Promosi Blog

Ide Cara Promosi Blog yang Belum Anda Pikirkan Sebelumnya

cara kreatif promosi blog
Gee Jhon
Ditulis oleh Gee Jhon

Apakah Anda merasa sudah melakukan promosi blog secara maksimal? Teknik promosi apa saja yang telah Anda jalankan?

Ya, sehebat apapun konten blog yang Anda buat, tidak akan banyak berarti jika tidak dibarengi usaha promosi yang tepat. Dan ada begitu banyak teknik promosi ‘baku’ yang bisa dilakukan, mulai dari yang gratis sampai harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Namun kali ini saya coba mengulas berbagai teknik upaya promosi blog atau website bisnis Anda, yang [mungkin] belum pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Semua teknik ini bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan uang, atau pun dengan modal yang relatif kecil.

Beberapa mungkin tampak biasa, beberapa lainnya mungkin terdengar aneh, menggelikan atau bahkan terkesan main-main (dan jika Anda berpikir bahwa saya sedang bercanda dengan memberikan ide ini, mungkin bisa jadi Anda benar! Hehe….) 

Tapi yang jelas, setelah membaca artikel ini, saya harap Anda memiliki pandangan lain dan merubah paradigma Anda dalam upaya mempromosikan blog. Bahwa ternyata berpromosi tidak selamanya butuh modal besar dan bisa dilakukan secara lebih kreatif.

Nah, inilah ide-ide cara mempromosikan blog dengan cara yang tidak biasa:

1. Kenakan saja URL ke mana pun pergi
Ini yang paling saya suka. Buatlah t-shirt, topi, tempat rokok, atau apapun yang bisa Anda kenakan, dengan mencetak alamat blog Anda. Ini bisa jadi awal yang sangat baik untuk memancing obrolan seputar blog / bisnis Anda dengan orang lain.

2. Berpartisipasi di forum
Yang satu ini sudah biasa dan mungkin sudah sering Anda dengar. Tapi benar, cara ini masih sangat efektif menarik trafik ke blog, dengan ikut terlibat aktif dan memberi kontribusi bagus di forum yang sesuai dengan topik blog Anda sendiri.

3. Buat kontes berhadiah barang yang tidak lagi Anda pakai
Pernah jejualan di OLX? Jika Anda memiliki koleksi barang-barang unik seperti CD, karya seni atau barang apapun yang sudah terpakai dan Anda berpikir untuk menjualnya secara online, kenapa tidak memanfaatkan untuk promosi blog? Buatlah kontes, dan siapkan barang pribadi sebagai hadiah.

4. Manfaatkan stiker
Cetaklah stiker yang menarik beserta URL blog Anda. Tawarkan kepada pembaca blog Anda yang menginginkannya. Sisanya, tempel di tempat-tempat strategis. Di angkot juga boleh (tapi harus ijin dulu sama sopirnya).

5. Trik Browser
Coba ke komputer perpustakaan, lab sekolah,  tempat kursus atau warnet, jadikan blog Anda sebagai homepage. Trik ini mungkin tidak berhasil jika Anda punya guru yang rewel. 🙂

6. Buat kontes berhadiah jasa yang bisa Anda lakukan sendiri
Jasanya bisa berupa apa saja: konsultasi marketing, desain grafis, SEO, atau apapun yang merupakan keahlian Anda.

7. Kekuatan ebook
Tulislah ebook. Sebarkan secara cuma-cuma. Jika kontennya bagus, kemungkinan besar akan jadi viral dan mengirimkan banyak trafik ke blog Anda.

8. Tulisan di atas pasir
Suka main ke pantai? Tulis URL blog Anda di atas pasir pantai yang ramai. Pastikan tulisan cukup besar, agar terlihat dari atas pesawat yang melintas atau orang yang sedang terbang paralayang. 🙂

9. Kartu nama
Cetak kartu nama, plus URL blog. Setiap kali berkenalan dengan rekan baru, beri ia kartu bisnis Anda.

10. Buat kontes berhadiah spot iklan
Kapan-kapan saya pun ingin melakukan cara yang ini juga. Yaitu membuat kontes, untuk pemenang saya sediakan spot iklan selama 1 tahun di blog saya. Menarik kan? Gratis, juga bernilai untuk orang lain.

11. Buat sebagai tato
Khusus yang ini, saya tergantung preferensi masing-masing. Saya sendiri tidak suka tato. Tapi benar, jika Anda begitu sayang dengan blog Anda, bisa saja Anda buat tato URL blog di bagian tubuh yang mudah terlihat, di kening misalnya.

Jika tidak ingin permanen, coba lah tato semi-permanen, atau bisa juga spidol permanent marker. Lebih bagus lagi, itu ditulis di tubuh orang lain, dan yang terbaik Anda buat saat mereka tidur.

12. Bertemu sesama blogger lokal
Coba koordinasikan untuk membuat pertemuan khusus para blogger di daerah Anda. Ini bisa jadi ajang promosi yang sangat bagus, selain menjalin persahabatan dan membuka peluang-peluang baru.

13. Selebaran
Dengan biaya tidak lebih dari 50 ribu, Anda bisa buat flyer sederhana tentang blog Anda. Sambil jalan-jalan, sebarkan sepanjang jalan di tempat-tempat ramai.

14. Pasang iklan di koran lokal
Harga space iklan di koran lokal, biasanya jauh lebih murah dibanding koran nasional. Dengan oplah ribuan, cukup bagus untuk mempromosikan blog Anda.

15. T-Shirt Marketing
Saya sebut secara khusus, karena t-shirt memang sesuatu yang unik. Jika bahan dan desainnya menarik, orang-orang akan senang untuk memakainya. Nah, jadilah Anda memiliki billboard berjalan.

Buatlah beberapa kaos eksklusif dengan alamat blog Anda, lalu berikan kepada pemenang kontes yang Anda buat.

16. Tambahkan URL (signature) di email
Buatlah tanda tangan di setiap email yang Anda kirimkan. Tambahkan tagline menarik atau kata-kata lucu, agar lebih menarik untuk diklik oleh penerima email.

17. Menjadi penulis tamu
Ini mungkin tidak asing lagi. Tapi jika Anda belum mencobanya, saatnya Anda melakukannya sekarang juga. Menulis sebagai blogger tamu di blog lain yang sudah ramai, sangat bagus sebagai ajang promosi blog Anda sendiri.

Sebagai awal, Anda boleh menjadi penulis tamu di Portal-Uang sebagai kontributor. Selain Anda mendapat ekspos yang baik, ada banyak reward yang disediakan. So.. take action just now!

Silakan baca: Kirim Tulisan untuk info lebih lanjut menjadi kontributor PortalUang.

Nah, itulah beberapa cara yang sedikit tidak biasa untuk mempromosikan blog Anda. Ternyata promosi bisa dilakukan melalui berbagai media dan dengan cara yang menyenangkan.

Anda memiliki ide promosi blog lainnya? Silakan berbagi melalui komentar. Terakhir, kiranya berkenan untuk membagikan artikel kepada teman-teman Anda lainnya. Sukses selalu!

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

25 Komentar