Desain Blog

Seberapa Sering Boleh Mengganti Theme Blog?

Beberapa bulan terakhir ini, ada sejumlah blog yang beberapa kali saya kunjungi, di mana saya temukan tampilannya berubah terus. Sampai-sampai saya merasa ragu, “yang kemarin tuh blog ini bukan sih ya?”

Entah karena pemiliknya suka dengan ‘perubahan’ atau karena merasa belum menemukan desain yang cocok, yang jelas saya merasa cukup ‘kebingungan’ dengan seringnya pergantian wajah dari blog tersebut.

Nah, dari situ terbetik pertanyaan: lalu seberapa sering seharusnya sebuah blog berganti tema atau desain?

Dengan singkat saya jawab: sejarang mungkin!

Kenapa?

Karena setiap kali Anda mengganti theme atau desain blog secara besar-besaran, tidak bisa tidak, Anda justru melemahkan brand awareness Anda sendiri. Desain sebuah blog adalah salah satu faktor penting dalam membentuk brand (identitas) sebuah blog atau website. Semakin kuat desainnya menancap di benak orang-orang, semakin kuat pula brand Anda.

Perlu contoh kecil bagaimana hal ini berlaku? Baiklah. Coba pejamkan mata Anda beberapa saat, lalu bayangkan desain PortalUang. Saya yakin Anda dapat menggambarkannya dengan mudah, karena saya telah menggunakan tema/desain ini lebih dari 1 tahun yang lalu. Sebaliknya, saya yakin, seandainya saya mengganti desain setiap beberapa bulan sekali, akan sulit bagi Anda (pengunjung PortalUang) mengasosiasikan desain PortalUang dengan mudah.

Dalam hal desain ini, juga termasuk menu dan navigasi. Bila Anda tiba-tiba atau sering merubah tata letak menu dan navigasi blog lainnya, juga akan memberi dampak yang sama.

Kalau begitu, lalu seberapa sering saya boleh mengganti desain/theme blog?

Waktu 6 bulan adalah minimal. Jangka waktu berapa pun kurang dari itu, kurang baik untuk memperkuat identitas blog Anda. Atau akan lebih baik lagi, jika Anda bertahan paling tidak untuk 1 tahun.

Tentu, saya tidak sedang menganggap bahwa desain atau theme blog tidak boleh dirubah selama-lamanya.

Bagaimanapun, perubahan tampilan dan desain, bisa menghadirkan suasana baru, penyegaran untuk pengunjung dan Anda sendiri. Yang terpenting, Anda tidak melakukan perubahan besar terhadap desain dan theme blog terlalu sering. Itu poin utamanya.

Nah, bagaimana menurut Anda?

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

26 Komentar

  • saya sendiri termasuk yang jarang ganti theme sih. hehe..
    masalah mudah bosan itu kan yg baca blog kita bukan kita sendiri aja, tapi banyak org, dan mereka belum tentu sama bosannya seperti si empunya blog.

  • iya .. sering gonta-ganti theme akibat yg saya dapatkan yaitu penurunan indeks google di blog spt punya web saya.

    satu yg mau sy tanya … bbrp bulan lalu di menu adsense sy telah membuang url website yang dulu saya pake .. karena faktor x. sekarang stlah 6 bulan stlah itu sy sudah persiapkan web baru dan baru saja saya tambahkan di menu my site pada google adsense.

    website sudah dipasangi plugin adsense dan situs terverifikasi sekaligus juga untuk adsense mobile. sudah manage ads dan hanya menunggu approval saja. apakah pihak google sudah tahu saya telah menambahkan web baru setelah beberapa bulan vakum karena web lama itu sudah saya remove karena faktor x tadi?

    dan apakah masih bisa diterima setelah pada web lama lalu sudah pernah ada email harap pasang iklan unit dengan web baru yang baru saja saya tambahkan pada menu my site di google adsense ?

    oke … terima kasih mau berbagi pengalamannya dan saya tunggu balasannya.

  • Waduh saya sering gonta-ganti template Bos Jhon…Gimana ini…? Saya merasa kayaknya pakai ini salah -pakai itu juga salah ,jadi serba salah Bos Jhon…Tapi kayaknya yang ini saya udah agak mendingan sedikit puas jadi mungkin agak lama pakainya…..Hehehe

  • Waduh… Saya sering banget mas….

    Terkadang saya sendiri bingung mau pilih desain yang bagaimana….???

    Padahal saya sudah sering banget baca soal desain blog…. Di PU atau di blog lain….

  • Hehe.. baru saja saya juga buat artikel semacam ini, mas. Yach.. kira2 alasannya sama. Selain itu coba cari tau juga untuk meningkatkan CTR yang salah satu rekomendasinya ganti template

  • Terlalu sering ganti theme bisa kehilangan jati diri bang, bisa juga kita dianggap sebagai orang yang labil alias gonta ganti semaunya.

    Nggak salah sih karena itu hak di pemilik blog, tapi jika terlalu sering kan dampaknya juga nggak baik bai pembaca setia, iya kan?

    Belum lagi jika sering mengganti kita menghabiskan waktu terlalu lama disana , mending digunakan untuk optimasi kan lebih bermanfaat.

    Blog dengan Platform blogger sih paling sering ganti, karena nggak terlalu repot, gimana dengan WP, so pasti ebih repot tul nggak mas?

    • iya betul sekali bos, memang ganti theme sebaiknya 1 tahun sekali aja. hehe… tp masalah platform sy agak kurang setuju jika di wp lebih repot. justru di blogger jauh lebih repot, hehee….

  • Saya seneng juga ganti theme bang Gee.. tapi untuk blog tertentu memang sy pertahankan themenya.

    Saya setuju dengan opininya. Mungkin kalau pakai quote seperti ini , “Theme anda menunjukkan siapa Anda”

    Benar tidak bang ?
    Sukses selalu bang … 🙂

  • Cukup Puas dengan tulisan diatas ! Saya selalu kurang puas terhadap tampilan blog, makanya sy hobi utak atik bahkan sering ganti template. sukses Bro…..! salam blogger….

    • terima kasih bos.. nah, mulai sekarang sebaiknya temukan desain yg pas di hati, lalu tetaplah dg theme itu untuk jangka waktu yg cukup lama, agar blog dapat dikenali lebih baik dan mudah.

  • saya setuju dgn pendapat gan gee jhon….tp saya termasuk salah satu sering ganti template, bukan krn ingin ganti suasana tp sedang mencari komposisi yg pas yaitu loading cepat dan ga ribet….namun beberapa hari iklan GA ga nongol2 di blog saya, entah krn template atau krn yg lain sehingga bikin bingung

  • saya setubuh ama pendapat ini. setuju sih…,

    tapi menurut saya juga mereka-mereka yg sering ganti template mungkin sedang mencari sesuatu yg cocok dan pas. bahasa lainnya sedang galau ama template yg lama jadi pengen diperbaharui identitasnya. 😉

  • Saya golongan org yg selalu gonta-ganti template. Kita sama pola pikirnya mas bos, saya blm lama kepikir ttg itu.. Dari persoalan itu akhirnya saya mencoba utk tdk ganti-ganti template (kecuali fatal). Sebisa mungkin jika ada kesalahan template maka cukup di perbaiki tanpa perubahan template secara besar2an. Terima kasih artikel nya, bermanfaat sekali mas bos dan saya sepakat utk itu.

%d blogger menyukai ini: