Blogging Dasar

6 Cara Atasi Galau dan Malas dalam Ngeblog

Bosan dalam Ngeblog

Bosan dalam Ngeblog

Galau dan malas merupakan sebuah penyakit yang kebanyakan bisa menyebabkan produktivitas kita mati untuk menghasilkan sesuatu. Matinya produktivitas berdampak besar dalam kehidupan kita, berbagai kegiatan yang telah kita rencanakan dalam waktu singkat bisa tak terlaksana, hasilnya, timbul masalah lain dari efek domino.

Rasa galau dan malas tersebut juga dapat kita rasakan disaat ngeblog (blogging). Biasanya awal kita mengenal blog, kita akan sangat semangat untuk membuat blog dan menulis untuk mengisi konten – konten blog tersebut.

Pelajari cara membuat blog di

Akan tetapi dengan datangnya rasa ini, kita akan sulit sekali untuk menulis, mengurus, dan memanajemen blog yang kita bangun. Jika hal ini terus berlanjut, tentu akan merugikan diri kita. Lantas, apa tindakan yang sebaiknya kita lakukan agar rasa malas dan galau ini hilang?. Berikut tipsnya.

Tips Atasi Galau dan Malas dalam Ngeblog

Tonton Video Motivasi dan Inspirasi

Ini adalah teknik mengatasi masalah galau dan malas ketika ngeblog yang paling ampuh. Penulis berani mengatakan teknik ini paling ampuh karena penulis telah merasakan khasiatnya.

Caranya sangat sederhana, kita tinggal tonton video – video motivasi dan pembelajaran  yang ada di situs berbagi video, misalnya YouTube.com. Rekan – rekan tinggal search video, misalnya tentang motivasi bisnis, kisah sukses, pemuda berbisnis yang sukses, dan hal – hal yang berbau motivasi lainnya.

Jangan pula sesekali untuk memutar hal yang berbau galau kembali, misalnya lagu – lagu patah hati, karena dengan ini kegalauan dan malas akan semakin kita bertambah.

Hasil yang penulis dapatkan setelah menonton video – video yang berbau motivasi adalah semangat untuk ngeblog dan kesegaran dalam menulis artikel muncul kembali. Luar biasa, bukan?.

Bacalah Buku

Terkadang salah satu penyebab rasa galau dan malas tersebut muncul adalah sempitnya ide – ide konten yang hendak kita publish di blog. Mungkin kita merasa bosan karena hanya membaca dan menulis tentang hal – hal yang sama saja. Cara terbaik untuk menemukan ide lain untuk konten adalah dengan membaca buku.

Buku adalah sumber yang cukup berperan, karena, pada umumnya informasi yang dimuat pada buku – buku merupakan hasil riset dari penulisnya. Sehingga, informasi yang dimuat bisa dikatakan terbaru dan masih hangat, dan tentunya hal ini bisa pula kita muat pada blog.

Yakinlah, dengan membaca buku kita akan dengan mudah menemukan ide – ide terbaru, jadi, jangan pernah berkata tidak suka membaca. Jika ingin ngeblog, kita harus rajin membaca.

Baca Postingan Lama

Rasa galau dan malas juga dapat kita atasi dengan membaca postingan – postingan lama yang telah kita publish. Dengan cara ini, secara perlahan kita akan mulai terbawa untuk meningkatkan produktivitas. Bacalah postingan yang telah kita publish, lalu, editlah tulisan tersebut.

Setelah ini dilakukan, yakinlah mood  kita dalam ngeblog akan kembali bersinar.

Publish Hal yang Berbeda

Hal lain yang menyebabkan kita bisa merasakan galau, malas, dan bosan adalah monotonnya tindakan – tindakan yang kita lakukan dalam ngeblog. Misalnya, topik yang kita bahas pada blog hanya itu – itu saja. Jadi, berikanlah sesuatu yang berbeda pada blog Anda.

Apa contohnya?. Misalnya, situs kita hanya berisi tulisan – tulisan saja, mulai saat ini mulailah untuk publish konten yang berbentuk lain, seperti video, infografis, atau PDF.

Segarkan Diri Anda

Penyebab galau dan malas bisa saja berasal dari diri kita sendiri, misalnya kondisi badan yang tidak sehat atau segar. Caranya sederhana saja, yakni menyegarkan kembali diri kita.

Cara sederhana yang ramah kantong untuk menyegarkan diri adalah tidur dan mandi. Disaat tidur lepaskan segala beban yang ada di diri kita, rileks, dan mulailah melelapkan diri. Setelah bangun, mandikanlah badan dan gunakanlah busana yang rapi dan sejuk.

Dengan cara ini diri kita akan lebih segar dan produktivitas akan semakin meningkat pula.

Refreshing dan Rekreasi

Hampir sama dengan teknik di atas, cara ini masih berbicara tentang menyegarkan diri kita.

Refreshing dan rekreasi adalah cara yang sangat efektif untuk mengembalikan segala hal yang menyangkut semangat dan produktivitas kita dalam ngeblog. Dengan refreshing dan rekreasi tersebut, segala hal yang menyangkut beban dan masalah lepaskanlah, lalu, carilah ide – ide lain yang sekiranya dapat kita gunakan untuk pengembangan blog.

Demikian saja pembahasan mengenai cara mengatasi galau dan malas dalam ngeblog. Langsung praktekkan teknik – teknik di atas, dan kembalilah ngeblog dengan produktivitas yang lebih tinggi.

Tentang penulis

Reyhan Ivandi

Reyhan Ivandi

Pelajar SMA yang kesehariannya diisi dengan aktivitas blogging dan aktif menulis di situs PROLAPAK.COM. Memiliki cita - cita menjadi serial entrepreneur di usia mudanya !.

Tulis komentar

7 Komentar