Blogging Dasar

Mau Jadi Blogger Sukses? Jangan Lakukan Ini!

Banyak ‘calon blogger‘ yang ingin sukses dalam hal yang baru mereka jalani, namun mereka lupa kalau banyak senior mereka yang belum juga sukses dalam dunia blogging. Tentu banyak hal yang menjadi faktor sukses-tidaknya seseorang dalam dunia blogging. Apakah itu?

Oke. Sebelum anda scroll halaman ini lebih dalam lagi, saya tegaskan terlebih dahulu kalau saya ‘belum menjadi blogger sukses’ seperti mas Gee Jhon sang pemilik PortalUang. Namun apa yang akan saya sampaikan nanti adalah 100% pengalaman pribadi saya selama bergelut di dunia blogging.

Saya mulai kenal yang namanya blog itu bisa menghasilkan uang sekitar 3 tahun yang lalu (cukup lama ya :P). Lalu apa saja yang sudah dapatkan sampai sekarang ini?

Jika anda berharap saya mengatakan apa yang sudah saya dapatkan sampai saat ini adalah ribuan dollar, maka itu adalah hal yang benar-benar saya harapkan. 😀

Dan pada kenyataannya adalah apa yang saya dapatkan adalah alasan-alasan yang bisa membuat seorang calon blogger menjadi GAGAL (selanjutnya akan saya sebutkan ‘belum sukses’).

Jika sampai saat ini anda masih merasa belum sukses maka setidaknya anda sudah menemukan beberapa jalan untuk menjadi seorang blogger yang sukses. Kenapa seperti itu? Tentu jawabannya akan sangat sederhana sekali: tidak ada cara instan untuk mencapai kesuksesan.

Apakah anda bosan dengan jawaban singkat seperti itu? Jika iya, berarti kita memiliki kesamaan 😀 . Namun percayalah kalau jawaban tersebut adalah sebuah kebenaran.

Mari kita balik lagi ke pokok pembahasan di atas.

Saya akan menanyakan satu pertanyaan kepada anda dan saya juga akan menjawabnya sendiri (tenang saja saya masih sehat kok). Apa maksudnya? Anda pasti akan menemukan jawabannya di akhir artikel.

Anda punya berapa blog?

Jawaban anda untuk anda sendiri ya!

Saya punya lebih dari 5 blog dengan niche yang berbeda-beda. Apa saja itu?

Tentu saya tidak akan menyebutkan url blog saya begitu saja. Kenapa? Saya orangnya pemalu! 😀

Oke, berikut ini adalah beberapa niche dari blog-blog saya.

Niche Gado-gado

Blog pertama yang saya bangun adalah blog yang membahas segala hal, namun sebenarnya lebih banyak membahas tentang dunia blogging dan pengalaman  saya di dunia komputer.

Dulu pada awalnya blog ini masih menggunakan .blogspot, setelah semakin cinta terhadap dunia blogging akhirnya saya memutuskan untuk berpindah ke hosting berbayar dengan harapan blog ini bisa menghasilkan lebih banyak dollar ke akun Adsense saya. Lalu apa yang terjadi? Sebelum blog ini sukses saya menjatuhkan pilihan ke blog kedua, yaitu dengan niche wisata.

Niche Wisata

Karena memang saya merasa cinta banget dengan dunia blogging akhirnya rasa penasaran saya semakin bertambah untuk membuat blog dengan niche spesifik. (berharap dapat durian runtuh :P)

Akhirnya saya memutuskan untuk memilih niche wisata, di mana ketika itu saya merasa niche wisata memiliki lebih banyak bahan untuk ditulis dan sepertinya memiliki peluang akan selalu ramai pengunjung di tiap akhir pekan. Apakah saya mendapatkan durian runtuh? Tentu jika itu yang terjadi saya tidak akan langsung menjatuhkan pilihan ke niche blog yang ketiga di bawah ini.

Niche Otomotif

Jika anda merasa niche otomotif adalah niche di mana anda akan mendapatkan banyak dollar dengan cepat maka kita memiliki kemiripan lagi 😀 . Jujur saja motivasi saya kala itu adalah tergiur oleh bisikan-bisikan blogger lain yang mengatakan niche otomotif memiliki BPK tinggi lah, itu lah, pokoknya banyak deh bisikannya.

Dan lagi-lagi apa yang terjadi? Saya masih belum berhasil menemukan yang namanya durian runtuh dari Adsense. Berlanjut lagi ke niche yang keempat.

Niche -Maaf- Batu Akik (jadi malu)

Hehehe, pleeeease…. jangan tertawa ya! Nanti muka saya memerah loh! 😛

Tentu anda ingat masa di mana kejayaan batu akik benar-benar membuat anak muda tidak malu menggunakan akik, masa di mana setiap trotoar terdapat penjual batu akik. Ya, itu lah yang membuat saya akhirnya jatuh hati untuk ikut meramaikan dunia internet dengan namanya batu akik.

Dan ternyata pada niche ini lah saya mulai menemukan hasil dari apa yang sebelumnya sudah saya pelajari. Tapi ternyata apa yang terjadi adalah keberuntungan belum berpihak kepada saya. Trend batu akik saat itu sudah mulai menurun, dan akhirnya ya pengunjung mulai sepi. Walaupun begitu saya bersyukur karena sampai saat ini masih ada aja pengunjung yang datang.

Sebetulnya masih ada niche lain, tapi untuk kali ini hanya 4 saja yang perlu anda ketahui 🙂

Apakah perjalanan saya menjadi seorang blogger berakhir?

Tentu dengan tegas akan saya jawab ‘Tidak’! Kenapa? Karena saat ini saya sudah mengeluarkan banyak waktu untuk mengurus 7 domain dengan 3 hosting berbeda.Jadi saya tidak akan menyerah begitu saja.

Oya, jika anda tertarik mengetahui pengalaman saya dalam menyewa hosting di beberapa penyedia hosting Indonesia akan saya share pada artikel selanjutnya. Nantikan ya!

Lalu apa maksud dari semua hal di atas? Yang pasti bukan sekedar untuk curhat dengan ‘omong kosong’ belaka.

Kesimpulan

Jika anda masih blogger pemula maka sebaiknya anda mulai belajar dari pengalaman saya di atas, tentu masih banyak lagi pengalaman dari senior-senior di dunia blogging yang bisa anda ikuti.

Namun yang terpenting dan perlu saya ingatkan adalah fokus pada satu blog anda sampai blog tersebut sukses dan bisa mapan. Daripada anda harus membuat blog baru lagi hanya karena anda merasa salah satu niche memiliki BPK tinggi atau dengan alasan sebagainya.

Jika anda beralasan untuk menjaga semangat blogging anda, lebih baik carilah alasan lain. Saya dulu juga sering merasa seperti itu, meskipun banyak senior termasuk mas Gee Jhon bilang untuk fokus terlebih dahulu kepada satu blog dibanding membuat banyak blog.

Sebenarnya masih banyak pengalaman yang ingin saya share kepada anda, namun kata senior jangan buat artikel bertele-tele, ya lebih baik menulis satu pengalaman tapi tujuannya tersampaikan daripada banyak ‘ngomong‘ tapi hilang begitu saja.

Oya, jika anda bertanya apakah saya masih semangat dan melanjutkan aktifitas blogging saya? Jawabanya, iya. Saat ini saya memiliki project-project lain.

Ingat! Cari uang dari internet tidak hanya lewat blog.

Semoga anda menjadi blogger sukses seperti apa yang anda harapkan. Terima kasih.

Tentang penulis

Ahmad S

Orangnya pemalu, tapi gak malu-maluin kok :D

Tulis komentar

42 Komentar