Desain Blog

Desain Web Minimalis dari Genesis yang Bisa Anda Gunakan

Desain Web Minimalis
Zaifhul Imam
Ditulis oleh Zaifhul Imam

Sebelumnya saya telah menulis artikel tentang 5 hal yang saya pelajari sebagai seorang web desainer di situs PU ini. Tanpa disangka, hanya dari tulisan tersebut, saya mendapatkan pesanan untuk mendesain web berbasis framework Genesis dari salah seorang pembaca.

Sebelum melangkah lebih jauh, anda yang masih asing dengan framework premium wordpress ini, maka anda bisa merujuk pada artikel yang telah saya buat (penjelasan tentang tema genesis dan frameworknya) terlebih dahulu. Serta jika anda tertarik, anda bisa mendownload beberapa koleksi tema genesis yang saya sediakan secara gratis disana.

Sekarang mari kita kembali ke topik dari artikel ini: Desain web minimalis.

Ketika mendengar kata minimalis, maka pikiran saya akan langsung tertuju pada dua kutipan dibawah ini:

Simplicity is the ultimate sophistication”

“If you can’t explain it simply, you don’t understand it well enough”

Kedua kutipan diatas mengandung suku kata bahasa inggris “Simple” yang berarti “Sederhana”. Dan kata sederhana itu sendiri tidak sama dengan arti “kekurangan” atau jika dikaitkan dengan urusan desain web berarti “Featureless”.

Justru sebaliknya, saya berpendapat bahwa desain web yang minimalis adalah desain web yang cenderung pada penekanan hal-hal yang penting saja, yang mana berujung pada peningkatan nilai dari “user experience” dari suatu situs web.

Kali ini saya tidak akan berkomentar tentang “jeleknya” desain dari berbagai situs web di Indonesia, karena saya sendiri tidak ingin membuat konflik dengan para webmaster di Indonesia. Akan tetapi, kali ini saya akan menjelaskan “benchmark” dari tampilan web yang minimalis sekaligus membagikan kepada anda beberapa contoh tema minimalis dari genesis yang bisa digunakan sebagai tampilan dari situs web/blog wordpress anda.

Benchmark

Untuk menilai apakah sesuatu itu pantas atau tidak tentu membutuhkan suatu benchmark atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai tolak ukur. Menilai tampilan web yang minimalis pun membutuhkan benchmark. Setiap orang tentu mempunyai tolak ukur masing-masing, sama halnya dengan kami, para web desainer.

Terlepas dari fakta diatas, kali ini izinkanlah saya menuliskan tolak ukur  saya pribadi terkait tampilan web seperti apa yang dapat digolongkan sebagai tampilan minimalis:

Mempunyai Warna Putih

Jika anda memperhatikan tampilan dari setiap situs yang anda kunjungi, maka saya yakin satu hal yang biasanya anda dapati adalah keberadaan warna putih pada situs web terkait. Memang tidak semua situs menjadikan warna putih sebagai warna dasar, karena yang lebih penting adalah mereka  tetap menggunakannya.

Ada apa dengan warna putih? dan apa kaitannya dengan minimalis? Pertanyaan yang menarik.

Bagi saya, penggunaan warna putih pada situs web menggambarkan kebersihan, kerapian, serta profesionalisme dari web dan pemilik web itu sendiri. Kaitan antara warna putih dengan tampilan minimalis itu sendiri tidak lain karena warna putih dapat memberikan penekanan pada konten yang ditampilkan.

Saya tidak bisa menjelaskan alasan ini dengan jelas kepada anda menggunakan kata-kata, faktanya saya sama sekali tidak bisa menjelaskan pendapat saya diatas. Meskipun demikian, saya yakin anda bisa memahami maksud saya, apalagi jika anda sering berkutat dengan permasaalahan desain web.

Tidak Menggunakan Sidebar

Saya sangat menyukai desain web mas Darmawan dari PanduanIM. Tidak hanya kualitas artikel yang lengkap, detail, dan menarik, mas Darmawan juga mendesain situsnya dengan sangat baik dan minimalis. Jika anda coba membaca salah satu artikel yang dimuat disana, maka saya yakin anda tidak akan menemukan tampilan sidebar di sebelah kiri maupun kanan anda.

Tampilan yang demikian sungguh sangat menunjukkan kesan minimalis dan berorientasi pada pembaca. Sehingga yang terjadi adalah pembaca merasa nyaman saat membaca karena tidak terganggu dengan tampilan (iklan) di sebelah kiri/kanan artikel.

Saya bersyukur mas Darmawan tidak mengandalkan iklan adsense sebagai teknik monetasi pada blog PanduanIM-nya (meskipun rank Alexanya sudah berada pada posisi 612 di Indonesia), seperti yang dilakukan oleh banyak orang di Indonesia. Alhasil, tampilan minimalisnya itu mendapatkan reaksi yang positif dari pembaca sehingga kebanyakan pembaca bersedia untuk melakukan subscribe, termasuk saya sendiri.

Typography

Saya tidak akan menjelaskan lebih jauh lagi tentang hal ini, karena saya sempat menjelaskannya pada artikel sebelumnya (5 hal yang saya pelajari sebagai seorang web desainer). Hanya saja terdapat tambahan sedikit, yaitu untuk tampilan web yang minimalis, sebaiknya menggunakan font dengan ukuran yang relatif besar (medium) untuk memberi penekanan pada konten dari situs web itu sendiri.

Anda bisa merujuk ke artikel bahasa inggris yang ditulis oleh Caleb Mcguire untuk mendapatkan kombinasi tampilan Google fonts yang sesuai dengan situs anda (10 Useful Google Font Combinations for your Next Site).

Kombinasi Warna

Umumnya, warna pada tampilan web yang minimalis menggunakan warna putih dan biru. Sebentar, warna putih dan biru yang saya maksud tidaklah seperti apa yang anda pikirkan sekarang,namun lebih kepada kontras dari kedua warna diatas. Contoh jika anda ingin menggunakan warna putih total, maka anda akan menuliskan kode (#fff) atau (#ffffff) pada template CSS anda.

Yang saya maksud bukan penggunaan warna putih total seperti diatas. Pada tampilan yang minimalis, anda bisa saja menggunakan warna putih keabu-abuan dengan menaruh kode (#f5f5f5) atau sebagainya. Intinya, tetap mempunyai kesan warna putih pada tampilan webnya. Begitu pula pada penggunaan warna biru.

Sekedar referensi, anda bisa merujuk pada artikel (Memilih Warna Utama Blog Berdasarkan Psikologi Warna) yang ditulis oleh mas Gee Jhon atau anda bisa kembali membaca artikel pertama saya di Portal-Uang.

Contoh Desain Web Minimalis dari Genesis

Sebagai salah seorang pengguna framework Genesis, dibawah ini saya berikan anda 3 tampilan desain web minimalis dari tema premium ini yang saya ketahui. (Catatan: beberapa tema di bawah saya sediakan secara gratis untuk anda download).

No Sidebar PRO

desain web minimalis

Tampilan dari tema yang satu ini sangat minimalis dan profesional. Anda tidak akan menemukan pilihan menggunakan sidebar pada tema yang satu ini, kecuali anda mengubah kode PHP dari templatenya.

Bagi anda yang suka menulis, maka tema  ini sangat cocok digunakan. Tampilannya minimalis, bersih, serta sangat profesional.

Mobile First Theme

desain web minimalis

Tema ini hasil buatan dari salah satu developer Genesis: Brian Gardner. Anda bisa mendownload tema ini secara gratis dengan mengunjungi situsnya: (Brian Gardner).

Starter Theme

desain web minimalis

Tema ini hasil buatan dari salah satu front-end developer yang bekerja di Rainmaker: Calvin Koepke. Anda bisa mendownload tema ini secara gratis dengan mengunjungi situsnya: (Calvin Koepke).

Sebenarnya masih terdapat banyak lagi desain web minimalis yang tersedia, namun saya tidak mungkin menuliskan semuanya di sini.

Tambahan

Saat ini saya sedang membuat beberapa anak tema (child theme) dari Genesis. Jika anda ingin mempunyai kustom desain web berbasis genesis, maka jangan sungkan untuk berkomentar dibawah atau menghubungi saya di zaifhulimam@gmail.com.

Selain itu, saya juga berencana untuk membuat beberapa template kustom Genesis yang nantinya akan saya bagikan secara gratis seperti halnya beberapa tema premium genesis sebelumnya. Oleh karena itu, jika anda mempunyai saran desain yang anda inginkan, anda bisa memberitahu saya dengan berkomentar dibawah. Jika pekerjaan cukup ringan, maka desain akan saya bagikan secara gratis. Jika sebaliknya, maka tentu anda punya uang membayarnya, bukan? (hehe… )

Giliran Anda

Jadi bagaimana menurut anda? Apakah contoh desain yang saya berikan termasuk desain web yang minimalis bagi anda? Jika tidak, apa alasannya?

Saya ingin mendengar respon dari anda terkait dengan artikel yang saya tulis kali ini.

Selain itu, saya juga membutuhkan anda untuk melakukan voting di bawah ini terkait topik artikel saya selanjutnya di Portal Uang.

Apa topik artikel saya selanjutnya di portal-uang.com?

  • WordPress (71%, 5 Votes)
  • SEO (29%, 2 Votes)
  • Bisnis Online (0%, 0 Votes)
  • Internet Marketing (0%, 0 Votes)

Total Voter: 7

Loading ... Loading ...

Voting terbanyak akan menjadi topik artikel saya selanjutnya di situs ini :). Dan mungkin mas Gee Jhon akan turut bergabung dalam pembuatan artikel berikutnya (hemm…)

Tentang penulis

Zaifhul Imam

Zaifhul Imam

Zaifhul Imam adalah seorang web desainer dan developer framework premium Genesis. Ia membantu para entrepreneur dalam membuat, mendesain, dan mengoptimasi situs web mereka.

Tulis komentar

14 Komentar