Lain-lain

Tips Terbaik Sebelum Anda Menulis Artikel Tamu di PortalUang

PortalUang adalah salah satu pemain di niche blogging, internet marketing dan blogging for money, yang cukup disegani oleh kalangan blogger Indonesia, meski banyak sekali pemain-pemain lain yang tak kalah hebatnya.

Orang di belakang PortalUang, ia adalah seorang freelancer desain grafis, yang berusaha keras memberi manfaat dan menjadi sumber informasi tentang bagaimana menghasilkan uang dari internet, dari blog dan Youtube khususnya. Ia adalah seorang yang bersahabat, ramah, bersedia menjawab semua pertanyaan dari pembaca. Dan ia telah memilih blogging sebagai jalan karir.

Ya, ia adalah Bos Gee Jhon, seorang blogger sahabat saya, sekaligus ‘guru’ saya dalam menjalani profesi sebagai seorang blogger.

Saya memanggil ‘bos Gee Jhon’ karena memang beliau sendiri selalu memanggil BOS kepada setiap orang.

Dia telah membangun PortalUang sejak 4 tahun lalu, yang tentu saja bukan hal mudah mencapai keadaan seperti sekarang, dengan penghasilan lebih dari $1.500 setiap bulannya. Dan sejak beberapa bulan lalu, PortalUang membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menjadi penulis tamu, bahkan menawarkan reward Adsense Sharing bagi penulis.

Tentu saja ini kabar baik. Seperti yang disampaikan oleh Mas Juan Feju dalam ‘Menulis Artikel Tamu di Tempat Orang, Rugi! Benarkah?‘, bahwa menulis di blog lain yang telah memiliki reputasi baik, adalah hal yang sangat bagus untuk perkembangan blog Anda sendiri.

Tapi bagaimana cara menulis sebagai blogger tamu di PortalUang? Apakah setiap tulisan yang dikirimkan akan disetujui oleh pemilik blog?

Setelah menelisik konten yang ditulis oleh Bos Gee Jhon, saya menyimpulkan bahwa ia menyukai artikel berkualitas yang mendalam. Dan saya setuju sepenuhnya dengan hal ini, karena sebesar apapun blog Anda, konten berkualitas yang ditulis secara mendalam dan detil, itulah yang dicari dan disukai orang-orang.

Oleh karena itu, bisa dimengerti jika Gee Jhon berusaha menyortir kiriman artikel yang masuk, dan hanya mau menerbitkan yang benar-benar memiliki kriteria dan kualitas yang ia tetapkan.

4 hal yang perlu diingat sebelum menulis di PortalUang:

1. Pastikan Anda tidak menyalin konten dari mana pun di internet (jangan menjadi plagiator).

2. Edit dan baca lagi artikel Anda, 2 kali atau 3 kali sebelum dikirimkan.

3. Beri tautan ke konten relevan lain, baik ke konten PortalUang sendiri maupun konten di website lain. Jangan pernah memberi link ke website berkualitas rendah. Berilah tautan ke website terpercaya, seperti Wikipedia atau lainnya, yang memiliki otoritas bagus.

Nah, itulah beberapa poin yang ingin saya sampaikan, bahwa menjadi penulis tamu di blog lain, seperti halnya Anda sedang mempromosikan diri, menunjukkan yang terbaik kepada pembaca yang lebih luas. Karena itu menjadi penting, Anda menjaga kualitas artikel agar dapat disetujui oleh pemilik blog.

Saya menyampaikan hal ini, karena kemarin sempat berbincang dengan Mas Gee Jhon, bahwa banyak sekali artikel kiriman dari kontributor yang terpaksa tidak bisa diterbitkan. Sayang sekali bukan, bila Anda telah menghabiskan waktu menulisnya tapi tidak bisa diterbitkan?

Coba sekarang bayangkan, jika Anda berada posisi Bos Gee Jhon, akankah Anda menerima artikel tamu yang berkualitas asal-asalan?

Butuh lebih dari 4 tahun, bagi seorang Gee Jhon membangun reputasi blog ini. Bagaimana Anda berharap ia mengorbankannya dengan menerima semua kiriman artikel yang tidak berkualitas di blognya?

Kesabaran, adalah modal kunci bagi siapa saja ingin yang ingin berkarir sebagai blogger. Tidak satu pun cerita bahwa orang dapat sukses ngeblog dalam semalam. Membuat blog, menulis artikel serampangan, memasang iklan Adsense, sama sekali tidak akan membuat Anda mendapatkan uang.

Anda perlu membuat konten bagus, membangun reputasi, membangun komunitas, aktif dan terlibat di media sosial, dan banyak lagi usaha lainnya untuk mengantar Anda kepada kesuksesan.

Kesabaran adalah kunci. Untuk itu, bila artikel pertama Anda ditolak oleh PortalUang, janganlah menyerah. Perbaiki lagi dan ikuti saran dari pemilik PortalUang. Saya pun telah belajar banyak dari beliau.

Nah, sahabat blogger: Dapatkah Anda belajar sesuatu dari apa yang sampaikan di atas? Beritahu saya, apa saja yang telah Anda belajar dari PortalUang dan Gee Jhon? Berikan tanggapan melalui komentar.

Untuk Bos Gee Jhon, terima kasih telah bersedia menerbitkan artikel ini.

Tentang penulis

Alip Asmara

Alip Asmara

Tulis komentar

9 Komentar