Blogging Dasar

Cara Membuat Blog Untuk Pemula Dengan Platform Blogger

Kemungkinan setelah anda baca – baca diblog ini anda mempunyai keinginan untuk menghasilkan uang dari blog. Andapun pasti akan bertanya bagaimana cara membuat sebuah blog. Maka dari itu kali ini saya akan membahas cara membuat blog dengan platform blogger. Walaupun tutorial ini banyak ditemukan dimana – mana. Tetapi kali ini saya juga ingin melengkapi blog Portal Uang dengan pembahasan ini. Dan tidak hanya itu  tutorial cara membuat blog ini semoga dapat memberi manfaat bagi pemula yang ingin mempunyai sebuah blog. Sebelum lebih jauh anda mengikuti tutorial ini. Hendaknya anda menentukan topik atau biasa disebut niche blog anda. Anda bisa membaca tutorial sebelumnya cara menentukan niche blog.

Lantas bagaimana cara membuat blog yang cepat dan mudah. Untuk kali ini saya membahas cara membuat blog dengan platform blogger. Karena platform ini banyak digunakan oleh para blogger. Dan sangat mudah dipahami bagi pemula.

Langkah – langkah cara membuat blog dengan platform blogger

Membuat akun gmail

Untuk membuat blog dengan platform blogger. Pertama anda harus mempunyai email. Disini saya menyarankan anda menggunakan email gmail.com. Bagaimana cara membuat email di gmail.com, ikuti langkah – langkah dibawah ini.

  1. Buka / Ketik URL gmail.com di browser anda , lalu tekan Enter. Maka anda akan menemukan halaman seperti gambar dibawah ini. membuat akun gmail
  2. Isikan data – data diatas secara lengkap lalu tekan tombon Next Step. Lalu akan muncul pop up dan scroll kebawah hingga tulisan Tombol I AGREE dapat ditekan.pop up akun gmail
  3. Jika anda menemukan halaman seperti dibawah ini, itu artinya email siap digunakan. Lalu klik Tombol Continue to Email.akun gmail selesai

Membuat blog dari platform blogger

Langkah selanjutnya adalah membuat blognya. Untuk membuat blog dengan platform blogger. Silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

  1. Buka / Ketik URL di browser anda blogger.com, lalu tekan Enter. Silahkan login dengan email baru anda. Untuk password sesuai yang anda buat tadi. Jika anda berhasil masuk, maka anda akan menemukan tampilan gambar seperti dibawah ini. cara membuat blogbuat profile blogger terbatas
  2. Lalu klik tombol Buat profile blogger terbatas. Lalu isi Nama Tampilan sesuai keinginan anda, Lalu Klik Tombol Lanjutkan ke blogger. Maka anda akan menemukan tampilan seperti berikut ini.Blog Baru untuk membuat blog
  3. Klik Tombol Blog Baru untuk membuat blog. Maka akan tampil pop up seperti berikut ini. Isi Judul sesuai keinginan, Judul disini adalah judul blog anda dan Alamat adalah alamat blog anda nantinya yang terakhir pilih template sesuai keinginan juga.memilih nama dan template blog
  4. Jika selesai Klik Tombol Buat Blog. Sekarang blog anda siap digunakan.blog telah jadi

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat blog dari platform blogger. Sekarang silahkan explore menu – menu didalamnya agar anda lebih memahami fungsi – fungsi yang ada didalam blog tersebut.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

6 Komentar

  • Saya Mau tanya Bos…..
    saya barusan dapat email dari google begini…..

    Peningkatan “404” halaman di http://www.belajarkimiapintar.com/

    Untuk: Webmaster dari http://www.belajarkimiapintar.com/,

    Googlebot mengidentifikasi peningkatan yang signifikan dalam jumlah URL di http://www.belajarkimiapintar.com/ yang mengembalikan (tidak ditemukan) error 404. Ini bisa menjadi tanda dari gangguan atau kesalahan konfigurasi, yang akan menjadi pengalaman pengguna yang buruk. Hal ini akan mengakibatkan Google menjatuhkan URL tersebut dari hasil pencarian. Jika URL ini tidak ada sama sekali, tidak ada tindakan yang diperlukan.

    Rekomendasi Tindakan:

    1
    Mengidentifikasi URL dengan kesalahan
    Membuka laporan Kesalahan Perayapan di akun Search Console untuk meninjau daftar URL sampel.
    Periksa Kesalahan Perayapan
    2
    Memperbaiki masalah
    Jika URL ini dimaksudkan untuk ada, meninjau konfigurasi server untuk memastikan bahwa ia mengembalikan 200 OK (Anda mungkin perlu bantuan dari administrator server atau hoster untuk ini). Jika URL tersebut tidak valid atau tidak dimaksudkan untuk ada, meninjau sumber URL. Perbaiki link ke URL ini dari dalam situs web Anda dan mempertimbangkan menghubungi situs eksternal terhubung ke mereka. Pertimbangkan mengarahkan URL tidak valid ke halaman yang sesuai di situs Anda, jika dikenali. URL yang mengembalikan 404 Tidak Ditemukan tidak mempengaruhi sisa visibilitas situs Anda dalam pencarian.
    3
    Verifikasi memperbaiki
    Setelah memperbaiki URL dengan kesalahan, pastikan bahwa Googlebot dapat mengakses dan melihat URL Anda dengan benar, atau bahwa mereka kembali benar kode hasil kesalahan. Gunakan Ambil sebagai Google untuk langkah ini.
    tepat seperti Google
    Perlu bantuan lagi?

    • Lihat Kesalahan Crawl – 404 tidak menemukan artikel Pusat Bantuan.
    • Ajukan pertanyaan di forum kami untuk bantuan lebih lanjut – menyebutkan jenis pesan [WNC-655201].
    Google Inc. 1600 Amphitheatre Parkway Mountain View, CA 94043 | Berhenti berlangganan dari jenis pesan
    Tambahkan mitra yang harus menerima pesan untuk akun Search Console ini.

    mohon pencerahannya ya…
    sukses selalu bos

      • gampangnya silahkan masuk google webmaster milik anda lalu lihat kesalahan crawl nya lalu cek apakah url memang tidak bisa diakses atau tidak jika sudah bisa diakses silahkan tandai sudah diperbaiki jika belum silahkan hapus url terkait di webmaster toolnya. lalu tandai kalau sudah diperbaiki. intinya seperti itu mas bos.

  • Tentunya artikel ini akan sangat membantu sekali untuk para pembaca yang berniat ingin belajar menjadi seorang blogger,dan ingin segera mempunyai penghasilan tambahan dari blog!