Strategi Blogging

Satu Blog Banyak Topik atau Banyak Blog Satu Topik: Mana yang Terbaik?

Saat memutuskan membuat blog, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih dan menentukan topik blog. Dan langkah ini tidak selamanya mudah bagi sebagian orang. Apalagi bila dihadapkan pada bermacam pilihan topik.

Anggap saja misalnya, Anda menyukai beberapa topik sekaligus, yaitu:  otomotif, kesehatan dan gadget.

Lalu mungkin Anda bertanya, manakah yang paling berpeluang mendapatkan trafik lebih banyak: menulis topik masing-masing di blog berbeda atau menulis semua topik tersebut dalam satu blog?

Beberapa kali saya pernah ditanya tentang hal ini. Dan ini lah jawaban saya:

Kedua strategi bisa bekerja dengan sama baiknya. Namun untuk membantu Anda memutuskan memilih yang mana, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan dari kedua strategi di atas.

Kelebihan satu blog dengan banyak topik

Kelebihan utama dari strategi ini adalah, suatu saat Anda akan memiliki domain yang sangat kuat, karena mampu menciptakan keterkaitan dan link (baik inbound maupun outbound) dari berbagai topik dan channel konten berbeda. Seiring waktu dan perkembangan blog, itu akan membuat relatif lebih mudah mendapatkan ranking bagus dari mesin pencari, karena tingkat kepercayaan yang tinggi dan kekuatan dari domain utama. Ini lah yang membuat website seperti Wikipedia dan Digg mendapat rank sangat baik di Google.

Kelebihan lainnya lagi, adalah bahwa Anda memiliki fleksibilitas dan potensi pengembangan tak terbatas. Karena domain Anda bersifat generik, Anda bisa mudah menambah atau menghapus topik dari waktu ke waktu tanpa harus membangun brand dari nol setiap kalinya.

Kelemahan satu blog dengan banyak topik

Kekurangan utama dari blog dengan banyak topik, adalah kenyataan bahwa Anda memerlukan investasi yang banyak, baik waktu, tenaga dan modal untuk bisa sukses.

Kenapa?

Karena Anda perlu memperlakukan blog Anda seperti sebuah portal konten. Ini berarti Anda mesti memikirkan dan memiliki desain yang sesuai dengan struktur website portal konten, kanal-kanal berbeda untuk tiap topik, penulis berbeda untuk masing-masing kanal agar bisa konsisten update secara teratur.

Mencoba membangun portal konten sendirian dan tanpa investasi memadai, barangkali tidak akan mencapai seperti yang Anda harapkan.


Kelebihan banyak blog dengan satu topik

Kekuatan dari memiliki banyak blog, masing-masing dengan topik berbeda, Anda relatif akan lebih mudah menarik pengunjung setia untuk masing-masing blog tersebut. Semakin Anda fokus pada satu topik, semakin besar peluang meraih perhatian dari pengunjung, dan mereka akan senang untuk kembal lagi dan lagi.

Kelebihan kedua, bahwa blog yang fokus pada satu topik akan lebih mudah untuk dimonetisasi, baik dengan menjalankan afiliasi, PPC dan lainnya. Pengiklan menyukai blog yang fokus, karena mereka lebih mudah mengontrol target dari kampanye mereka.

Kelemahan banyak blog dengan satu topik

Kekurangan pertama, dibutuhkan energi dan energi lebih besar untuk mengelola semuanya. Mulai dari webhosting, desain, software, periklanan, promosi, dan banyak lagi lainnya. Semakin banyak blog yang Anda kelola, semakin besar upaya yang diperlukan.

Selain itu, Anda juga mungkin akan ‘kelelahan’ untuk mengelola diri sendiri. Bila Anda tidak mampu memperbarui konten secara teratur, juga aktivitas blogging lainnya, maka bisa jadi semua blog tidak bisa mencapai potensi terbaiknya.


Kesimpulan

Dari uraian di atas, Anda telah mengerti kelebihan dan kekurangan antara pilihan: satu blog dengan banyak topik atau banyak blog dengan satu topik. Mana yang terbaik untuk Anda, sepenuhnya itu adalah keputusan personal.

Namun bila Anda bertanya kepada saya, maka strategi yang saya sukai adalah memilih niche blog, atau blog yang fokus pada satu topik. Anda hanya perlu memastikan bahwa topik yang dipilih tidak terlalu sempit. Seperti misalnya, topik ‘Wisata Bali’ barangkali terlalu sempit, ‘Wisata Indonesia’ saya kira lebih mudah dikelola. Kecuali, bila memang Anda berniat membangun micro niche blog.

(Mengenai apa yang dimaksud micro niche, akan saya paparkan pada kesempatan lain)

Tambahan lainnya, saya lebih menyukai mengelola satu blog saja dalam satu waktu. Karena akan lebih mudah dan fokus untuk membuatnya berhasil. Melakukan terlalu banyak hal di saat yang sama, adalah salah satu yang mengakibatkan kegagalan.

Nah, bagaimana bos? Sudah bisa memutuskan mengambil strategi yang mana? Bagikan melalui komentar. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

24 Komentar

  • matur sembah nuwon om.. pencerahan hari ini, sy ad 2 akun dan masing2 1 akun ada 5 blog jd bs d byangin sya harus urus 10 blog scra teratur.. wah mksih bget wwasan sampeyan, sukses ya n update sllu..

  • Kalau saya pilih satu blog banyak topik aja mas 🙂 soalnya satu blog saja udah susah ngurusnya apalagi punya banyak & kalau topiknya ga dibatasi kayanya lebih gampang cari ide, asal pilih topiknya yang bener2 kita kuasai atau sukai

  • untuk blog yg multi topic, bagusnya harus pake themes magazine ya gan? ada rekomendasi themes magazine buat wp yg responsive, fast loading apa enggak gan?

    • ya sepertinya begitu bos. krn dg theme magazine lbih mudah mudah mengatur tata letak kategori di homepage. mengenai rekomendasi, entahlah… sy gak bisa menyarankan apapun. silakan googling. ada banyak sekali theme magz yg bagus2

    • saran aja, drpd mkir ads di blog gimana klo coba ads di youtube, min 1-2 video yg relevan n buat public pemirsa n tanem di akun youtube 1 minggu, lalu dftar adsense lewat akun yg ad video tu, gk perlu tgu harian utk approve full.. sy cm iseng dftar via youtube, 2jam approve full..

  • mas, saya kan mau membuat blog, tapi saya punya akun adsense lewat youtube. nah yang hrus sya lakukan apa jika suatu hri nnti sya ingin monetisasi blog sya, kan ktanya 1 orng 1 akun adsense jgn lbih?
    1. membuat blog dengan email yg berbeda dari email youtube? dan ats nma istri sya contohnya.
    2. membuat blog dengan email yg sma dgn akun youtube?
    3. atau ada pndapat mngkin yg lbih baik? trima ksih..

    • kita sama, senasib.. byak mikir niche yg cocok buat blog smp berbulan2 gk nulis artikel sdgkan buat blog udh 10 blogg..

  • Mungkin boleh ditambah pembahasannya tentang satu blog dengan banyak topik atau satu blog dengan topik niche.

    Kalau bikin banyak blog memang repot, karena punya satu blog dan bisa menghasilkan aja bisa ngabisin waktu, uang, dan tenaga yang banyak. Apalagi lebih dari 1, saya rasa sulit sekali mengelola banyak blog sendirian, bahkan walaupun cuma 2 atau 3 blog.

    Kalau saya mending punya 1 blog dengan banyak topik (gado-gado) ketimbang banyak blog dengan 1 topik, hehe..

  • Saya karena pakai adwords jadi tahu, kalau advertiser tuh bisa sampai pilih situs tertentu untuk memasang iklannya. Jadi kalau niche keuntungannya juga disitu.

    Saya jelas kalau pasang iklan dengan target spesifik tertentu akan milih website dengan niche tertentu. Karena saya ingin trafik yang spesifik agar bisa terkonversi.

    • Ya betul itu bos. Pengiklan akan lbh suka menargetkan situs dg konten spesifik. Itulah yg disebut penargetan penempatan. Dan dengan sistem smart pricing, Google Adsense mampu menetapkan harga secara cerdik harga klik berbeda di situs yg berbeda.

  • Permisi mas Gee, maaf mau tanya tapi oot,
    jadi begini mas, sekitar satu minggu yang lalu aku bikin blog baru menggunakan subdomain dan kini sudah ada 4 artikel.
    Nah, apakah blog baru tsb sudah boleh dipasang adsense apa belum mas? Sebelumnya aku juga sudah punya akun adsense. Mohon penjelasannya mas 🙂
    oiya ini blog baruku mas, http://infonya.indradp.com , mungkin mas Gee bisa melihatnya apa blog tsb udah sesuai dgn TOS adsense. 😀

    • bila sudah memiliki akun adsense, tentu saja boleh bos. tidak masalah….

      note: lain kali, jika ada pertanyaan, tapi oot, sebaiknya lemparkan ke saja forum 🙂

      • ow maaf mas, tadi aku sudah coba buka forum portal uang tapi gak tampil forumnya, mungkin karena aku pakai hp jadul bukanya. Oke mas,, lain kali akan aku coba lagi post ke forum kalau ada pertanyaan . 🙂
        oiya, terima kasih penjelasannya mas 🙂