Blogging Dasar

Berapakah Harga Website Saya?

Harga website  – Saya sering ditanya: “Mas Gee, Saya ingin menjual blog saya. Kira-kira berapa ya harga yang saya pasang?”

Tentu saya tidak bisa menjawabnya, karena saya tidak tahu banyak tentang blognya. Berapa trafik yang dimiliki, berapa penghasilan yang diperoleh selama ini, dan seterusnya.

Lalu bagaimana cara menaksir harga sebuah website? Baik Anda berniat menjual atau sebaliknya, ingin membeli website milik orang lain?

Jawaban dasarnya: “Harga website Anda, adalah sebesar orang mau membayarnya.”

Ya, itu jawaban yang sangat tidak memuaskan. Tapi, itu memang benar, karena ‘nilai’ sebuah website lebih merupakan hal subjektif ketimbang objektif.

Bagi seorang penggemar berat, katakanlah, tiket konser grup musik rock bule bisa sampai jutaan rupiah, sama sekali tidak masalah. Lain hal, bagi saya yang tidak menyukainya, akan berpikir 100 kali untuk mengeluarkan uang sebesar itu demi menonton konser mereka.

Begitu pula dengan harga sebuah website. Bisa jadi nilai sebuah website seharga $1.000 bagi seseorang, tapi bisa jadi bernilai $10.000 bagi orang lainnya. Ini amat tergantung dari seberapa bagus website tersebut sesuai dengan target bisnis atau rencana ke depan si pembeli.

Namun demikian, bila harus ada patokan dalam menentukan harga sebuah blog/website, maka faktor utamanya adalah: pendapatannya!

Dalam hal ini, banyak juga yang keliru atau salah dalam menaksir, karena mereka mengasumsikan ‘potensi’. Ingat, bahwa potensi bukanlah pendapatan yang sebenarnya.

Tentu, mungkin ada kondisi khusus tertentu, dimana potensi penghasilan menjadi faktor penting dalam menaksir harga sebuah website. Sebagai contoh, misal sebuah website mendapat 50.000 pv per hari, tapi belum menghasilkan uang sama sekali karena memang tidak dimonetis oleh pemiliknya. Maka bisa saja harga ditentukan dengan menaksir potensi penghasilan yang mungkin didapat dengan trafik yang dimiliki tadi.

Tapi, bahkan dalam situasi seperti ini pun, calon pembeli seharusnya juga curiga. Mengapa website dengan trafik sedemikian tinggi, tidak dimonetis? Kenapa? Ada apa? Maka akhirnya taksiran potensi penghasilannya pun akan jauh dibuat lebih rendah dari rata-rata.

Hal lain yang perlu diperhatikan, adalah bahwa penghasilan adalah pendapatan – biaya. Meskipun dalam hal ini, kebanyakan website hanya punya beban biaya hosting, sehingga seringkali diabaikan oleh calon pembeli.

Nah sekarang, penghasilan website saya adalah $xxxx, lalu berapakah nilai jualnya?

Awal taksiran yang cukup baik adalah 24 x penghasilan bulanan. Ini sama nilainya dengan penghasilan website selama 2 tahun. Jika penghasilan bulanan Anda sebesar $1.000, maka nilai website Anda sebesar $24.000.

Perlu diperhatikan, bahwa patokan di atas biasanya adalah untuk website yang telah dikenal baik. Bila website Anda berumur kurang dari 1 tahun, maka bisa jadi lebih kecil lagi, misalnya 16x atau 10x dari penghasilan bulanan.

Sebuah website premium (yang telah sangat dikenal baik dan memiliki trafik sangat tinggi), bisa ditaksir sampai 36x – 48x penghasilan bulanannya.

Selain faktor penghasilan di atas, beberapa faktor lain juga bisa jadi pertimbangan dalam menaksir harga sebuah website. Seperti kualitas nama domain, kekuatan brand, jumlah pelanggan RSS atau email, jumlah trafik organik dan lain sebagainya.

Nah, bagaimana? Sudah bisa menaksir berapa harga website Anda? Bila suatu saat berniat menjual atau ada yang menawar ingin membelinya, sekarang Anda tidak perlu bingung lagi menaksir harganya.

Bagaimana pendapat Anda? Bagikan melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

6 Komentar

  • koreksi maz Gee … biar pembaca tidak bingung …
    contoh diatas menyebut $1.000 maka harga jual blog/web = bukan $2.400 … tetapi $24.000
    atau …
    jika per bulan blog sobat punya penghasilan adsense misalnya $100
    maka menurut itungan diatas, blog sobat layak dijual seharga $2.400 (sekitar Rp 32 juta lebih dengan kurs sekarang Rp 13400 per dolar)

    wah … banyak ya ?? ^_^
    walaupun ada yang mau beli blog kita seharga itu …
    belum tentu kita mau menjualnya loo
    saya pun juga gitu … blog yang sudah dirawat tiap hari lebih dari setahun pun … sudah seperti sahabat yang sulit dan rasanya tak rela untuk dilepaskan …

    gak tahu … menurut sobat ?