Menulis Konten

Sering Tidak Fokus dan Konsentrasi Saat Menulis Artikel? Anda Wajib Baca Ini!

Apapun alasan anda untuk blogging, pasti tidak terlepas dari yang namanya menulis artikel. Hal utama yang dibutuhkan dalam menulis adalah fokus dan konsentrasi yang tinggi. Agar topik yang ingin disampaikan dapat diterima oleh pembaca dengan baik. Tapi pada pelaksanaannya, dua hal itulah yang paling sulit untuk diterapkan.

Banyak masalah yang membuat tidak fokus dan menghilangkan konsentrasi, baik itu akibat pesan atau notifikasi dari sosial media ataupun tidak nyamannya lingkungan anda.

Jika itu masalah yang anda hadapi anda perlu menerapkan langkah-langkah ini agar bisa lebih fokus dan konsentrasi saat menulis.

1. Tanamkan niat dan motivasi yang kuat

Apapun yang akan anda lalukan memang selalu saja niat dan motivasi yang paling utama. Jika niat dan motivasi untuk menulis sedang pudar ada baiknya agar jangan menulis dahulu. Tanamkan niat dalam hati dan motivasi diri sendiri.

Dibutuhkan kekuatan dan motivasi dari diri sendiri untuk mendorong anda menerapkan komitmen anda. Tidak ada seorang pun yang menjadi motivator terbaik selain diri sendiri. Setelah niat dan motivasi anda kuat barulah mulai untuk menulis.

2. Buat planning yang matang

Planning, rencana atau jadwal, juga dibutuhkan agar anda fokus dan konsentrasi saat menulis suatu artikel. Buatlah jadwal kegiatan anda sebaik mungkin dan dapat untuk anda terapkan sendiri.

Memang, menepati janji untuk diri sendiri itu sulit. Tapi bukankah sejak awal anda sudah disuruh menanamkan niat dan motivasi yang kuat?

Jangan sampai jadwal yang telah susah-susah anda buat, seenaknya anda ingkari. Tanya pada diri sendiri, apakah saya bisa untuk melaksanakan semua jadwal yang sudah saya buat sendiri?

Hanya anda yang bisa menjawab pertanyaan itu.

3. Tutup semua tab sosial media

Di awal sudah saya tuliskan kalau media sosial dapat menjadi masalah untuk kita tetap fokus dan konsentrasi. Gak nyamankan jika kita sedang asyik-asyiknya menulis tiba-tiba masuk notifikasi atau pesan dari sosial media?

Okelah kalau pesan atau notifikasinya yang baik kalau jelek gimana?

Otomatis fikiran kita menjadi terbagi dan membuat kita tidak fokus dan konsentrasi lagi untuk menulis. Sebaiknya tutup semua tab sosial media yang terbuka. Jika semua tulisan yang dibuat sudah selesai dan sudah diposting barulah buka sosial media anda.

4. Setting handphone ke mode silent

Menutup semua tab sosial media saja tidak cukup untuk menghilangkan masalah yang mengganggu saat menulis. Sedang asyik menulis tiba-tiba handphone anda berdering atau bergetar pasti membuat sakit hati. Pas dibuka tahu-tahunya hanya sms dari provider yang anda gunakan.

Untuk mengatasi masalah ini setting handphone anda ke mode silent. Ini membantu agar kita tidak tahu jika ada sms, notifikasi dari dari akun sosial media yang terpasang di handphone, seperti facebook dan bbm, atau jika ada yang menelpon anda.

5. Matikan jaringan internet handphone anda

Jika anda merasa sangat penting dengan sms dan telpon yang masuk ke handphone, cukup dengan mematikan jaringan internet handphone anda. Ini akan membantu agar notifikasi dan pesan dari sosial media yang terpasang di handphone saja yang tidak bisa masuk tapi sms dan telpon masih tetap bisa. Apabila sms dan telpon tidaklah penting maka sebaiknya handphone anda diatur ke mode silent.

6. Buat nyaman lingkungan anda

Kenyamanan lingkungan juga dibutuhkan saat menulis, misalnya anda lebih nyaman menulis sambil mendengarkan musik, kenapa tidak anda putar aja musik kesayangan anda?

Jika anda lebih suka menulis sambil makan cemilan, anda harus menyiapkan cemilan dan minuman di dekat tempat anda bekerja. Jadi sesuaikan dengan kenyamanan anda.

Itulah langkah-langkah yang harus anda terapkan agar anda tetap fokus dan konsentrasi saat menulis sebuah artikel. Jadi, tidak ada alasan lagi anda tidak bisa fokus dan konsentrasi saat menulis artikel.

Tentang penulis

Dozi Adiguna

Dozi Adiguna

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.

Tulis komentar

6 Komentar

%d blogger menyukai ini: