Google Adsense

Berapa Lama Review Saat Pengajuan Adsense

lama review google adsense

Berapa lama review saat pengajuan Google Adsense tulisan itu masih banyak saya lihat di forum – forum bahkan di kolom komentar Portal Uang. Setelah saya cek memang Portal Uang juga belum membahas masalah ini. Padahal banyak yang membutuhkan solusi untuk masalah lama review google adsense.

Sebelum membahas berapa lama review permohonan adsense, saya akan sedikit berbagi pengalaman saya waktu di tolak terus menerus oleh google adsense. Waktu pertamakali tau adsense saya langsung mencari cara mendaftar adsense. Setelah tau bagaimana cara mendaftar adsense lalu saya cepat – cepat mendaftarkan blog saya tanpa membaca kebijakan dari google adsense.

Apakah anda tau apa hasilnya ketika setelah saya mendaftar ?

Iya, saya ditolak oleh pihak adsense. Apa saja alasan ketika ditolak adsense. Berikut ini peringatan ketika saya ditolak oleh pihak adsense.

  • Situs yang menampilkan iklan Google harus memberikan nilai yang signifikan bagi pengguna. Sebagai penayang, Anda harus menyediakan konten unik dan relevan agar pengguna memiliki alasan kuat untuk berkunjung ke situs Anda.
  • Jangan tempatkan iklan di laman yang dibuat secara otomatis atau laman dengan sedikit konten asli atau tidak berisi konten asli sama sekali.
  • Situs Anda juga harus menyediakan pengalaman pengguna yang baik melalui navigasi dan pengaturan yang jelas. Pengguna harus dapat dengan mudah mengeklik seluruh laman Anda dan menemukan informasi yang dicari.

Setelah mendapat pesan diatas, saya langsung cek blog saya. Sesuai peringatan diatas saya cari artikel – artikel yang copy paste (melanggar kebijakan adsense) lalu saya hapus dan juga saya hapus melalui webmaster. Setelah itu beberapa hari kemudian saya ajukan kembali setelah memunggu lebih dari seminggu ( seingat saya ). Akhirnya dapat peringatan kembali dan peringatan masih sama seperti diatas. lalu saya benahi lagi blog saya sesuai petunjuk diatas yaitu “Situs Anda juga harus menyediakan pengalaman pengguna yang baik melalui navigasi dan pengaturan yang jelas”. Saya buat ubah navigasi situs sedemikian rupa kurang lebih seperti yang dijabarkan pada artikel  “Apa yang harus dilakukan bila adsense ditolak“. kembali saya ajukan lagi beberapa minggu kemudian akan tetapi setelah menanti dengan tidak sabar  waktu yang lama akhirnya ditolak kembali. kemungkinan saat saya membenahi blog ada beberapa artikel atau navigasi tidak sesuai kebijakan pihak adsense.

Pada akhirnya saya membuat blog baru dengan niche yang berbeda dari sebelumnya yaitu niche pemrograman. Saya buat artikel unik dan pastinya buatan sendiri dan tidak copy paste kira – kira 10 – 20 artikel. Hampir semua sudah masuk SERP, ada yang masuk halaman pertama, ada yang masuk halaman ketiga. Navigasipun saya tata dengan baik agar pengunjung lebih enak dalam membaca dan mencari artikel di blog saya.

Karena saya orangnya gak sabaran ingin cepat diterima adsense. saya membeli domain TLD agar tidak menunggu 6 bulan lamanya. Lalu saya ganti domain blog saya dengan domain TLD. Setelah selesai langsung saya daftarkan hasilnya tidak sampai 3 hari saya berhasil mendaftar adsense. itu cerita perjalan waktu saya mendaftar asdsense. Sekarang mari kita bahas berapa lama review adsense.

Berapa lama review google adsense tahap pertama

Untuk review tahap pertama tidak dibutuhkan waktu yang lama menurut penglaman saya hanya hitungan jam saja tetapi mungkin ada yang lebih (1 – 2 hari). Tahap pertama ini bisa dibilang sangat mudah. Apalagi dengan domain TLD tanpa harus menunggu 6 bulan.

Berapa lama review google adsense tahap kedua

Berapa lama review tahap kedua, tahap inilah banyak yang galau. Banyak masalah yang harus dihadapi. Terutama dengan peringatan yang sudah saya sebutkan diatas. Masalah konten yang tidak sesaui dan masalah navigasi. Tetapi ada juga yang hingga berbulan – bulan. Ada yang 1 bulan, 2 bulan bahkan ada juga yang 6 bulan. Tetapi belum dapat peringatan sama sekali dan iklan pun belum muncul.

Apa yang harus saya lakukan jika belum ada tanggapan selama itu ?

Berikut beberapa pilihan :

Pertama, anda dapat terus mengupdate blog dan memasang dengan penyedia iklan yang lain.
Kedua, menunggu sampai akhirnya google menerima.
Ketiga, ini saran saya agar cepat di review dalam tahap kedua. ini berlaku jika anda sudah melakukan hal – hal yang pernah saya lakukan yaitu membenahi blog sedemikian rupa. Dihalaman support.google.com ada beberapa catatan penting

Apa saja catatan penting itu ?

  1. Salin kode persis sebagaimana kode tersebut tampil di beranda akun AdSense Anda.
  2. Tempatkan kode pada situs atau URL yang Anda gunakan untuk mendaftar ke AdSense.
  3. Pastikan Anda meletakkan kode pada laman yang memiliki konten dan menerima pengunjung reguler.

Dari catatan diatas setidaknya kita pahami, saat menaruh kode iklan jangan disembarang tempat.

Loh saya menempatkan tidak disembarang tempat, di header dan disidebar blog.

Kemungkinan ada yang menyangkal seperti itu, padahal belum dicek ketika dia menampilkan iklan diheader dan disidebar bisa saja ada satu bahkan beberapa halaman yang masih kosong. Ini banyak terjadi karena beberapa blogger tidak mengecek apakah ada halaman yang kosong atau bahkan error. Sedangkan pihak adsense juga menunggu perbaikan dari kita. Bisa kita baca halaman batuan yang sudah disiapkan oleh pihak adsense “Waktu menunggu peninjauan permohonan“. Dan alasan lainnya banyaknya permohonan yang masuk hingga permohonan kita harus antri terlebih dahulu.

Kesimpulan berapa lama tahap review google adsense

Berikut ini dapat saya simpulkan, lama review tahap pertama rata – rata tidak banyak memakan waktu. jika blog kita benar – benar sudah cukup umur atau menggunakan domain TLD paling lama 2 hari. sedangkan untuk tahap kedua memang rumit, karena pihak adsense akan meninjau keseluruhan situs makanya butuh beberapa hari bahkan beberapa minggu untuk melakukan peninjuan. Saya sendiri tidak bisa meperkirakan berapa lama review tahap kedua karena itu tergantung kondisi masing – masing blog. Jika blog itu mudah untuk di review atau di tinjau hanya butuh beberapa hari saja. Jika susah maka akan butuh beberapa minggu. Jika anda ingin cepat di review pada tahap kedua cek semua bagian blog apakah ada halaman kosong tapi muncul iklan. Atau ada artikel yang menyalahi kebijakan google. Sebenarnya jika memang blog kita benar – benar sudah sesuai kebijakan google tidak sampai seminggu akan disetujui penuh.

Tentang penulis

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

44 Komentar

  • Misi mas numpang nanya,
    sekarang ini saya ada di tahap review yang ke-2, unit iklan dari adsense sudah saya pasang dan hasilnya aktif, iklan nya juga selama 3 hari ini muncul, tapi pemberitahuan di tolak atau engga nya blom ada ke email, itu g mana ya mas, tolong pencerahannya ^^

  • Ilmu yg bermanfaat mas seperti saya lagi menunggu pesetujuan dari google lama juga

    Jangan lupa gan mampir ke blog saya dan bantu sekiranya apa yg harus saya benahi di nlog saya trimkasih
    Blog saya fadlunarifin99.blogspot.com

  • Info yang bermanfaat mas…
    saya kemarin daftar adsense tidak ada email review pertama, tapi langsung bisa masuk ke adsense untuk pasang iklan. skitar 5 hari kmudian dpat email dari adsense bahwa blog saya diterima dan iklannya udah tampil.

  • Thanks mas andre infonya, bermanfaat sekali, memang butuh kesabaran buat diterima, abisnya padahal trafik dan konten udah bagus, ujung2nya ditolak juga, alasan penolakannya tidak jelas, salah dimana keliru dimana gak dikasih tau. Beruntungnya saya skrng sudah diterima adsense, hehe.

  • mas saya mau mhon pencerahanya, 7 bulan yg lalu saya sudh daftar GA Melalui Youtube dan di terima thap prtama, eh tahp keduanya di tolak, Tapi iklan GA di Chanel sya mncul, dan Di Blog enggak mncul, Karna Blog sy blum memenuhi kriteria ktanya. abis dari situ lalu saya prbarui blog sya dan 8 bln kmudian sy mendaftar kembli Blog sy ke adsense. udh nunggu 3 Hri Kok blum ada Email blsan ya mas di thap prtamanya.
    intinya, normalnya berapa harikah dpat Email blsan thap pertama dan kedua GA?
    mhon di bles.
    makasih.

  • Gan, kondisi saya sekrang sudah menunggu peninjauan tahap ke-2.

    Kondisi blog saya :

    Saya pasang iklannya melalui blog :

    1. Blog
    2. Penghasilan
    3. Tampilkan Iklan
    Iklan pun belum muncul. Apakah ini berkaitan dengan peninjauan tahap ke-2

    Apakah sudah benar cara memasang iklan diatas yg telah saya uraikan dengan kedudukan blog saya sudah TLD ? terima kasih.

    Jika berkenan silakan kunjungi blog saya gan di _www.blogkopinet.web.id

    • saya kurang paham mas ama uraian pertanyaannya ?
      tapi iklan akan muncul jika akun adsesenya sudah di approve gan, bener kalau masih review iklan tidak muncul

  • Kalau saya pernah ditolak 6 kali sama Adsense, padahal artikel sudah saya buat bagus dan berbobot. Tapi saya tidak akan pernah menyerah, saya harus terus mencoba dan mencobanya terus. Salam sukses

    • selain artikel banyak yg lain yang dinilai oleh team adsense 🙂 jadi perhatikan juga kesan webnya , profesional atau tidak dan navigasinya sudah jelas dan mudah dipahami tidak 🙂

  • Sudah 12 hari nih nunggu review upgrade akun hosted ke non hosted, galau men, tapi ane tetep update postingan seperti biasa. Ada pertanyaan nih om, kalau akun adsense kita belum verif pin karena earningnya belum mencapai ambang verifikasi, apakah ada kemungkinan pengajuannya diterima ? Ataukah akan diabaikan sampai setelah verif pin ? Mohon pencerahannya

    • ya mas semoga cepet diterima dan sukses. ingat sebelum buaat blog baru. pada blog baru buat desain yang se profesional mungkin, konten yang benar benar unik ( lebih bagus lagi niche blog bagus ). navigasi yang jelas dan mudah dipahami user.

  • Salam,

    Saya juga sedang menunggu riview ke 2 dari adsense sudah berjalan 5 hari, tapi belum ada pemberitahuan.

    Minta saran dan masukannya dari Mas Andre dan Bos Ghe tentang situs saya.

    Terima kasih

    • salam juga mas.
      setelah saya cek fisik, saya sendiri pun tak bisa menemukan code iklan adsense, apakah sudah dipasang ditempat strategis dimana, team adsense mudah menemukan. dan sedikit masukan untuk menu diatas kurang jelas mas 🙂 klo bisa di bikin kontras atau gimana biar lebih kelihatan dan profesional.

      • Mas Andre,

        Saya belum memasang scrip iklan di blog, Karena waktu mendaptar adsense menggunakan plugin adsense dan waktu membuka plugin tidak ada pemberitahuan penerapan iklan pada blog.

        Hanya ada notif, > aplikasi anda sudah di terima, tunggu pemberitahuan melalui email jika akun anda sudah dibuat dan Kembali buka plugin adsense untuk penerapan Iklan.

        Bagaimana menurut Mas Andre,

      • saya kurang paham kalau daftar menggunakan plugin, intinya kalau mendaftar pakai plugin untuk langkah selanjutnya yaitu penempatan kode iklan akan ada email kembali. kalau pakai cara manual tanpa plugin harusnya lebih cepat kalau hanya tahap penempatan iklan saja. untuk saat ini apakah sudah bisa masuk dasboard adsense.

      • kalau memang bisa coba taruh kode iklan secara manual, tapi tunggu satu bulan. jika belum ada pemberitahuan bisa ditaruh manual mas. apakah disitu ada pemberitahuan untuk menaruh kode iklannya. biasanya kalau mau ke tahap review kedua harus menaruh kode iklan.

      • kalau seperti itu ditunggu aja gan, soalnya jarang banget adsense yang pakai plugin. nanti kalau dah sebulan tidak ada kabar coba di telusuri lagi mungkin ada yang salah terhadap pemasangan pluginnya.

  • Saya juga berkali-kali di tolak oleh Google Adsense,tapi saya belum tahu spesifikasinya kenapa blog yang saya daftarkan di tolak terus. Tapi saya ucapkan banyak terima kasih atas informasi yang Agan bagikan!

    • untuk penolakan banyak sekali jenisnya mas, mas termasuk jenis penolakan bagaimana, saya dulu juga ditolak terus. tapi setelah saya buat blog baru, yang dimana navigasi enak dilihat, konten unik hanya 7-10 konten dan ada menu about, kebijakan privasi, tos dan form kontak. template sedikit profesional. akhirnya g sampai seminggu diterima. dan penempatan kode iklan juga mempngaruhi review menurut saya.