Blogging Dasar

Masih Mencari Web Hosting Gratis? Think Again!

Saat seseorang baru memasuki dunia blogging, biasanya ia mencoba untuk tidak mengeluarkan uang sepeser pun. Dan saat seseorang itu mengenal tentang web hosting, maka ia bertanya: “Adakah web hosting gratis?”

Ya, ini sesuatu yang umum. Bahkan mungkin Anda pernah mendengar ujar-ujar: “Mengapa harus membayar, bila bisa mendapatkannya secara gratis?”

Ya, oke. Tapi ketahuilah bahwa sebenarnya tidak ada yang namanya makan siang gratis. Anda bingung? Tidak masalah. Dan memang nyatanya para blogger serius dan profesional, tidak akan menggunakan web hosting gratis, mereka memilih membayar untuk mendapat web hosting yang bagus. Kenapa? Mari kita cari tahu lebih jauh.

Mengapa ada web hosting gratis?

Pertanyaan yang bagus. Jika ada perusahaan web hosting menawarkan layanannya secara cuma-cuma, itu artinya mereka mendapatkan manfaat dari sana, apapun bentuknya.

Coba saya tanya, bila Anda memulai sebuah bisnis, dan Anda tidak mendapat keuntungan dari bisnis tersebut, haruskah Anda terus menjalankannya?

Betul, banyak website menyediakan layanan secara gratis, sebut saja Facebook misalnya. Tapi, mereka meraih keuntungan banyak dari iklan. Blogger milik Google, Anda bisa membuat ratusan blog di sana dengan gratis, tapi mereka berharap Anda menjalankan program Google Adsense sebagai sumber pemasukan bagi mereka.

Intinya, segala sesuatu yang gratis, harus ada imbal-baliknya, jika tidak mereka akan gulung tikar. Benar?

Kembali pada pertanyaan di atas, lalu kenapa ada web hosting gratis?

Ada beberapa alasan mengapa mereka menawarkan layanan dengan cuma-cuma, di antaranya bertujuan:

1. Promosi brand
Beberapa web bhosting yang menyediakan layanan gratis bertujuan untuk mempromosikan layanan berbayar mereka. Artinya, mereka menawarkan layanan terbatas. Sehingga, pengguna bisa mencoba layanan mereka, lalu diharapkan upgrade ke layanan berbayar.

Satu hal yang pasti, layanan gratis mereka tidak akan sebaik layanan berbayar.

2. Biaya tersembunyi
Ya, beberapa perusahaan menyediakan secara gratis, namun tetap memberi tagihan kepada penggunanya. Katakanlah, $5 untuk maintenance, $10 untuk layanan A, B, dan seterusnya.

Itu artinya mereka tidak memperlakukan pelanggaan dengan baik dan semestinya. Masihkah Anda memilih perusahaan layanan macam ini?

3. Iklan, iklan, iklan
Ada beberapa lainnya yang akan menampilkan iklan ‘secara paksa’ pada website pelanggan mereka. Bila ada seseorang yang mengklik iklan itu, perusahaan tersebut dapat uang.

Dengan cara ini, mereka mendapatkan profit dengan memberi layanan secara gratis. Memang tidak semua layanan hosting gratis menerapkan cara ini, namun ini memang benar-benar ada. Dan saya tidak menyukai mendapatkan uang dengan cara seperti ini.

4. Uji coba layanan atau perubahan baru
Alasan terakhir ini adalah sesuatu yang masuk akal. Jika mereka memiliki pelanggan dan ingin mencoba sesuatu yang baru pada server mereka, maka itu adalah sesuatu yang beresiko.

Nah, jika mereka memiliki layanan gratis, maka mereka bisa melakukan uji coba untuk pengguna gratisan. Kenapa? Karena pengguna gratisan tidak bisa komplain seandainya terjadi masalah.

Ini mungkin alasan yang sangat jarang, dan jujur saya juga tidak mengetahui persis apakah ada perusahaan web hosting yang melakukannya. Namun secara logis, hal ini sangat mungkin terjadi.

Apakah layanan web hosting gratis benar-benar tidak berguna?

Tidak juga. Ada beberapa kondisi kita mungkin perlu sebuah web hosting gratisan. Namun sebelumnya, mari saya sampaikan dulu apa kelebihan dan kekurangan dari sebuah web hosting gratis.


Kelebihan:

1. Tidak perlu keluar uang
Ya, ini lah kelebihan utamanya: gratis alias tidak perlu keluar uang! Ketika Anda mendapatkan sesuatu secara cuma-cuma, bukankah itu sesuatu yang bagus? Tidak ada kontrak atau perjanjian apapun. Tidak ada tagihan. Anda bisa keluar kapan saja. Tidak ada resiko apapun!

2. Cocok untuk uji coba
Anda bisa lebih mudah melakukan berbagai tes. Contoh, Anda sedang belajar PHP dan ingin menguji kode yang Anda buat, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Ada banyak keuntungan menggunakan layanan web hosting gratis untuk tujuan ini. Anda bisa belajar lebih jauh tentang database dan PHPMyAdmin, dan sebagainya.

3. Belajar membangun website
Bila Anda belum tahu bagaimana mengelola sebuah hosting web, atau bagaimana membangun website dari nol, maka Anda bisa belajar melalui hosting web gratis! Tidak ada resiko, Anda bisa bebas untuk belajar dan melihat hasilnya.

Kekurangan:

1. Support yang buruk
Ketika website Anda bermasalah, kemana Anda mencari solusi? Kepada siapa Anda minta bantuan?

Di sini lah support mengambil peran. Web hosting yang Anda pilih harus lah memiliki support sistem yang baik. Sayangnya, banyak penyedia hosting gratis tidak menyediakan dukungan yang bagus. Jikapun ada, hanya menyediakan membuat tiket dan baru akan dijawab 2 – 3 hari kemudian.

Maukah Anda menunggu selama 2 hari, yang itu artinya Anda kehilangan pelanggan berharga Anda?

2. Miskin fitur
Anggap Anda membutuhkan bakcup otomatis, fitur SEO dan banyak lagi lainnya, kemungkinan besar Anda tidak mendapatkannya dari sebuah web hosting gratisan.

Hosting gratis hampir selalu tidak memiliki banyak fitur yang diperlukan agar sebuah website bisa berjalan mulus dan tanpa kendala.

3. Downtime
Banyak layanan hosting gratis mengalami hal ini. Mereka tidak menawarkan garansi uptime. Itu artinya, website Anda bisa down kapan saja. Bila website Anda down, untuk beberapa jam saja, sungguh itu sesuatu yang sangat buruk dan Anda akan kehilangan banyak dari website Anda.

4. Batasan jumlah pengunjung
Saya sungguh tidak suka batasan yang satu ini. Dan layanan web hosting gratis biasanya memiliki batasan jumlah visitor yang bisa mengunjungi website Anda, misalnya tidak lebih dari 200 pengunjung setiap harinya.

Tentu saja, ini sesuatu yang buruk bagi blogger yang menginginkan perkembangan trafik tinggi untuk blog mereka. Saya dulu pernah menggunakan hosting gratis, dan seringkali mendapat email masuk: “Akun diblokir sementara karena mencapai batas trafik”.

5. Kekurangan sumberdaya
Tidak ada yang namanya ‘unlimited’ untuk sebuah hosting gratisan. Bila bandwidth Anda mencapai batas, mereka pun bisa menangguhkan akun Anda.

Biasanya mereka membatasi kapasitas disk, bandwidth dan sebagainya. Juga biasanya, hosting gratis menyediakan limit CPU dan RAM yang sangat rendah.

6. Resiko keamanan
Tahukah Anda, setiap hari banyak sekali website di-hack karena lemahnya sistem keamanan di server mereka? Bicara masalah keamanan, biasanya layanan web hosting gratisan memiliki kinerja yang buruk. Maukah menanggung resiko kehilangan website Anda?

7. Sponsored / Iklan
Banyak layanan web hosting gratis menampilkan iklan di website penggunanya. Sungguh, ini sesuatu yang amat buruk. Mereka menampilkan iklan yang mengganggu kenyamanan pengunjung. Namun yang lebih penting lagi: Bersediakah Anda membiarkan orang lain menampilkan iklan di website Anda tanpa Anda mendapatkan uangnya?


Itulah kelebihan dan kekurangan dari sebuah web hosting gratis. Dengan banyaknya kekurangan itu bukan berarti ia sama sekali tidak bermanfaat. Setiap hal pasti memiliki sisi baik.

Lalu, untuk siapa layanan web hosting gratis ini?

Anda BOLEH menggunakan web hosting gratis, jika:

1. Anda baru saja belajar tentang web hosting, belajar menginstall website, dan sebagainya.

2. Anda ingin belajar pemrograman web, seperti PHP dan lainnya.

3. Anda memiliki website yang sangat sulit mendapatkan pengunjung lebih dari 50 orang per hari.

4. Anda benar-benar tidak memiliki uang.

5. Anda tidak mempercayai artikel ini, dan ingin membuktikan alasan-alasan yang saya sampaikan di atas.

Anda TIDAK BOLEH menggunakan web hosting gratis, jika:

1. Anda ingin membangun website yang meraih trafik tinggi.

2. Anda ingin membuat sebuah website profesional.

3. Anda akan memulai bisnis online sendiri.

4. Anda memiliki situs untuk berjualan.

5. Dan banyak lagi alasan lainnya.

Sederhananya, bila Anda serius membangun sebuah website / blog, apalagi ingin menjalankan bisnis online dan bisa menghasilkan uang dari internet, maka JANGAN PERNAH memilih web hosting gratisan.


Web hosting yang saya rekomendasikan

Ada banyak layanan web hosting yang bagus. Namun, jika saya harus merekomendasikan salah satunya, tentu saya hanya akan menyarankan layanan yang saat ini saya gunakan, yaitu:

[eafl id=2122 name=”DewaWeb” text=”Cloud Hosting dari DewaWeb”]

Karena saya 99.9% mendapat pengalaman memuaskan dari layanan mereka, dan saya harap Anda akan mendapatkannya juga.

Kesimpulan

Sekarang, Anda telah memahami kelebihan dan kekurangannya. Sebuah web hosting gratis bisa menjadi pilihan bagi mereka yang baru memulai dan ingin ber-eskperimen dengan dunia online. Tapi, bila Anda seorang profesional, ia sama sekali bukan lah sebuah pilihan.

Saya harap Anda mendapatkan manfaat dari artikel ini. Dan saya sangat berterima kasih bila Anda mau membagikannya ke teman-teman Anda lainnya.

Nah bagaimana? Masih mencari web hosting gratis? Think again! Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

16 Komentar

  • Mas gee, saya kan butuh hosting yang bisa menampung trafik 20-30 ribu pengunjung perhari. Kira kira paket hosting apa yang cocok?
    Share hosting atau VPS.
    Kalo share hosting itu trafik segitu butuh space dan banwid berapa ya kira kira ?

    Sekalian rekomendasi hosting terbaik dari mas gee.

  • salam, mas gee jhon.
    saya pakai web hosting Google alias nggak pake dr provider. kata abang saya Google itu unlimited jd saya nggak ngelirik yang lain. bagaimana pendapat mas gee jhon?

    • ya tidak masalah bos. silakan saja dan sebenarnya gak unlimited juga, maksimal sampai 15GB. kekurangannya, adalah kita tidak pernah benar2 memiliki blog kita sepenuhnya. Pernah dengar cerita bahwa blog yg tiba2 dihapus oleh Google? Ya itu hak mereka, kan kita numpang???!! Nah, itu gakan terjadi jika kita menggunakan hosting sendiri.

  • artikelnya bagus bos ghe jhon. tapi bagaiman klo kita pakai Costum Domain dari Blogspot.com apakah bagus untuk blog yang kita kelola ataukah nantinya akan ada masalah di kemudian hari ? terimakasih mohon jawabannya

  • Mantaap benar artikelnya bos gee jhon. Jujur, dulu saya pernah bilang bahwa saya juga ingin punya web sendiri tanpa harus menggunkan gratisan seperti domain gratis. Dan saya juga masih menggunakan domain gratis seperti (dot tk). Saya juga ada menggunakan momain berbayar seperti (dot com), tapi sekarang view nyan masih banyak yg dot tk. Saya juga ingin mengembangkan web saya yg berdomain dot com, namun ilmu masih sangat terbatas bos. Dengan adanya portal uang ini saya juga membantu terkait informasi yg ada.

    Harapan satu lagi ingin mendapatkan akun adsense, yg bisa menghasilkan macan bos gee jhon hehee semoga aja la.. aminn…

    sukses terus bos gee jhon…

  • Mas, gimana jika web hosting yang gratisan dari Rumah WEB? saya sudah coba hosting gratisan di rumah web dan hasilnya bagus mas.. seperti kemaren yang di gratiskan yaitu domain .id

    Apakah sama saja jika domain gratisan dengan domain harga promosi, contohnya hanya dengan harga 10 rb, itukan sama saja dengan hanya sedikit keluar modal..

    • yang dimaksud hosting gratis atau domain gratis bos? Yang saya uraikan di artikel ini adalah hosting gratisan. Dan mengenai rumahweb, saya tidak tahu tentang hosting gratisan di sana. Oya alamat blognya rumahmedia[dot]id tidak bisa saya buka. 🙂

  • Saya juga punya website di web hosting gratis mas, memeng tujuan saya hanya untuk belajar wordpress saja. Dan menurut saya web hosting gratis memeng sangat bermanfaat untuk mereka yang ingin belajar membuat website secara cuma-cuma. Hehe

      • sebelumnya salam kenal mas. amazing nih pembahasanya mas, saya pengguna hosting gratisan. baru nyoba make wordpress soalnya jadi lagi nyari2 theme juga biar nanti kalo udah mantep baru pake hosting berbayar. banyaknya theme di wordpress bikin saya suka ganti-ganti theme, bahaya ga mas kl ganti2 theme? oya theme portal uang keren deh, boleh tau theme apa ya mas, apa modifikasi sendiri? trims

      • salam kenal kembali bos Zaen.

        ya sip, kalau tujuannya untuk uji coba, hosting gratis memang berguna. mengenai ganti2 theme, sy kira gak masalah, tapi juga jgn terlalu sering, krn itu membuat pembaca jadi bingung, dan blog tidak akhirnya tidak memiliki brand yg kuat. theme portal uang menggunakan the voice,