Google Adsense

7 Tips Utama Meningkatkan Pendapatan Adsense bagi Pemula

Anda mungkin telah banyak mendengar tentang Adsense atau bahkan telah menjalankannya beberapa lama. Namun, sebagai pemula Anda tidak terlalu memperhatikan beberapa strategi penting untuk meningkatkan pendapatan dari Google Adsense.

Ya, sampai saat ini Google Adsense masih menjadi pilihan utama bagi banyak blogger untuk menghasilkan uang dari blog. Alasan utamanya, Anda tidak butuh investasi besar atau keahlian khusus tertentu untuk mulai menghasilkan uang online.

Ini pula yang menjadi alasan mengapa begitu banyak orang mencari tips dan strategi terbaik meningkatkan pendapatan dari Google Adsense sepanjang waktu.

Cara kerja Adsense sangat lah sederhana, ia akan menampilkan iklan yang relevan dengan konten website Anda, dan saat pengunjung mengklik iklan tersebut, Anda menghasilkan uang.

Namun satu-satunya masalah adalah bahwa Anda butuh trafik tinggi untuk ‘benar-benar’ bisa menghasilkan uang dari Google Adsense. Bukan dalam hitungan ratusan page view per hari, tapi ribuan pengunjung unik (unique view) per harinya!

Dan meski ada cukup banyak alternatif Adsense, tapi bila dilakukan dengan benar, Adsense sendirian bisa memberi penghasilan pasif cukup besar dengan usaha minimal (setelah website Anda mencapai titik keadaan tertentu).

Nah, pada artikel ini saya mencoba merangkum atau menjabarkan strategi bagaimana meningkatkan pendapatan Adsense secara luas dari berbagai aspek penting. Mari kita lanjutkan!

Cara meningkatkan pendapatan Adsense:

1. Website yang kaya konten

Inilah syarat dasar atau pondasi agar Anda berhasil meraih hasil sepadan dari Google Adsense.

Banyak blogger pemula hanya fokus pada upaya meningkatkan trafik. Mereka menggunakan segala cara untuk meningkatkan trafik blog, tapi kebanyakan tidak bekerja dengan efektif. Karenanya mereka gagal dalam keduanya, meningkatkan trafik blog dan pendapatan Adsense!

Jika Anda termasuk salah satunya, stop! Berhenti sejenak. Karena apa yang Anda lakukan adalah salah.

Untuk meningkatkan pendapatan dari Adsense (terutama bagi blog baru), yang Anda butuhkan adalah blog yang kaya konten berkualitas!

Apa yang dimaksud dengan blog yang kaya konten?

Konten adalah hal yang membuat sebuah blog berhasil. Hampir semua blog hebat yang Anda kunjungi, selamanya penuh dengan konten hebat. Konten mereka lah yang membuat Anda (dan orang lain) terus berkunjung ke sana.

Dengan satu kalimat ringkas: blog yang kaya akan konten adalah blog yang menawarkan solusi terhadap satu masalah, yang Anda dapat melakukan tindakan guna mengatasi atau memperbaiki sesuatu hal.

Bagaimana cara membuat blog yang kaya konten?

1. Temukan konten di topik yang Anda geluti.

2. Bertekad menulis secara konsisten dan dalam jumlah banyak.

3. Promosikan konten Anda kepada target audiens yang tepat.

Dengan memiliki konten hebat dan dalam jumlah banyak, blog Anda akan berkembang dengan semestinya. Blog yang kaya akan konten, juga akan:

  • Disukai dan mendapat ranking lebih baik di mesin pencari, terutama Google.
  • Meningkatkan waktu rata-rata kunjungan, dan pada saat bersamaan menurunkan bounce rate. Kedua hal ini otomatis juga akan membantu blog Anda mendapat ranking lebih baik di mesin pencari.
  • Orang-orang akan mulai mengutip, memberi link serta membagikan konten Anda secara sukarela. Ini membuat blog Anda juga akan mendapat trafik dari blog lain.

Jadi jelas sekali, bahwa sebagai awal dari segala upaya untuk meningkatkan pendapatan Adsense Anda adalah dengan membuat konten berkualitas dan dalam jumlah banyak secara konsisten. Tidak ada strategi apapun lainnya akan berhasil tanpa pondasi utama ini.

2. Posisi iklan sangat menentukan

Aturan Adsense membolehkan Anda memasang 3 unit banner, 3 unit tautan dan 2 unit kotak pencarian di setiap halaman. Bila Anda begitu saja memasang semuanya, seringkali itu tidak akan berhasil. Karena sedikit banyak mengurangi kenyamanan pembaca, hasilnya mereka kemungkinan besar justru tidak akan pernah mengklik iklan yang ada.

Karena itu, posisi adalah hal teramat penting. Bila Anda ingin mendapat klik lebih banyak, letakkan iklan Adsense pada posisi yang tepat.

Bacaan lebih lanjut:

3. Eksperimen adalah kunci

Saya sudah sangat sering menyampaikan hal ini, bahwa bila ingin meningkatkan hasil dari Google Adsense, Anda harus mau melakukan uji coba.

Lakukan eksperimen dari berbagai aspek unit iklan, mulai dari posisi, ukuran, gaya iklan, warna, font dan sebagainya. Jika selama ini Anda belum pernah melakukan eksperimen secara serius, berarti Anda menyia-nyiakan kesempatan untuk meraih hasil lebih besar dari Adsense.

Beberapa artikel berikut dapat membantu Anda melakukan eksperimen:

4. Desain dan kemudahan navigasi adalah raja

Baiklah, mungkin Anda sudah terlanjur mendengar bahwa konten adalah raja dan tidak membantahnya. Sementara memang konten adalah pondasi dasar yang membentuk sebuah blog yang berhasil, desain yang baik dan memudahkan pengunjung untuk mengeksplorasi seluruh konten blog Anda, juga sangat pantas disebut sebagai raja.

Karena sehebat apapun konten yang Anda miliki, bila desain blog menyulitkan pengunjung menemukannya, maka semuanya akan sia-sia.

Pilihlah theme yang user-friendly, responsif dan bersih. Prioritaskan pada navigasi yang mudah. Buang saja elemen-elemen blog yang tidak penting.

Lebih lanjut, artikel di bawah ini mungkin membantu:

5. Gunakan semua format iklan

Google Adsense menawarkan beberapa format iklan berbeda:

  • Unit banner
  • Unit video / flash
  • Unit teks
  • Unit tautan
  • Unit kotak pencarian

Dari sekian banyak eksperimen yang saya lakukan, membuat atau mengaktifkan unit dengan semua format yang ada, memberi hasil lebih besar dibanding hanya menggunakan salah satu format saja.

6. Sesuaikan warna dan huruf

Melakukan optimasi pada warna iklan (teks tautan, latar belakang dan garis batas), adalah cara mudah untuk meningkatkan CTR. Saya merekomendasikan untuk menyesuaikan warna tautan dan latar belakang agar menyatu dengan desain blog Anda secara keseluruhan.

7. Jangan lupakan pengguna mobile

Tips Bonus:
Lakukan pemeriksaan terhadap blog Anda. Temukan kesalahan dan kekurangan apa yang harus diperbaiki. Gunakan Google Webmaster Tool untuk menemukannya, lalu ikuti petunjuk bagaimana mengatasi error atau masalah yang terjadi. Ini akan membuat blog Anda siap berkembang lebih baik lagi.

Bila Anda belum menggunakan template responsif, maka hari ini juga Anda harus menggantinya dengan yang responsif. Karena tren penggunaan perangkat mobile untuk mengakses website semakin meningkat dan akan terus meningkat di masa yang akan datang.

Dalam hal optimasi Adsense, saya merekomendasikan untuk menggunakan unit iklan responsif, yang akan menyesuaikan ukuran berdasarkan ukuran layar pengguna. Jika tidak, maka Anda melewatkan kesempatan besar untuk meningkatkan pendapatan Adsense.

Namun dalam kasus tertentu, unit iklan responsif tidak selamanya pas untuk desain blog Anda. Jika demikian Anda dapat melakukan optimasi dalam hal ukuran layar pada artikel berikut:

Nah, itu lah 7 tips utama untuk meningkatkan pendapatan Adsense bagi pemula. Saya yakin bila Anda melakukannya secara konsisten, pendapatan Adsense Anda akan meningkat tajam dari waktu ke waktu.

Seperti biasa, saya mengajak Anda mendiskusikan topik ini melalui komentar. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan layangkan ke Forum Adsense. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

29 Komentar

  • Mau tanya gimana cara pasang 3 sampai 4 unit ads adsense dalam satu inside artikel/posting kek punya agan ini? Nyari2 tutornya blm nemu yg berhasil, blog saya berbasis blogspot. Terimasih banyak.

  • untuk poin no. 3 gan (ekpsperimen), apa itu dilakukan dalam 1 blog atau di semua blog? maksud saya misalnya punya 3 blog, yg 1 di coba begini, yg 1 nya begitu, yg 1 nya lagu begini begitu eksperimannya?

  • oh siap bos. oia paling lama berapa minggu atau berapa bulan nunggu konfirmasinya, biar ada target takut di tunggu-tunggu eh malah ada kesalahan jadi gak ada informasinya. mohon jelaskan ya mas?

  • oh kirain harus tempel iklan lagi. oia kok pengajuan yang kedua lama ya konfirmasinya padahal udah seminggu tapi belum juga ada, yang pertama cuma dua hari udah ada konfirmasi walupun di tolak, apa tunggu aja dullu ya mas apa gimana?

  • mas jika kita di tolak terus mengajukan kembali, yang saya mau tanyakan apakah kita harus menempelkan iklan lagi apa udah cukup yang awal kita daftar terus di tolak, mohon penjelasannya mas gee?

  • ma’af mas tanya terus, nih mas kalo penolakannya kaya gini apa tuh yang saya harus perbaiki, soalnya kan itu bahasa umum mas, barangkali si mas pernah juga ngalamin seprti ini dulu tolong penjelasannya mas??

    Status permohonan AdSense Anda

    Seperti yang kami utarakan dalam email sambutan kami, kami melaksanakan peninjauan kedua terhadap permohonan AdSense Anda setelah kode AdSense ditempatkan pada situs Anda. Sebagai hasil dari peninjauan tersebut, kami telah menolak akun Anda karena pelanggaran berikut:

    Kami tidak menyetujui permohonan Anda karena beberapa alasan yang tercantum di bawah ini

    Situs tidak sesuai dengan kebijakan Google: Kami tidak dapat menyetujui permohonan AdSense Anda sekarang karena salah satu alasan yang tercantum di bawah ini atau alasan lain yang tercantum dalam kebijakan program kami. Sebaiknya tinjau informasi yang diberikan di bawah ini dan lakukan perubahan yang diperlukan pada situs Anda.

    Anda perlu meningkatkan pengalaman pengguna situs Anda.
    Untuk memastikan pengalaman yang baik bagi pengguna dan pengiklan, penayang yang berpartisipasi dalam program AdSense diwajibkan untuk mematuhi pedoman Kualitas Webmaster. Pedoman tersebut memberikan banyak kiat untuk membantu Anda memberikan pengalaman positif untuk pengguna Anda. Anda juga akan menemukan informasi berguna lainnya dalam entri blog AdSense ini yang menggarisbawahi lima prinsip pengalaman pengguna. Menerapkan prinsip tersebut akan membantu Anda memberikan pengalaman hebat untuk pengguna di situs Anda.

    Situs Anda adalah situs chat yang tidak sesuai dengan kebijakan kami.
    Penayang dianjurkan untuk bereksperimen dengan berbagai penempatan iklan dan format iklan. Namun, seperti yang dinyatakan dalam kebijakan program kami, penayang AdSense tidak boleh menempatkan kode iklan, kotak telusur, atau hasil penelusuran di program chat. Ini mencakup, namun tidak terbatas pada, pesan instan (IM), situs chat, dan laman lain yang berisi konten dinamis.

    Anda harus membuang semua konten yang mendorong pelanggaran terhadap kebijakan produk Google.
    Penayang tidak boleh menyediakan sarana untuk menghindari kebijakan produk Google mana pun, seperti dengan memperbolehkan pengguna mengunduh video YouTube, atau mendorong pelanggaran terhadap kebijakan Google AdSense. Selain itu, penayang tidak boleh menggunakan fitur merek Google seperti logo, tangkapan layar, atau fitur unik lainnya tanpa izin yang tegas dari kami. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi kebijakan konten kami.

    Situs Anda ditujukan untuk penjualan dan distribusi makalah riset.
    Kami senang melihat situs penayang kami sarat dengan konten yang berguna dan informatif, namun, sebagaimana yang tercantum dalam kebijakan konten kami, penjualan atau distribusi makalah riset, atau konten lainnya yang dianggap ilegal, mempromosikan kegiatan ilegal, atau melanggar hak hukum orang lain tidak diperbolehkan.

  • mas. saya mau tannya masalah menempelkan kode iklan untuk tahap persetujuan kedua dari adsense. masalahnya jika kita masuk akun adsense kemudian klik iklan saya maka ada beberapa unit iklan di sana. apakah semua iklan yang ada kita harus pasang apa cukup dengan sebagian saja? mohon penjelasannya mas?

  • 1 – Mas gee, gimana cara memilih hosting yg baik itu??
    2 – Adakah rekomendasi spesial dr mas bila saya ingin memulai membuat artikel atau apalah itu bahasanya, tp mau saya kaitkan juga materinya ke yutub saya ( niche musik song + tutorial ).
    3 – ada bbrp blog dll yg cobak sy kunjungi, tp belum full terbuka d browser, sudah muncul tulisan ” laman yg anda kunjungi tdk merespon”. Itu knp? Krn bila tulisan “laman . . . ” muncul , membuat smua tab tampilan browser macet. Jd hrs buka ulang.
    4 – saya pernah buka link mas gee, tp tdk bisa terbuka dan muncul tulisan “703” not respon.
    Apakah itu?
    5 – jangan marah..wkwkwkwkwkw

    • 1. pilih: yg mendukung teknologi cloud hosting, SSD drive, layanan 24/7 dan ramah, 99.9% uptime.
      2. sy kurang paham dg maksud pertanyaannya 🙂
      3. itu biasanya terjadi krn masalah source di perangkat atau koneksi net yg krg bagus.
      4. error 703, berkaitan erat dg no.3. yg jelas kesalahannya bukan pada server. 🙂
      5. ok….

  • ada 1 yang missed 🙂

    performa hosting,,,, pilih provider hosting/vps yang selalu uptime 99,9% ga down, akses cepat dengan waktu PING rendah (litespeed cdn cloudflare pluginCache), security nya aman

    kan ga lucu, udah poting ratusan dan backlink dimana mana tapi situsnya lelet/sering down

    cmiiw