Strategi Blogging

Benarkah Sponsored Review (Posting Berbayar) Buruk bagi Perkembangan Blog?

posting sponsored review
Gee Jhon
Ditulis oleh Gee Jhon

Pernahkah Anda menerima tawaran untuk membuat posting berbayar atau sponsored review di blog Anda? Saya sering. Tapi kebanyakan saya menolaknya, karena isinya tidak sesuai dengan topik blog.

Tapi bukan itu masalah yang ingin saya angkat kali ini. Pertanyaan sesungguhnya adalah:

Apakah sponsored review buruk bagi reputasi dan perkembangan blog?

Saya sering mendapatkan pertanyaan di atas dari pembaca PortalUang, dan saya akan coba menjawabnya kali ini.

Dan menurut saya, sponsored review itu baik atau buruk bagi reputasi blog, amat tergantung dari beberapa faktor.

Faktor pertama agar konten berbayar tidak menghancurkan reputasi blog Anda, adalah masalah transparansi. Artinya pembaca harus mengetahui mana yang berbayar, mana yang murni editorial. Bila mereka (pembaca), tidak bisa membedakannya dengan baik, maka lambat laun akan merusak dan menurunkan kredibilitas blog Anda.

Faktor kedua, adalah relevansi. Akan terlihat ‘aneh’ jika misalnya Anda menerima sponsored review tentang jasa keuangan sementara topik blog Anda adalah tentang teknologi. Pembaca akan segera mengenalinya, dan itu biasanya berakibat buruk.

Terakhir adalah memilih dan memilah, sekaligus memoderasi. Mayoritas konten blog Anda mestilah berupa editorial atau tulisan independen milik Anda sendiri. Bila Anda mulai menerbitkan konten berbayar sebanyak atau hampir sebanyak konten editorial, maka pembaca akan segera kabur menjauh.

Nah, bila ketiga hal di atas diperhatikan dan dilakukan dengan baik, maka posting berbayar atau sponsored review tidak selamanya buruk bagi perkembangan dan reputasi blog Anda.

Namun demikian, setiap blog adalah berbeda. Pastikan Anda melakukan evaluasi mengenai hal ini untuk blog Anda sendiri. Anda bisa bereksperimen dengan 1 – 2 sponsored content, untuk melihat bagaimana reaksi pembaca setia Anda.

Nah, bagaimana pendapat Anda dalam hal ini? Saya tunggu sharingnya melalui komentar. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

4 Komentar

  • saya berpendapat : mungkin untuk yang pengiklan atau yag asang review sangat bermanfaat untuk meningkatkan web dimesin pencari dan tetunya penjualan, namun untuk blog yang menerima review mungkin sedikit menjadi catatan. kadag untung dan kadang malah dirugikan tergantung produk yang di rivew benar berkualitas atau bodong. kalau bodong maka rugilah dan begitu juga sebaliknya..

  • beda dengan banner yang kita di bayar bulanan,
    … posting review = iklan yang terpasang di blog sobat hingga selamanya …
    selain bisa mempengaruhi kredibilitas pengunjung terhadap content blog, maka kalau gak dapat bayaran minimal 1 juta … mungkin gak setimpal ?
    (mata duitan ^_^ )

  • Dulu saya pernah mengikuti layanan sejenis bernama BuyBlogReviews , kalo tidak salah sekitar tahun 2010 atau 2011. Beberapa kali payout walau jumlahnya kecil tapi itu menjadi kenangan tersendiri.

    Tips dari saya, jika ingin menerima tawaran seperti ini lebih bagus dipostingkan pada blog kita yang gado-gado (blog tanpa spesifik niche). Dan saya setuju dengan mas Gee, lihat relevansi antara konten yang akan ditulis dengan niche blog yang kita kelola.

  • saya sangat setuju mas, memang saat ini sponsored review menjadi salah satu cara promosi yang banyak digunakan oleh sebagian pembisnis online.. namun kadang mereka yang melakukan sponsored review tidak berpikir panjang dalam memilih situs untuk sponsored review..