produk sendiri

Saya bisa mengatakan bahwa ini lah cara ‘sesungguhnya’ untuk menghasilkan uang dari blog yang susah payah Anda bangun. Anda bisa mulai dengan dropship atau membuat produk digital. Ayo, bangkitkan kreativitas Anda. 🙂

Dan masih banyak lagi peluang-peluang lainnya. Inti yang ingin saya sampaikan adalah, bahwa ada begitu banyak peluang dan cara bagaimana Anda dapat memaksimalkan pendapatan dari blog. Bukan hanya dengan mengandalkan Google Adsense. Saya mengatakan ini karena melihat banyak blogger pemula terlalu Adsense-Oriented. Padahal sesungguhnya Adsense bukanlah cara terbaik menghasilkan uang dari blog bila dilihat dari potensi besarnya penghasilan.

Nah, bagaimana? Siap mencari sumber pendapatan lain bagi blog Anda? Atau Anda telah melakukannya? Bagikan pengalaman melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

10 Komentar