Google Adsense

Jumlah Iklan Adsense Tidak Lagi Dibatasi, Haruskah Pasang Iklan Sebanyak-banyaknya?

Perubahan Kebijakan Adsense: jumlah iklan dalam satu halaman tidak lagi dibatasi.

Sebelumnya, seperti yang pernah saya tulis dalam artikel jumlah maksimal iklan adsense, Google Adsense membatasi jumlah maksimal unit iklan dalam satu halaman, yaitu:

  • 3 unit Adsense untuk konten
  • 3 unit tautan teks, dan
  • 2 unit penelusuran

Selain itu, juga ada batasan maksimal 1 buah unit berukuran besar, seperti misalnya 300×600, 300×1050 dan 970×250, 750×200 dan 580×400.

Namun sekarang, ketentuan-ketentuan di atas sudah berubah dan tidak berlaku lagi. Silakan lihat screenshot halaman resmi bantuan Adsense di bawah ini:

Kebijakan sebelumnya, ada tertulis “Batas iklan per laman”.

batas iklan per laman

Sedangkan pada perubahan kebijakan baru, tidak ada lagi batas iklan per laman, namun diganti dengan sub-judul “Inventaris Berharga”.

inventaris berharga

Sekarang, bandingkan isi dari kebijakan lama dengan kebijakan yang baru:

Tampilan kebijakan lama

kebijakan adsense yang lama

Tampilan kebijakan baru

kebijakan baru adsense

Anda bisa melihat teks selengkapnya di laman bantuan Adsense. Untuk melihat kebijakan yang lama, Anda bisa memanfaatkan waybackmachine.

Rangkuman perubahan kebijakan Adsense

Nah, dengan dengan demikian, berikut rangkuman tentang perubahan kebijakan Google Adsense mengenai jumlah unit iklan maksimum dalam satu laman.

1. Kini Anda boleh menempatkan lebih dari 3 unit iklan dalam satu laman.

2. Kini Anda juga boleh memasang lebih dari satu unit iklan berukuran besar (>300×600) dalam satu laman

3. Anda tetap hanya dibolehkan unit 320×100 di bagian paruh atas pada tampilan mobile, sedangkan untuk paruh bawah, tidak ada ada batasannya.

Apa manfaatnya buat kita: publisher Google Adsense?

Ya, tentu saja, ini adalah salah satu perubahan besar dalam kebijakan penempatan iklan oleh Adsense, yang boleh saya katakan sangat ditunggu-tunggu dan diharapkan oleh banyak penayang Adsense. Apalagi bagi mereka yang memiliki konten web yang cukup panjang.

Rupa-rupanya, Google ingin mencegah para publisher-nya terpaksa menambahkan ads-network lainnya, karena adanya batasan jumlah maksimum unit iklan dalam satu laman ini.

Namun di sini juga perlu diingat, meski Google menghilangkan sama sekali batasan pasti berapa jumlah iklan maksimal dalam satu halaman, tapi mereka juga sangat menekankan kalimat:

“Iklan dan materi promosi berbayar lainnya yang ditambahkan ke laman tidak boleh melebihi konten. Selain itu, konten yang Anda sediakan harus memberi nilai tambah dan menjadi titik fokus bagi pengguna yang mengunjungi laman.”

Artinya, Anda harus tetap mempertimbangkan rasio konten dan iklan, dan menitikberatkan pada manfaat dan fokus terhadap konten bagi pengunjung. Bahkan Google juga menjelaskan bahwa mereka tetap bisa “menonaktifkan penayangan iklan di laman yang tidak memberikan manfaat atau hanya sedikit manfaat dan/atau memiliki iklan berlebihan” sampai Anda merubah laman tersebut. Namun demikian, paling tidak Anda tidak melanggar ToS dan tidak akan berakibat banned pada akun.

Saran PortalUang

Hanya karena sekarang tidak lagi ada batasan jumlah iklan dalam satu laman, bukan berarti Anda harus menjejali seluruh laman dengan sebanyak-banyaknya iklan. Karena itu tidak akan membuat Anda berhasil.

Pilih halaman-halaman dengan konten cukup panjang untuk memasang lebih dari 3 unit iklan pada laman tersebut.

Ingatlah, bahwa cara paling efektif untuk meningkatkan pendapatan Adsense, adalah tetap melakukan eksperimen dengan tata letak dan penempatan serta gaya iklan, alih-alih membabi buta menambah lebih banyak unit iklan dalam satu laman.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

50 Komentar

%d blogger menyukai ini: