Blogging Dasar

Blogmu adalah Gambaran dari Dirimu yang Sebenarnya, So… Rawatlah Dia!

Sahabat portal-uang, jika di kehidupan sehari-hari kita sering mendengar “kata-katamu adalah kualitas dirimu”, maka di dunia blogger pun demikian.

Disadari atau tidak, blog kita adalah cerminan dari diri kita yang sebenarnya. Cara kita menyajikan tulisan, gaya bahasanya, tampilannya, cara menyambut pengunjung, semua memiliki ciri khas yang berbeda tergantung dari pengelola blog tersebut.

Secara tidak langsung semua menggambarkan kualitas dari pemiliknya.

Namun sayang terkadang masih banyak teman-teman blogger yang tidak menyadari hal tersebut, sehingga mereka asal-asalan dalam membangun blognya, copas sana-sini sehingga membuat rusak citra dirinya sendiri.

Dan yang terbaru, saya dengar ada beberapa penulis di portal-uang ini yang menerbitkan artikel yang pernah di terbitkan di blog mereka sendiri, sungguh sangat disayangkan, padahal sudah jelas-jelas aturan untuk menulis artikel di sini adalah harus artikel original yang belum pernah diterbitkan di web mana pun.

Apa untungnya coba? Yang ada cuma merugikan diri sendiri dan blog sobat di mata para pengunjung dan blogger lainnya. Jika demikian, lantas bagaimana kita bisa berhasil dalam blogging?

Lewat artikel ini saya ingin mengajak teman-teman blogger, agar berhati-hati dalam mengelola blognya, karena blog tersebut merupakan gambaran dari diri kita, sang pemiliknya. Jaga dan rawatlah dia, kalau kita ingin memetik hasilnya di kemudian hari.

Jangan sampai citra negatif menempel pada diri kita, karena kita tidak mengelola blog dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh. Serta tidak mampu memberikan manfaat kepada orang lain melalui tulisan-tulisan yang kita tampilkan di blog, karena hanya mementingkan keuntungan semata.

Jika itu terjadi, saya yakin kita tidak akan pernah berhasil menjadi seorang blogger yang sukses dan andal, karena kesuksesan itu datang dari keikhlasan dan kesungguhan dalam berkarya dan menyajikan sesuatu, bukan dari keberuntungan dan takdir semata.

Seandainya bisa sukses dengan cara demikian pun, saya yakin kesuksesan kita tidak akan bertahan lama, karena terseleksi oleh hukum alam yang tak akan pernah dapat kita bodohi.

Lalu bagaimana cara merawat blog yang baik?

Untuk merawat blog yang baik sebenarnya tergantung dari tujuan awal kita membuat blog itu sendiri, apakah hanya untuk sekedar hobi dan coba-coba belaka, atau memang untuk bisnis jangka panjang yang bisa jadi sumber penghasilan utama kelak.

Jika sobat hanya membuat blog untuk sekedar hobi, maka tidak perlu terlalu pusing untuk memikirkan perkembangan dan perawatan blognya, karena semua itu tidak terlalu berpengaruh dengan tujuan dan motivasi kita dalam membangun blog.

Lain halnya kalau tujuan awal kita membuat blog, dengan harapan bisa menjadi sumber penghasilan kelak, maka kita harus merawatnya dengan baik dan sepenuh hati, agar blog kita bisa terus berkembang dan mendapatkan hasil yang sesuai seperti yang kita harapkan.

Nah itu dia bos. Tinggal bagaimana caranya biar gak bosen, hehe…. Cara merawatnya sendiri, sudah banyak para senior-senior di dunia blogger yang mau membagikan tips-tipsnya dari pengalaman mereka selama bertahun-tahun ngeblog salah satunya admin portal-uang sendiri, ada banyak sekali tips dan trik blogging yang beliau bagiakan, silahkan sobat baca: Tips Blogging.

Di sini saya hanya ingin memberikan gambaran kepada sobat blogger, terutama yang masih baru bahwa blog itu adalah perwakilan diri kita di dunia maya, di mana orang lain dapat mengenal dan menilai kita dari blog yang kita buat dan kita kelola, jadi kalau kita mau berhasil, kita harus merawatnya dengan sunggh-sungguh seperti merawat diri kita sendiri.

Sekian dulu di kesempatan kali ini semoga bisa bermanfaat.

Tentang penulis

Tresna Amanah

Tresna Amanah

Seorang blogger baru yang pengen banget sukses dari blogging dan menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama

Tulis komentar

3 Komentar

  • Wah setuju sekali.. Apalagi blog personal ibarat rumah, setiap ada opini, kekesalan atau keluhan kadang kita hanya perlu menuangkannya di rumah kita alias blog kita..

  • Tepat sekali.. sebuah blog memang akan menggambarkan sifat atau kualtias dari pemiliknya. Untuk membuat blog itu sendiri bisa berpenghasilan, tentu kita harus mau kerja keras membuat content berkualitas dan tetap konsisten. Makasih mas untuk artikel ini.