Blogging Dasar

Yakinkah Topik ini Sesuai bagi Saya?

Banyak sekali orang yang berniat menghasilkan uang dari blog, dan kebanyakan dari mereka hanya menemui kegagalan. Sayang sekali!

Memang ada seribu satu macam alasan mengapa ini terjadi. Tapi dari sekian banyak alasan itu, alasan utama yang membuat mereka gagal adalah terkait masalah topik blog.

Bukan! Saya tidak berbicara tentang satu topik yang sudah ‘terlalu banyak’ dikupas blog lain. Bukan pula karena Anda mengambil topik yang sulit dimonetisasi.

Yang saya maksud adalah ketika Anda, sebagai penulis, mengambil topik yang tidak ada kaitannya dengan keahlian dan pengalaman Anda sendiri.

Anda pasti mampu mengenali banyak blog tentang satu topik tertentu, yang ditulis oleh orang yang tidak benar-benar tertarik pada topik tersebut, tidak punya gairah, tidak punya pengalaman, tidak ada pengetahuan memadai, atau gabungan dari keempatnya.

Apa yang Anda temukan? Blognya terlihat ‘hambar’, tidak profesional, asal jadi, tidak mampu (atau tidak tertarik) menjawab pertanyaan dari pembaca. Intinya: sangat menyedihkan.

Serius… coba Anda cermati, bisakah Anda mengenali berapa banyak blog yang menulis tentang cara-cara menghasilkan uang dari internet, yang dibuat oleh orang yang bahkan belum pernah menghasilkan uang satu sen pun?! Atau berapa banyak orang menulis tentang blogging, yang ditulis oleh mereka yang bahkan baru pertama kalinya membuat blog? Ini sesuatu yang aneh, kalau tidak bisa dikatakan lucu.

Ini sama halnya seperti seorang ‘berbadan besar’ yang mengajarkan Anda bagaimana melakukan diet yang berhasil.

Mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup, tidak ada pengalaman tentang yang mereka tulis. Mereka hanya melihat orang-orang lain ngeblog tentang hal itu dan menghasilkan banyak uang, lalu mereka memutuskan untuk menirunya.

Sekali-kali tidak! Anda tidak akan berhasil. Melihat orang lain berhasil pada satu topik, bukan berarti Anda bisa sesukses mereka, jika Anda tidak memiliki gairah, pengetahuan dan pengalaman yang memadai tentangnya.

  • Saya menulis tentang tips blogging, setelah saya berhasil membuat 5 blog sebelumnya berhasil meraih trafik memadai.
  • Saya berbagi cara menghasilkan uang dari freelancer, setelah 3 tahun menjalaninya dan saya senang apa yang dapatkan.
  • Saya berani berbagi tips Adsense setelah saya mampu payout setiap bulannya!

Dan bila Anda perhatikan, bahkan di blog PortalUang ini, saya belum pernah menulis tentang SEO. Kenapa? Karena saya tidak punya pengetahuan memadai tentang itu.

Itulah yang membuat saya mampu menjawab semua pertanyaan Anda tentang topik yang saya tulis, karena saya menyukainya dan memiliki pengalaman (yang menurut saya) cukup untuk dibagikan.

Masalah utamanya, adalah ketika Anda memilih topik di mana Anda tidak benar-benar tertarik padanya, serta tidak punya pengetahuan dan pengalaman yang cukup tentangnya. Dan tidak perduli seberapa yakin bahwa Anda memiliki talenta hebat dalam tulis-menulis, bila Anda tidak memilikinya, pembaca akan mengenalinya.

Saya yakin Anda sendiri akan mengamini, bahwa ada perbedaan besar saat Anda membaca sebuah tulisan yang dilatarbelakangi pengalaman pribadi dan didasari pengetahuan memadai penulisnya, dengan sekadar informasi yang ditulis ulang oleh orang yang tidak benar-benar menguasainya.

Ya, ini adalah sebuah perbedaan besar. Hasilnya? Tulisan semacam ini kemungkinan besar akan gagal.

Orang-orang menginginkan informasi dari seorang yang qualified, jika tidak, maka Anda akan gagal.

Kemungkinan lainnya, bisa jadi Anda memiliki pengetahuan memadai dan cukup terhadap satu topik, namun Anda tidak benar-benar tertarik padanya. Hasilnya akan sama saja. Permasalahan utamanya adalah, bahwa membangun blog yang berhasil sungguh butuh waktu, bahwa kadang waktu yang sangat lama (bertahun-tahun).

Silakan baca tips memilih topik blog yang tepat: 3 Langkah Memilih Topik Blog yang Membuat Anda Berbeda!

Bila Anda tidak benar-benar tertarik pada topik yang Anda angkat, bisa jadi Anda akan kelelahan dan kehilangan semangat dalam prosesnya. Hasilnya? Blog Anda akan gagal pula.

Kesimpulannya, cukup sederhana. Ngebloglah dengan topik yang paling tidak Anda memiliki cukup banyak pengetahuan tentangnya, dan Anda memiliki tertarik terhadapnya. Dengan bahasa yang lebih ringkas: ngebloglah tentang hal terbaik yang Anda miliki. Karena jika tidak, sama saja artinya Anda menyiapkan blog Anda untuk gagal sejak hari pertama!

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara saya menemukan topik yang sesuai untuk blog saya?

Ada banyak cara melakukannya, tapi salah satu tips terbaik favorit saya adalah:

Coba datangi keluarga atau teman-teman atau lingkungan terdekat Anda. Dan tanyakan pada mereka: masalah apa yang mereka hadapi, atau tentang apa yang mereka butuh bantuan seseorang, masalah apa yang mereka tidak bisa atasi, sesuatu yang mereka tidak mengerti, sesuatu yang mereka punya banyak pertanyaan tentangnya, lalu mereka mengatakan:

Baiklah, kita harus tanyakan atau minta bantuan sama Gee Jhon! [ganti Gee Jhon dengan nama Anda]

Saya pernah menulis tips bagaimana menemukan potensi terbaik di dalam diri, silakan baca: 7 Kunci Menemukan ‘Tujuan’ Hidup.

Jika Anda temukan apa hal sesuatu itu, maka kemungkinan besar itulah topik terbaik yang harus Anda pilih untuk blogging.

Nah, bagaimana pendapat Anda? Bisakah seseorang sukses ngeblog dengan topik yang tidak ia kuasai atau tidak benar-benar ia sukai? Atau adakah cara yang lebih baik? Bagikan melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

7 Komentar

  • Setelah dipikirkan dengan seksama kelihatanya topik ini yang paling pas dengan saya.. “pendidikan”.. tapi naik turunnya trafik terkadang membuat galau boss..

    • dipaksakan bos… itu satu2nya. tp yg paling membuat kita kehilangan gairah, adalah krn kita memilih topik yg TIDAK benar2 kita kuasai dan TIDAK kita sukai.

  • Pak Gee.. Selain belajar menulis, saya juga masih exprimen SEO, belajar SEO maksudnya..
    Saya sadar tulisan saya masih memalukan menurut saya sendiri, tapi bagaimana memberi tahu mereka para pengunjung blog saya kalau saya memang sedang belajar menulis..

    Yang saya harapkan adalah tetap belajar menulis sampai bisa seperti tulisan yang ada di blog ini, tapi di sisi lain saya malu sekaligus saya tidak ingin menyediakan tulisan asal”an di blog saya..
    Saya benar benar stagnan di niche blog pak gee.. ada kata kata untuk saya pak ?

    • terus saja menulis bos. dan sama sekali tidak perlu memberitahu kepada pembaca bahwa kita sedang belajar menulis. selama memberi informasi dan nilai, pembaca akan mengapresiasi.

      bila ada kata stagnan, sy yakin ada yg salah dalam pemilihan topiknya. krn jika topik yg kita pilih benar2 kita kuasai sekaligus kita sukai, gakan terjadi yg namanya stagnan.

%d blogger menyukai ini: