Lain-lain

Cara Lepas Limit Paypal karena Utility Bill

menghilangkan limit paypal
Jonathan
Ditulis oleh Jonathan

Cara Menghilangkan Limit Paypal – Para pengguna Paypal di Indonesia, khususnya yang verifikasi menggunakan VCC tentu akan kesulitan mengatasi masalah limit Paypal, karena biasanya tidak memiliki dokumen untuk memverifikasi alamat sesuai dengan nama yang digunakan di Paypal. Tentu saja karena tidak memiliki rumah sendiri, sehingga utility bill tidak atas nama sendiri alias atas nama orang tua.

Pengalaman saya sendiri di awal bulan Juli 2016, limit disebabkan karena melebihi batas transaksi $5.000, sehingga pihak Paypal meminta verifikasi alamat melalui dokumen baik utility bill ataupun Bank Statement.

“You have reached a usage threshold that requires us to confirm your identity as account owner. PayPal needs to do this to comply with regulatory requirements. To prevent any account limitations, please confirm your identity at dashboard”.

Sementara kebanyakan Bank di Indonesia tidak mengeluarkan dokumen seperti itu untuk rekening tabungan biasa. Karena print out transaksi dari Bank tidak mencantumkan alamat pemilik, namun hanya nama dan nomor rekening serta transaksi saja.

Cara Lepas Limit Paypal dengan Surat Keterangan Domisili

Paypal melimit akun, sehingga saya sempat bingung dibuatnya, karena semua rekening biaya bulanan seperti listrik dan air atas nama orang tua dan alamat masih menggunakan yang lama. Sempat menghubungi teman, ia menyarankan untuk melakukan editing dokumen, dengan biaya 200 ribu. Wah, mahal amat pikir saya!

Kemudian saya berpikir, untuk memasang TV berlangganan. Dan mencari informasi, didapatlah TOP TV dengan harga 150 ribu untuk pasang dan berlangganan satu bulan. Setelah dipasang, saya diberikan surat perintah kerja pemasangan dan berita acara serah terima peralatan dan titipan. Jelas tertera nama dan alamat saya. Kemudian langsung meluncur untuk scan surat tersebut, lalu upload di Paypal sebagai utility bill.

Dua hari kemudian, Paypal menolak dengan isi surat untuk memasukan kembali “Valid Proof of Address Document”, wah sia-sia sudah usaha saya memasang TV Berlangganan. Tidak patah arang, kemudian saya membeli kartu 3 (three), dan isi pulsa 10 ribu untuk menghubungi Paypal di Singapura.

Setelah kartu 3 sudah siap maka, login ke Paypal. Di bagian bawah, klik “Contact Us”, lalu klik Call Us, nanti akan diberikan nomor telepon dan “One Time Pass Code” yang berlaku selama satu jam. Hubungi pihak Paypal dari jam 7 pagi hingga 5 sore!

Cara Menghubungi Paypal

Dengan menggunakan kartu perdana 3, Ketikan Kode “01088”(No telepon Paypal). Contoh: 010886565104584, atau bisa juga dengan kode “01089”. Biayanya sangat murah, cuma 300 rupiah per menit.

Setelah diangkat, mesin akan menjawab, tekan angka 1 untuk pelayanan Bahasa Inggris. Kemudian, tekan angka 1 lagi untuk hal yang berkaitan dengan akun limit. Tunggu beberapa saat, nanti ada CS yang akan menerima panggilan kamu. Berikut Percakapan pertama saya dengan CS Paypal Perempuan:

CS: Thank you for contacting Paypal. Your One Time Pass Code Please!

Saya: 0412053 (Sebutkan dalam bahasa Inggris yah!)

CS: Okay, You are from Indonesia. What is your name?

Saya: Sebutkan sesuai dengan nama di Paypal

CS: What can I do for you?

Saya: My Account got limit due reached a usage threshold. Can you speak Indonesia?

CS: No, another staff who speak Indonesia to assist you. Please wait a minute!

Saya: OK (Lama sekali menunggu, hampir 5 menit dengan suara nada yang berulang-ulang).

CS: Thank you for waiting, but no available staff right now. Can you tell me your phone number so we can call you later?

Saya: No, what your suggestion to resolve my problem?

CS: Please go to Bank and ask them to print out the Bank Statement. Scan it and upload to Paypal, so we can verify your address.

Saya: Okay then, thank you

Setelah ditutup, saya bergegas menuju Bank BCA. Ke CS-nya lalu bercerita sedikit tentang masalah saya yang membutuhkan Bank Statement, ternyata Bank BCA tidak mengeluarkan Bank Statement seperti yang dimaksud CS Paypal.

Balik lagi ke rumah, buka komputer dan coba hubungi kembali Paypal. Kali ini CS Cowo yang berbicara.

CS: One Time Code Please

Saya: 042632 (in English)

CS: Okay, what is your name?

Saya: Sesuai dengan nama akun Paypal

CS: What can I do for you?

Saya: My account got limit due reached usage threshold.

CS: Yes, please provide document to proof your address

Saya: That’s the problem, I already go to Bank but they did not issued Bank Statement for regular account. And I live with my Parent, so all utility bill in the name of my father. What suppose to do?

CS: I understand, so I will give you another option. Please go to the Police Station and propose “a letter of domicile”. And I will adding option a Government issued Document on your Paypal Account.

Saya: Okay, thank you so much!

Langsung terbuka harapan akun saya kembali, segeralah saya ke kelurahan (bukan ke kantor polisi sesuai dengan arahan CS Paypal). Petugas Kelurahan menyuruh untuk meminta surat RT RW terlebih dahulu. Karena kebetulan saya punya kenalan yang bekerja di kelurahan, maka saya langsung datang ke rumahnya dan meminta dibuatkan Surat Keterangan Domisili. Hanya dengan KTP saja, dan uang 20 ribu, keesokan harinya surat sudah jadi. Lalu saya scan dan upload ke Paypal.

Hasilnya, hanya dalam 10 menit, akun saya telah kembali normal.

Ternyata cara lepas limit Paypal tidak sesulit yang dibayangkan, surat keterangan domisili pun bisa digunakan untuk membuktikan alamat sang pemegang akun Paypal. Berikut contoh surat keterangan domisili yang saya buat di Kelurahan.


Untuk mengajukan surat keterangan domisili, caranya yakni minta surat pengantar RT dan RW setempat, kemudian lampirkan KTP ASLI untuk dibawa ke Kelurahan dimana anda terdaftar. Sangat mudah bukan?

Demikian cara lepas limit Paypal yang meminta utility bill untuk verifikasi alamat pemegang akun Paypal. Semoga bermanfaat!

 

Tentang penulis

Jonathan

Jonathan

Jonathan adalah seorang karyawan biasa di sebuah kantor hukum. Di sela-sela kesibukannya, ia mulai berbisnis dan membangun sebuah blog yang memberikan informasi tentang Tempat Wisata dan juga blog yang memberikan tutorial memperbaiki hp rusak sendiri

Tulis komentar

2 Komentar