Blogging Dasar

1,4 Tahun Saya Baru Merasa Bisa Jadi Blogger Unik

Halo sob, gan, bos-bos,,,, bagaimana kabar blog Anda hari ini? Aman? Mudah-mudahan aman-aman saja ya bos, gan, sob.

Ngomong-ngomong soal ngeblog, saya ingin bercerita tentang pengalaman ngeblog saya yang bisa dibilang masih balita ini. Sama seperti maksud dari balita, bawah lima tahun, saya baru 1 tahun lebih dikit lah kenal dunia blogging. Bicara penghasilan, ya sama seperti balita, hasilnya sama seperti uang buat beli susu balita alias masih kecil.

1 Januari 2015, tepat tahun baru, pusing melanda saya. Umur semakin tua penghasilan segitu-gitu aja, kapan mau kawin?! itulah gambaran pikiran saya waktu itu yang mengawali kehidupan saya mengenal blog (walaupun sampai sekarang belum kawin juga sih).

Pada awal ngeblog sebagian besar yang benar-benar serius ngeblog dan pasti semuanya setuju akan mengalami degradasi sosial, kesehatan bahkan mungkin keuangan juga.

Iklan

Kehidupan sosial bersama kawan-kawan terganggu, jarang kumpul karena setiap hari sibuk dengan blogging. Kesehatan drop karena telat makan kurang tidur, istirahat dan sebagainya, seperti saya 2 minggu lebih kena tipus cuma bisa berbaring di pulau kapuk.

Keuangan kalang kabut harus membeli modem, karena memang belum ada pemasukan dari blog pada saat itu.

Semuanya tidak ada yang sia-sia jika kita serius, niat, kerja keras diimbangi dengan do’a. Hasil dari semua di atas yang saya sebutkan akhirnya sampai pada titik nadir.

Mungkin kurang lebih 1,4 tahun saya menemukan arti dari ngeblog itu sendiri, menemukan gaya ngeblog yang sesuai dengan kepribadian saya sendiri yaitu unik dan konyol.

Iklan

Konyol dan unik, ternyata ada dalam diri saya sudah lama. Namun baru kali ini saya menyadarinya untuk diterapkan dalam hal blogging. Pada awal ngeblog, bisa dibilang standar-standar saja bahkan bisa dibilang bukan blogger karena cuma copas sana-sini yang penting berita uptodate. Dikritik sana-sini karena beritanya cuma copas, membuat saya malu sebagai blogger.

Bagaimana jadi blogger unik?

Seperti yang saya jelaskan di atas, Anda harus tahu siapa Anda terlebih dahulu. Butuh waktu? Memang! Sama seperti mendalami ilmu bloging seperti CSS, HTML atau tetek bengek lainnya lah yang sampai saat ini pun saya masih awam dengan yang begituan. SEO apa lagi, membuat saya pusing….

Saya hanya bisa mengandalkan keunikan saya untuk menggaet pengunjung dibanding harus belajar SEO yang terlalu mendalam, walaupun ilmu SEO, juga kadang agak nyempil sedikit juga sih.

mzringgo.com merupakan blog perdana saya tampil di dunia blogging sebelum lahirnya blog baru kurikulum2013.net.

Pada awalnya isi di blog tersebut cuma copas-copas saja sampai menggunakan cara curang untuk mendapatkan penghasilan. Namun seiring berjalannya waktu karena banyak pesaing juga di topik yang blog saya bahas dan kritik sana-sini, akhirnya saya berpikir untuk membuat sesuatu yang baru yang mungkin jarang orang lakukan terutama di topik yang saya angkat.

Yang membuat berbeda blog saya dengan pesaingya bisa Anda lihat sendiri, saya menggunakan judul nyleneh dan tumbnail atau gambar yang nyleneh juga. Misal Bang Haji Rhoma Irama dan Mak Lampir yang menghiasi blog saya. Pada awalnya saya hanya iseng-iseng dan sudah merasa frustasi dengan para pesaing yang semakin banyak. Tapi di luar dugaan, ternyata banyak yang tertarik dan banyak yang penasaran dengan isi blog saya.

Tentunya isi pada postingan tidak seperti dulu, yang asal copas tapi berusaha dengan pemikiran sendiri dan penulisan bahasa konyol juga diterapkan.

cara usul NUPTK
kuota aneka tunjangankartu e-dapodik

Dari gambar-gambar itulah pengunjung mulai melirik blog saya kembali. Bahkan meningkat 3 kali lipat dari sebelumnya. Alhamdulillah…..

Kesimpulan :

  1. Galilah potensi Anda sebagai blogger, cari rahasia diri Anda.
  2. Tetap semangat, ingat inti utama blogger itu penulis. Anda sebagai blogger tidak bisa menulis lebih baik berhenti.
  3. Berdo’a

Salam sukses dari Captain Iwan / Mas Ringgo.

Tentang penulis

Captain Iwan

Captain Iwan

Blogger cantik itu infoku. Dahh itu aja,, :-D

Tulis komentar

11 Komentar

%d blogger menyukai ini: