Blogging Dasar

4 Akibat Apabila Terlalu Berlebihan Ngeblog

Ngeblog merupakan kegiatan menulis sesuatu yang unik untuk bisa dinikmati oleh seluruh orang di penjuru jagat maya.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dari ngeblog, diantaranya yaitu dapat membantu seseorang mendapatkan penghasilan lebih alias side income.

Iklan

Namun ada juga seseorang yang 100% mengandalkan blognya sebagai sumber nafkah bagi anak dan istri, mereka biasa disebut dengan full time blogger atau blogger penuh waktu.

Menjadi full time blogger itu butuh seni dan banyak tuntutan yang harus dikerjakan, terutama dalam menulis artikel yang harus dilakukan setiap hari. Hal ini lah yang terkadang bisa memberi dampak buruk baginya.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit mengulas mengenai akibat terlalu berlebihan ngeblog. Apa sajakah itu?

1. Kesehatan mata terganggu

Seorang full time blogger seringkali harus bekerja ekstra menatap layar komputer dalam jangka waktu yang lama, bisa lebih dari sepuluhan jam per harinya.

Iklan

Ini membuat mata Anda pegal dan agak rabun. Untuk mengantisipasi, Anda harus sering mengistirahatkan mata dan cukupi asupan atau bila perlu minum suplemen vitamin A.

Itu harus dilakukan untuk membatu menjaga kesehatan mata. Anda juga bisa menggunakan metode 20-20-20, yaitu setiap 20 menit menatap layar, diistirahatkan selama 20 detik dengan menatap pemandangan sejauh 20 meter.

2. Kebersamaan berkurang

Akibat berlebihan ngeblog bisa membuat kebersamaan kita entah bersama keluarga atau bersama orang lain menjadi berkurang.

Aktivitas sosial kita juga bisa berkurang, bahkan lebih buruk lagi, bisa dianggap negatif dalam kehidupan sosial di lingkungan sekitar.

Misalnya banyak yang menggunjing, seperti dicap pemalas, karena dianggap hanya tinggal di rumah dan tidak mau kerja. Mungkin ada pula yang mengatakan di rumah saja kok dapat uang banyak, jangan-jangan….

3. Stres

Berhubungan dengan faktor psikologis, yaitu stres. Orang yang jenuh ngeblog bisa memicu stres dan menjadi beban pikiran.

Maka dari itu sempatkan sejenak untuk berlibur bersama keluarga atau orang-orang terkasih ke tempat yang menenangkan seperti ke pantai, berkemah atau mendaki gunung. Hal itu lebih baik daripada terus ngeblog yang berakibat produktivitas ngeblog itu sendiri menurun.

Jadi berbahagialah serta selalu luangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang fresh, seperti olahraga atau melakukan hobi.

4. Kurang mengurus dirinya sendiri

Ada yang bilang bahwa pantat blogger bergeser hanya saat ke toilet saja. Ya, memang tidak persis seperti itu, hanya sekadar gambaran kalau blogger itu sibuk dengan kerjaannya.

Selesai menulis, cari backlink, promosi, menjawab semua komentar pengunjung, belum lagi bercengkerama di media sosial, dan banyak lagi pekerjaan blogger yang seperti tidak ada habisnya.

Itu semua bisa membuat blogger lupa untuk mengurus dirinya sendiri. Maka dari itu, buatlah jadwal ngeblog agar kegiatan kita teratur.

Demikian pembahasan tentang akibat terlalu berlebihan ngeblog. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tentang penulis

Bloggedewek

Saya orangnya kalem tapi baik. Saya blogger pemula dan pemilik langnusa Blog

Tulis komentar

10 Komentar