Strategi Blogging

Tindakan Sederhana untuk Boost Popularitas Blog Kamu

Membuat dan membangun blog merupakan suatu usaha yang penuh tantangan yang berat dan melelahkan. Diperlukan tenaga dan strategi yang ekstra untuk menjadikan blog semakin maju dan produktif sehingga mampu menarik visitor yang banyak setiap harinya.

Ngeblog merupakan suatu usaha penuh tantangan, akan tetapi sangat menarik untuk terus diperjuangkan. Karena, keuntungan yang ditawarkan dengan ngeblog tersebut sangat banyak, mulai dari pengalaman, ilmu, hingga penemuan karir sejati.

Membahas ngeblog lebih dalam merupakan hal yang menarik bukan?

Passion dan Blogging

Pernahkah Anda merasakan perasaan penuh gelisah ketika melakukan suatu pekerjaan?

Pernahkah Anda merasa terkekang oleh pekerjaan yang saat ini dilakukan? Dan merasakan pekerjaan yang sekarang ini kurang pas, karena sudah bertahun–tahun tidak ada energi positif dari diri untuk pekerjaan tersebut?

Ada beberapa hal yang menyebabkan dua hal di atas, salah satunya adalah pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion diri kita.

Apa itu passion?

Passion jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti memiliki hasrat yang besar terhadap suatu hal.

Jika kita artikel lebih dalam lagi, passion memiliki arti:

Keunikan yang telah tertanam pada diri manusia sejak mereka lahir yang diciptakan oleh Sang Pencipta. Keunikan tersebut merupakan keunggulan dari diri manusia tersebut. Keunikan tersebut dapat berupa minat dan bakat dari diri seseorang.

Jadi, jika kita bekerja dengan passion, kita akan bekerja sesuai dengan keunggulan yang telah Sang Pencipta berikan pada diri kita masing–masing. Sehingga, perasaan untuk terus maju, produktif dan semangat dalam bekerja akan terus membara.

Begitu pula dengan dunia blogging, passion sangat diperlukan. Karena, ngeblog bukanlah usaha yang sembarangan dan dalam sekejap mampu menghasilkan jutaan rupiah. Akan tetapi, ngeblog juga butuh usaha dan strategi yang tepat agar kita nantinya menuai hasil yang memuaskan.

Kita akan membahas salah satu dari bagian ngeblog, yakni strategi blogging.

Tepatnya, kali ini kita akan membahas apa saja tindakan sederhana yang akan bisa membuat blog kita semakin populer dan semakin memberikan manfaat pada para pembaca.

Berikut pembahasannya:

Berikan Konten yang Bermutu

Apakah Anda sudah bosan dengan kalimat ini? Karena sangat banyak blog tentang blogging yang selalu berkata berikan konten yang berkualitas, content is the king.

Jika Anda masih kontra dengan hal ini, mari kita pikirkan sejenak.

Pengguna internet mencari informasi menggunakan mesin pencari untuk apa?

Untuk mencari informasi bukan?

Informasi yang bagaimana?

Informasi yang sederhana dan singkat atau informasi yang lengkap dan menuntaskan segala apa yang mereka ingin ketahui?

Jadi, mari kita kembali pada hakikat kita sebagai seorang blogger, yakni memberikan informasi yang berkualitas, sehingga para pencari merasa puas dan pulang dengan sesuatu yang bermakna.

Ini merupakan hal sederhana yang memegang peran penting dalam ngeblog, karena blog dengan konten yang luar biasa akan lebih cepat populer daripada blog yang biasa–biasa saja.

Desain Blog

Rekan–rekan lebih suka mana, blog dengan tampilan yang simple dan tertata atau tampilan modern akan tetapi iklan yang banyak?

Tentu kita akan memilih tampilan yang simple dan tertata, walau ada beberapa iklan yang tampil.

Desain blog pada saat ini juga merupakan indikator yang menentukan kecepatan kepopuleran sebuah blog di internet. Salah satu keunggulan jika blog yang kita bangun memiliki desain yang rapi dan tata adalah disukai oleh mesin pencari, memudahkan pembaca, dan pembaca mudah ingat dengan alamat blog kita.

Editing dan Update Konten

Tindakan sederhana ketiga yang bisa membuat blog semakin baik adalah editing terhadap konten-konten yang akan kita publish. Editing konten sangat diperlukan guna menyajikan konten yang benar–benar mudah dipahami dan dicerna oleh pembaca, serta memuat solusi bagi masalah yang dialami oleh para pembaca.

Tujuan utama dalam proses editing adalah membuat konten semakin tertata, rapi, bermakna, dan memiliki nilai ketertarikan untuk dibaca.

Berbeda dengan editing, berikutnya adalah tindakan update atau pembaruan terhadap konten–konten yang telah kita publish.

Apa tujuan tindakan update ini?

Tujuannya adalah menjaga kesegaran konten di mata Google dan menambahkan beberapa informasi baru yang bersangkutan dengan konten tersebut agar pembaca nantinya akan lebih memahami makna dari isi konten tersebut.

Sosialisasi

Tindakan berikut kita beralih pada marketing untuk blog. Salah satu bentuk marketing untuk blog adalah bersosialisasi.

Bagaimana bentuk sosialisasi ngeblog tersebut?

Sebelum membahas pada bentuk sosialisasinya, mari kita kenal terlebih dahulu keuntungan dari sosialisi:

Pertama, menambah relasi antar blogger.

Kedua, blog mendapat kunjungan dari blogger lain.

Bentuk–bentuk dari sosialisasi ngeblog:

Pertama, menjawab komentar atau pertanyaan yang dikirim oleh pengunjung blog.

Kedua, membalas email melalui halaman kontak yang dikirim oleh pengunjung blog.

Ketiga, blogwalking pada blog–blog yang memiliki niche sama dengan situs kita. Ini merupakan trik yang munjarab untuk menyedot trafik. Selain itu, juga baik untuk membangun hubungan dengan blogger lain.

Keempat, aktif berkontribusi dan diskusi di forum-forum online.

Demikian pembahasan mengenai tindakan sederhana yang Insya Allah bisa membuat blog Anda semakin dikenal dan memiliki pengunjung yang banyak.

Satu tindakan lebih berharga darripada seribu teori. Inilah saatnya untuk bertindak.

Tentang penulis

Reyhan Ivandi

Reyhan Ivandi

Pelajar SMA yang kesehariannya diisi dengan aktivitas blogging dan aktif menulis di situs PROLAPAK.COM. Memiliki cita - cita menjadi serial entrepreneur di usia mudanya !.

Tulis komentar

13 Komentar

  • Terima kasih atas penjelasan nya. sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya .. Semoga dalam waktu dekat bisa menerapkan semua anjuran yang ada di artikel ini, karena menjaga konsistensi itu sangatlah sulit apabila tidak ada niat yang kuat dari dalam diri kita sendiri.

  • Update konten itu nampaknya cuma berlaku bagi blog-blog baru. Soalnya saya sering lihat blognya para mastah, mereka bahkan update konten 1 bulan sekali bahkan ada yang berbulan-bulan baru update lagi.

    Menurut mas Reyhan, apakah pendapat saya ini bener…

    • saya coba ikut menjawab komentarnya bos Jatmiko. Update konten tidak hanya berlaku tuk blog baru, blog lama pun ttp saja butuh update. Ya memang mungkin tidak harus sesering sebuah blog baru, karena bagaimanapun blog baru butuh akselerasi maksimum untuk segera meraih trafik.

      Jika setelah blog telah dikenal dan memiliki basis pembaca yang cukup (dan cukup banyak memenangkan pertarungan di SE), maka boleh saja menurunkan frekuensi update, tapi bukan sama sekali tidak perlu update. saya kira 1x seminggu itu sebuah nilai minimum sekali.

  • betul sekali gan..
    harus bersosialisasi untuk menambah relasi dan visitor ke blog kita…
    harus update juga ya yang sudah di posting di blog kita…
    wah baru tau nih,,,

  • Konten Bermutu apakah selalu sama artinya dengan artikel tentang informasi? Apakah semua pengguna internet mempergunakan search engine?

    Kadang kalau memperhatikan blogger Indonesia, kebanyakan terjebak dalam stigma bahwa untuk menjadi bermutu dan populer hanya bisa dilakukan dengan “mengajari” orang.

    Padahal kata bermutu bisa sangat luas maknanya. Seseorang berselancar di internet banyak pula yang benar-benar hanya ingin berselancar mengunjungi hal-hal yang belum diketahuinya, bahkan kadang dengan kata kunci sekenanya saja. Bisa juga dari tautan di satu web kemudian loncat ke web yang lain dan seterusnya.

    Jangan terjebak pada teori bahwa blogging adalah untuk mengajari orang dan menyediakan informasi.

    Bermutu tidak selamanya sama dengan informatif. Kedua kata ini memiliki makna yang berbeda , jadi jangan pernah disamakan.

  • thanks gan … paragraf tentang passion, keunikan dari tuhan dan sebagai energi posiitif … cukup menarik perhatian saya …

    yup … perubahan sulit terjadi tanpa adanya passion …

  • semua hal yang di sebutkan oleh agan Reyhan Ivandi sangatlah benar. Tapi gan untuk penerapan atau tidakanya cukup berat walaupun hanya membalas setiap pertanyaan dan komenter di setiap postingan.

%d blogger menyukai ini: