Blogging Dasar

4 Kriteria Anda Sudah Bisa Jadi Full Time Blogger

Full time bloggerBerbicara mengenai part time ataupun full time bagi blogger itu adalah masalah serius. Karena hal ini akan mempengaruhi perekonomian diri dan keluarganya.

Ada orang yang memang nekad untuk menjadi blogger full time, dengan cara langsung keluar dari perusahaan tempat ia bekerja. Ada pula yang jadi sampingan saja karena mereka berpandangan bahwa belum tentu blognya bisa menopang kehidupan sehari-harinya.

Iklan

Tapi sebelum melangkah atau memutuskan menjadi blogger full time, pertimbangkan 4 kriteria di bawah ini sebelum Anda bisa jadi full time blogger:

1. Pandai mengelola waktu

Pandai mengelola waktu untuk ngeblog menunjukan bahwa Anda sudah siap untuk bekerja penuh menjadi seorang blogger.

Kita tahu bahwa tak semua orang punya waktu yang cukup untuk sekadar menulis, sehingga mereka kesulitan mengelola waktunya untuk ngeblog.

2. Penghasilan dari blog sudah memadai

Ya setidaknya bisa untuk makan sebulan dan untuk biaya ngeblog. Jika blog Anda belum bisa menghasilkan, akan sangat sulit untuk melepaskan dari pekerjaan offline.

Iklan

Perlu sama-sama kita tahu, bahwa menghasilkan uang dari blog itu tidak semudah dan segampang yang kita pikirkan. Banyak rintangan dan hambatan yang mesti kita lalui, mulai dari belajar hal-hal teknis, cara menulis yang baik dan benar, promosi blog, mengelola sumber pendapatan blog, dan masih banyak hal lainnya.

3. Tak ada ketergantungan akan kerja offline

Ya memang, untuk menjadi seorang full time blogger kita itu harus bisa rela melepaskan rasa ragu dan kebimbangan.

Menjadi blogger, artinya siap menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi, seperti:

  • Adsense di banned
  • blog deindex
  • tidak tawaran iklan mandiri yang masuk
  • kerugian
  • dan lainnya

Itu semua adalah kepahitan yang bisa terjadi pada seorang blogger. Namun jika Anda bisa menanggung risiko untuk melepaskan pekerjaan offline, maka Anda sudah masuk kriteria bisa jadi full time blogger.

Jadi seorang blogger full time sudah pasti punya strategi apabila suatu saat ada masalah. Misal dengan buat banyak blog, main strategi bisnis online berbasis blog lainnya.

Peribahasa: Jangan meletakkan telur dalam satu keranjang!

4. Sudah punya ilmu blogging yang cukup

Kadang saat saya tanya pada orang yang memang sudah bisa menghasilkan uang dari blognya, kenapa tidak jadi full time blogger aja mbak? Jawabannya ialah, “Saya masih newbie, masih harus banyak belajar”.

Iya sih, sebenarnya belajar itu nggak ada berhentinya, terus menerus melaju sesuai dengan bidangnya. Namun karena merasa belum memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup untuk ngeblog mereka khawatir dan pesimis untuk jadi seorang full time blogger.

Namun bagi mereka yang memang sudah mengambil keputusan untuk terjun ke dunia online, pasti bekal mereka sudah cukup banyak dan keberanian mereka pun besar.

Jadi bagaimana? Apakah Anda memiliki keempat kriteria di atas?

Iklan

Tentang penulis

Achmad Mustakim

Achmad

Saya orangnya kalem tapi baik. Saya blogger pemula dan pemilik Axefo.com

Tulis komentar

8 Komentar