Freelancer

Mau Dapat Job Freelance di Projects.co.id atau Sribulancer.com?

Apakah Anda pernah mendengar situs projects.co.id atau sribulancer.com? Keduanya adalah marketplace khusus untuk urusan freelancing. Di sana pemberi kerja menawarkan proyek dan pencari kerja dapat melamar.

Pengertian marketplace

Sebelumnya apa itu marketplace? Markeplace adalah sebuah situs yang dikembangkan oleh pemiliknya untuk mempertemukan para penjual dan pembeli atau pemberi kerja dan pencari kerja.

Iklan

Keuntungan bagi penjual/pemberi kerja – Ia tidak perlu memikirkan tentang pemasaran untuk mendatangkan pelanggan/pelamar. Pengelolanya lah yang akan melakukannya untuk mereka.

Keuntungan bagi pembeli/pencari kerja – Ia bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan, barang, jasa atau pekerjaan.

Marketing biasanya menghabiskan biaya yang besar dan waktu yang banyak. Khususnya bagi yang tidak berpengalaman atau tidak tahu caranya. Jadi memanfaatkan situs marketplace, meskipun sebagian menarik fee atau komisi, Anda masih mendapatkan manfaat yang besar. Pastinya fee itu jauh lebih kecil jika Anda yang harus melakukannya sendiri.

Marketplace ada yang bermodel seperti toko online, contohnya Bukalapak dan Tokopedia, namun ada juga yang model pemasangan iklan seperti OLX dan dapur Uang.

Iklan

Keempat nama di atas umumnya berfokus kepada produk dan jasa. Sementara kalau projects.co.id dan sribulencer.com mengarah pada bursa pekerjaan. Fasilitas di sana didesain untuk memberikan kemudahan bagi pemberi kerja dan pelamar untuk bertemu dan berinteraksi.

Saya sendiri adalah pengelola dari dapur Uang. Jika Anda ingin jual barang baru/bekas atau menawarkan jasa pasang saja iklannya di sana. Gratis, mudah dan cepat. Dapur Uang tempatnya BERJUBEL – Bertransaksi Jual Beli.

Untuk mendukung usaha saya, saya sudah beberapa kali menggunakan proejcts.co.id dan sribulencer.com untuk mendapatkan penulis ulasan produk. Hingga kini saya sudah berurusan mungkin dengan lebih dari 30-40 pelamar. Dari pengalaman itu, saya bisa cerita pelamar mana yang membuat saya turn off dan excited.

Perlu dicatat, informasi yang saya bagikan lebih bersifat subyektif, berdasarkan posisi saya sebagai pemberi kerja.

5 Tips mendapatkan job freelance

1.  Pasanglah foto asli wajah Anda

Sebagian orang tidak cukup peduli untuk memasang foto. Padahal sebelum melihat hal-hal yang lain, foto adalah yang pertama kali dilihat.

Tahukah ada ketika Anda melamar di sebuah perusahaan pun, yang dinilai pertama adalah foto Anda? Jika hal itu tidak lolos, lamaran Anda masuk tong sampah.

Tanpa foto yang baik dan memberikan kesan positif, kesan pertama yang Anda berikan adalah Anda tidak begitu serius bekerja, hanya ala kadarnya, atau iseng-iseng klik saja.

2. Tulislah alasan yang baik mengapa Anda cocok untuk proyek tersebut

Ingat ketika Anda melamar, Anda sedang menjual diri. Jadi di dalam alasan tersebut Anda jelaskan  mengapa pemberi kerja seharusnya memilih Anda dan bukan yang lain.

Ada pelamar yang tidak begitu memberikan usaha di dalam menulis alasannya. Namun ada juga yang benar-benar serius. Tentu saja yang lebih serius mendapatkan perhatian lebih.

Contoh alasan yang kurang baik:

Saya mahasiswa kelas karyawan, mempunyai banyak waktu senggang. Dan rasa ingin tahu saya sangat besar

Ok pak saya siap mengerjakannya….

Saya ikuti aturannya

CV Terlampir

Contoh alasan yang baik:

Perkenalkan, Nama Saya Wati. Mahasiswi Bahasa dan Sastra Inggris UIN Jakarta semester 6. Selain hobi mendekor, saya juga hobi menulis. Keseharian saya pun menggunggah berita online disalah satu situs berita di internet sampai saat ini. Oleh karena itu, saya juga mengerti tentang SEO dalam mengunggah artikel ke situs web. Melihat informasi pekerjaan yang Bapak/Ibu tawarkan, membuat saya tertarik ingin melamar. Saya hobi membaca DIY (Do It Yourself) dibeberapa situs internet dan majalah baik remaja/ibu-ibu. Topik artikel seperti ini merupakan passion saya, karena DIY / How To merupakan salah satu topik yang banyak dibaca dan diminati hampir semua umur. Besar harapan saya untuk diterima dalam pekerjaan yang Bapak/Ibu tawarkan ini. Semoga keahlian saya dapat membantu pekerjaan yang Bapak/Ibu berikan.

3. Buatlah portfolio yang baik

Pekerja yang terlihat serius adalah mereka yang telah menyiapkan portfolionya.

Kenapa portoflio itu penting?

Karena ketika pemberi kerja menyaring pelamar, ia tidak mengetahui kemampuan si pelamar. Hanya dari contoh kerjanyalah, maka ia bisa memutuskan, apakah keahliannya sesuai atau tidak.

Portfolio itu lebih baik, daripada hanya kata-kata seperti, “Saya yakin saya mampu mengerjakan tugas yang Anda berikan dengan baik.”

Selain itu ketika Anda datang dengan penuh persiapan, Anda akan tampil lebih mencuat dibandingkan yang lain.

4. Responsif

Idealnya calon pelamar proyek dapat menjawab dengan cepat pertanyaan-pertanyaan yang dimiliki oleh si pemberi kerja.

Yang agak kurang menyenangkan itu kalau satu percakapan harus menunggu satu atau dua hari untuk mendapat balasan.

Memang tidak semua orang memiliki akses internet kapan saja dimanapun. Akan tetapi bila ada yang lebih responsif dari Anda, kesempatannya untuk mendapat pekerjaan juga jadi lebih besar dari Anda.

5. Berikanlah sampel tulisan yang diminta

Untuk tip ini lebih condong untuk keperluan saya. Meskipun orang sudah menyiapkan portfolionya, saya ingin orang memberikan sampel dari model artikel yang saya cari.

Pertama, saya ingin tahu apakah ia bisa menulis sesuai dengan yang saya inginkan. Sebab dari pengalaman saya, sebagian orang cenderung menulis sesuai dengan apa yang dia mau.  Bukan seperti yang saya perlukan. Apabila saya sudah terlanjur mendapatkan penulis seperti ini, biasanya susah untuk diarahkan dan hasilnya tidak memuaskan bagi saya.

Awalnya saya minta menulis calon pelamar untuk 300 kata. Kemudian saya kurangi menjadi 150 kata. Karena dengan jumlah kata yang lebih pendek ternyata saya bisa lebih menilai, apakah ia mampu menulis secara efektif dan efisien.

Tips tambahan

Ini adalah tips yang akan membuka kesempatan Anda mendapat pekerjaan kembali atau bahkan direkomendasikan kepada orang lain.

Berikanlah lebih dari yang diminta

Sebagian orang mungkin merasa rugi ketika harus memberikan lebih dari jumlah minimum yang diminta.

Akan tetapi dari pengalaman saya, ada satu pelamar selalu memberikan lebih dari yang diminta, ia menunjukkan kepada saya, bahwa ia mampu melakukan pekerjaan yang lebih besar.

Kebetulan saya pun memiliki proyek yang lebih besar dan lebih besar lagi, maka saya berikan itu kepadanya.

Kalau nanti ada orang yang memerlukan seorang penulis yang bagus, namanya adalah yang pertama akan saya rekomendasikan.

Perlu dicatat: Tidak semua orang bisa menghargai usaha lebih yang Anda berikan. Akan tetapi jika Anda beruntung bertemu orang yang teapat, pintu-pintu baru akan terbuka bagi Anda.

Iklan

Tentang penulis

Juan Feju

Juan Feju

Pendiri situs pasang iklan dapur Uang. Punya barang baru/bekas yang ingin dijual, jasa yang ingin ditawarkan, properti yang ingin cepat laku atau disewakan? Pasang saja iklannya di dapur Uang. dapur Uang tempatnya BERJUBEL - Bertransaksi Jual Beli.

Tulis komentar

9 Komentar