WordPress

Cara Menghapus Massal Artikel WordPress

Ini artikel pertama saya di website PortalUang, sebuah artikel yang berhubungan dengan WordPress (self hosting) dengan judul “Cara Menghapus Massal Artikel WordPress”.

Artikel ini mungkin berguna untuk Anda pengguna WordPress yang memiliki terlalu banyak artikel di blognya. Seperti blog auto-post misalkan, dan kemudian ternyata Anda menemukan ada artikel yang gak jelas isinya atau mungkin isinya bisa membawa masalah dan lain sebagainya.

Juga bisa digunakan untuk blog seperti PortalUang ini yang memiliki banyak kontributor yang menyumbangkan artikelnya, di mana tidak menutup kemungkinan ada spammer yang juga ikut nimbrung nulis artikel sampah dengan tujuan hanya untuk mendapatkan backlink.

Saya membayangkan andaikan saja blog ini memiliki 100 kontributor yang setiap hari menyumbangkan satu buah artikel, maka jumlah artikel akan cepat sekali menjadi banyak. Untuk memoderasi tentu saja tidak mudah. Meneliti satu persatu isi artikel juga akan menyita waktu. Nah, paling tidak kita harus menghilangkan dulu artikel sampah yang mungkin diposting oleh spammer dengan cara menghapusnya. Saat itulah menghapus cara cepat dan massal diperlukan, dan kita bisa melakukannya dengan bantuan plugin.

Menghapus artikel di WordPress secara default hanya bisa untuk 20 artikel sekali hapus. Sedangkan saya berharap bisa menghapus artikel tanpa batasan jumlah, dan bisa menghapusnya dengan sekali klil.

Untuk menghapus artikel yang sudah diterbitkan pun tidak bisa secara langsung. Pertama, artikel harus dimasukkan ke dalam folder Trash terlebih dahulu dan itu juga hanya terbatas 20 artikel sekali melakukannya. Kalau jumlah artikel 200 maka saya harus mengulang prosesnya sebanyak 10x, baru semuanya masuk ke folder Trash. Dan dari situ kemudian baru bisa menghapusnya dengan sekali klik…. dan terhapus lah semua.

Tapi semua itu makan waktu, dan saya ingin yang lebih praktis dan cepat.

Untungnya, ada sebuah plugin yang bisa melakukan itu, walaupun memang tidak benar-benar sekali klik juga sih untuk langsung menghapus semua, tapi paling tidak bisa menghemat sedikit waktu.

Plugin ini namanya WP Mass Delete. Tapi sebelum menggunakannya saya juga mau bilang bahwa:

“…Plugin WP Mass Delete selain powerfull tetapi juga sangat berbahaya…”

Nah loh… ada apa kok plugin ini berbahaya? Apa ada bug yang bisa disusupi hacker?

Bukan hal itu yang membuat saya mengatakan ini plugin berbahaya. Tapi Jika tidak berhati-hati saat melakukan proses penghapusan, maka salah-salah artikel yang tidak ingin dihapus justru terhapus dan yang ingin dihapus justru masih ada.

Tapi tenang dulu, kita lihat saja lanjutannya supaya bisa memahami lebih dalam plugin ini dan tidak salah mengambil tindakan.

Tampilan dari plugin WP Mass Delete adalah seperti gambar di bawah ini:

hapus artikel massal

Berikut ini adalah penjelasan prosesnya:

  • Date Interval: bisa diisi, bisa juga tidak. Gunanya untuk mem-filter pos atau laman yang akan dihapus antara tanggal berapa sampai tanggal berapa. Format yang diisikan adalah YYYY-MM-DD (contoh 2016-01-21).
  • Type of Items: Apa yang ingin dihapus? Post atau Page?Silakan centang yang sesuai dengan yang akan dihapus.
  • Post status: Selanjutnya adalah memilih status dari post/page yang ingin dihapus. Bisa centang satu atau lebih. Pilihan yang tersedia published (diterbitkan), scheduled (terjadwal), pending (ditangguhkan), draft dan private.
  • If post contains: Ini adalah filter untuk menghapus post/page yang mengandung kata/kalimat tertentu. Misalnya ingin hapus semua post yang terdapat kata saya maka ketikkan kata saya. Hati hati jika ingin menggunakan kolom ini, misalkan kita mengisi dengan tanda titik. Maka semua artikel yang memiliki tanda titik akan dihapus. Jika tidak ingin menggunakan, biarkan saja kosong.
  • Bypass trash: Jika dicentang maka akan membersihkan post/page yang dihapus dari database, tanpa disimpan terlebih duhulu di dalam Trash).

Jika sudah selesai, saatnya menjalankan proses penghapusan sesuai dengan filter yang tadi telah diatur. Klik pada tombol biru di bagian bawah bertulis “Delete the Posts” dan tunggu halaman melakukan refresh dan menampilkan laporan.

hapus banyak artikel

Itulah sedikit tulisan tentang bagaimana cara menghapus artikel secara massal, mungkin ada plugin lain yang lebih powerfull dan aman digunakan? Bolehlah berkomentar di bawah.

Lebih jelasnya lagi, Anda bisa tonton videonya:

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang penulis

Trav

Trav

Saya seorang blogger, tertarik dengan Wordpress dan rajin utak atik template. Masih belajar tentang SEO Wordpress karena ingin punya blog rame.

Tulis komentar

9 Komentar