Bisnis Afiliasi

9 Cara Mudah Meningkatkan Pendapatan dari Afiliasi

tips meningkatkan pendapatan afiliasi
Ditulis oleh Gee Jhon

Apakah Anda sudah cukup lama menjalankan bisnis afiliasi, namun tidak ada hasil yang berarti?

Cara kerja sistem afiliasi memang sangat sederhana: Anda hanya perlu mencari produk yang tepat, mendaftar program afiliasi ke website penjual produk, mendapatkan link khusus dan ‘memasarkannya’ melalui berbagai cara, terutama di blog Anda sendiri.

Tapi jika Anda berpikir bahwa cukup dengan memasang banner afiliasi di blog, lalu selesai dan berharap hasil maksimal, maka Anda salah besar!

Untuk pemula:
Panduan Dasar Afiliasi
Memilih Produk Afiliasi yang Tepat

Perlu usaha lebih dari itu untuk mendapat hasil maksimal dari program afiliasi. Dan berikut adalah tips mudah untuk memaksimalkan pendapatan dari afiliasi:

1. Relevansi produk dan pembaca

Ada perbedaan mendasar yang perlu Anda pahami: Apakah orang-orang mengunjungi blog Anda setelah membeli suatu produk, atau mereka akan memutuskan sebelum membeli produk?

Karena itu, Anda perlu membuat konten, khususnya bagi mereka yang sedang memutuskan untuk membeli sebuah produk yang Anda promosikan, bukan setelah mereka memilikinya.

2. Memilih produk yang tepat di waktu yang tepat

Satu perlu diingat, tidak semua produk bisa dijual dengan mudah. Karena itu Anda perlu mengetahui tren yang sedang terjadi. Anda bisa menggunakan Google Trend untuk mengetahui produk-produk apa saja yang sedang banyak diburu.

3. Promosikan produk bernilai jual tinggi

Menawarkan produk bernilai jual tinggi, memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dengan usaha yang lebih sedikit. Selain soal harga, pastikan Anda hanya merekomendasikan produk yang berkualitas. Ini penting untuk memupuk kepercayaan dari pembaca.

4. Tulislah posting yang efektif

Buatlah posting yang menjelaskan produk yang Anda rekomendasikan. Buatlah perbandingan dari berbagai produk / layanan serupa. Posting macam ini sangat-sangat membantu pembaca dalam mengambil keputusan untuk membeli.

5. Manfaatkan media sosial

Iklankan dan promosikan link afiliasi Anda ke berbagai media sosial. Sampaikan alasan mengapa Anda merekomendasikannya, kelebihan dan kekurangannya dibandingkan dengan produk lain, serta mengapa penting semua orang tahu tentang produk tersebut.

6. Membuat video yang menjual

Ini sebuah cara yang sangat hebat. Buatlah video tentang produk yang Anda rekomendasikan. Bisa mulai dari kelebihan dan kekurangannya, cara penggunaannya, sampai manfaat nyata dari produk tersebut. Upload video ke Youtube atau video hosting lainnya.

Cari ini juga selain mampu meningkatkan pendapatan afiliasi Anda, juga sangat bagus sebagai media promosi blog Anda sendiri dan akan mendatangkan trafik yang sangat baik.

7. Manfaatkan momen khusus dan hari libur

Orang-orang senang pada saat momen-momen khusus dan hari libur, dan pada saat yang sama, mereka juga akan berbelanja lebih banyak dari biasanya.

Karena itu pilihlah produk-produk yang sesuai dengan momen spesial dan hari libur, seperti libur sekolah, hari raya dan sebagainya.

8. Memasang iklan di tempat lain

Sulit rasanya kita bisa menempatkan link afiliasi di blog / website orang lain. Tapi Anda tetap dapat melakukannya dengan cara membuat banner / unit iklan sederhana dan mulai berkampanye di blog lain.

Cari blog dengan topik yang sesuai, dan tawarkan Anda ingin memasang iklan di sana dengan harga yang ‘masuk akal’.

9. Jangan gunakan link afiliasi langsung

Biasanya link afiliasi berupa tautan yang cukup panjang berikut tracking code dari afiliasi Anda. Dan ini bukanlah sesuatu yang bagus di mata pembaca.

Gunakan plugin khusus untuk mengelola link afiliasi, atau paling tidak gunakan short-url sebagai pengganti link afiliasi Anda. Selain link lebih mudah dibagikan ke sosial media (semisal Twitter, FB), juga akan lebih ‘ramah’ di mata pembaca.

Nah, itulah 9 tips mudah yang dapat membantu Anda meningkatkan hasil dari program afiliasi. Apa saja yang telah Anda lakukan? Atau Anda punya tips lainnya? Silakan berbagi melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

7 Komentar