Menulis Konten

Tips Menulis Artikel SEO dari Pemula Seperti Saya

Tips menulis artikel SEO dari pemula seperti saya, memang seperti anak SMA belajar pada anak SD. Karena ya memang saya belum pantas untuk membagikan Tips menulis artikel SEO ini untuk Anda yang mungkin lebih memahami SEO tentunya. Jadi seharusnya judul diatas harus saya rubah, menjadi berbagi penulisan artikel yang SEO menurut saya.

Tapi sah-sah saja kan, namanya juga berbagi, bukan maksud untuk menggurui. Jujur saja, saya juga tidak memahami betul apa itu SEO OnPage maupun SEO OffPage. Semuanya membuat saya pusing. Jadi saya putuskan untuk menulis secara natural tanpa pedulikan SEO-SEOan.

Iklan

Namun sebagai blogger yang ingin mempelajari lebih jauh, menimba lebih dalam masalah SEO. Sedikit-sedikit saya belajar SEO, terutama dalam masalah menulis artikel. Yang tentunya artikel yang saya tulis bisa ada di halaman pertama Google, tapi banyak juga sih yang tenggelam jauh di search engine. Hehehe…

Tips menulis artikel SEO

Ok, bagi Anda yang ingin mengetahui beberapa tips saya dalam menulis sebuah artikel SEO, bisa Anda lanjutkan baca artikel ini. Karena memang saya pemula, jadi akan saya tulis secara singkat dan tentunya mudah dipahami.

Pertama yang harus kita lakukan adalah RISET KATA KUNCI

Anda bisa riset keyword atau kata kunci. Dalam riset kata kunci biasanya saya menggunakan ubersuggest.org untuk mengetahui kata kunci yang  paling banyak dicari di SE. Selanjutnya upload kata kunci tersebut pada google adwords keyword planner.

Apa hanya itu? mana cara yang lebih jelas cara riset keyword! namanya juga pemula, hehe jadi cuma itu dong yang saya bagikan cara riset kata kunci. Pasti setelah baca ini, Anda ingin meninggalkan halaman ini. Tapi tunggu dulu, Anda rugi kalau keluar secepat ini. Suwerrr…

Iklan

Kedua adalah taruh kata kunci pada JUDUL ARTIKEL

Setelah Anda mendapatkan kata kunci yang diinginkan, taruh kata kunci tersebut pada judul artikel yang Anda buat. Misalnya:

Anda sudah mendapat kata kunci “KEPALA GUNDUL”. Letakkan kata kunci tadi pada judul artikel Anda.

Contoh: Kepala Gundul Terbaik Di Dunia versi on the spot” atau “Kenapa Ada Kepala Gundul”.

Namun sebaiknya taruhlah kata kunci di depan judul artikel Anda. Karena kata orang, kata kunci yang diletakkan didepan lebih baik dari pada ditengah maupun dibelakang judul artikel. Dan usahakan menggunakan judul yang panjang, tapi jangan panjang amat sih. Dan dibuat semenarik mungkin lah.

Ketiga, taruhlah kata kunci tadi di URL artikel Anda.

Jadi, setelah Anda membuat judul artikel, si URL tersebut akan muncul otomatis. Misalnya:

Judul Artikel = Kepala Gundul Terbaik Di Dunia versi on the spot

URL = kepala-gundul-terbaik-di-dunia-versi-on-the-spot.html

Namun kata orang, lagi-lagi Anda harus membuat URL se singkat mungkin. Dan tentunya harus mengandung kata kunci tadi. Contoh:

URL otomatis = kepala-gundul-terbaik-di-dunia-versi-on-the-spot.html

URL yang sudah di edit = kepala-gundul-terbaik-di-dunia.html

Keempat, taruhlah kata kunci  pada meta description

Apa itu meta description? Waduh saya tidak tahu sob, hehehe… apa itu meta description atau apalah. Gunanya juga untuk apa kurang tahu saya. Yang saya tahu itu metallica broo! Namanya juga pemula.

Namun katanya sih di sini. Lihat gambar:

tips menulis artikel SEO

Tulislah deskripsi artikel anda di situ. Tentunya yang mengandung kata kunci tadi.

Kelima adalah masukan kata kunci pada 100 kata pertama artikel Anda

Pada saat Anda menulis artikel. Jangan lupa untuk menaruh kata kunci tersebut pada awal artikel. Ya pokoknya jangan lebih dari seratus kata selanjutnya lah. Oh iya,,, tulis lah artikel sepanjang mungkin. Walaupun banyak yang bilang yang bagus itu 600 kata, tapi ada yang bilang harus lebih dari 1000 kata. Terserah sobat saja deh, seberapa kuat Anda nulis nya. INGAT ARTIKEL PANJANG BUKAN BERARTI COPY PASTE YAH !!

Keenam, masukkan eksternal link di artikel Anda

Apa itu eksternal link? eksternal link merupakan link menuju website atau blog lain yang tentunya relevan dengan artikel anda yang sedang ditulis. Jangan Anda membahas tentang kepala gundul, tapi link eksternal nya tentang batu akik. Kan gak lucu, emang itu kepala mau di asah jadi batu akik.

Namun, kata orang sebaiknya eksternal link harus seperti ini:

  1. Memasang link keluar yang relevan
  2. Menggunakan atribut nofollow
  3. Jangan menggunakan keyword target sebagai anchor text
  4. Memasang link ke blog/situs otoritas (contoh: Wikipedia)

Ketujuh, kebalikan dari eksternal link tadi, yaitu internal link

Internal link merupakan link yang ada pada blog Anda. Cobalah taruh pada artikel Anda yang sedang anda buat. Dan lagi-lagi harus yang relevan yah.

Kedelapan adalah buat gambar yang relevan dengan isi artikel yang dibahas

Buatlah gambar yang relevan. Jangan ambil gambar asal comot aja di google. Kreatif dikit lah. Boleh ambil di google, namun di edit dulu lah yang bagus. Namun sebaiknya Anda pakai gambar yang di foto sendiri. Contoh, kepala tetangga Anda yang gundul, bisa tuh buat gambarnya. wkwkwk

Penting ! Buatlah alt text pada gambar anda tadi. Jika pada blogger, Anda bisa klik gambar tadi, pilih properti dan masukan kata kunci atau judul artikel Anda.

tips menulis artikel seo

Nah, itulah tips menulis SEO ala saya sob. memang sih sudah banyak yang tahu. Tapi cukup berharga lah bagi yang belum tahu. Kalau ada kekurangan dan kesalahan mohon koreksi ya… namanya juga belajar.

Namun selama saya menggunakan cara di atas, belum tentu masuk ke peringkat halaman satu Google sob. Tapi apa salahnya lah dicoba. Dan janganlah mudah putus asa. Banyak blogger yang putus asa karena blognya jarang dikunjungi. Karena itu jika Anda salah satunya bisa baca ini: Mengatasi putus asa dalam blogging.

Dan yang selama ini saya rasakan, untuk menjadi halaman satu di Google tidak selalu menggunakan cara di atas.

Tapi seberapa banyak artikel Anda yang baru di-publish dibuka di media sosial. Ini membuktikan kalau semakin banyak artikel dibuka oleh orang, semakin baik pula ranking di SERP Google nya.


Catatan Admin PortalUang:
Meta description atau deskripsi meta adalah deskripsi (penjelasan singkat) tentang isi artikel. Meta deskripsi ini lah yang nantinya akan tampil pada snippet (cuplikan) ketika artikel muncul pada hasil pencarian Google.

Iklan

Tentang penulis

Captain Iwan

Captain Iwan

Blogger cantik itu infoku. Dahh itu aja,, :-D

Tulis komentar

14 Komentar

%d blogger menyukai ini: