Blogging Dasar

Cara Menentukan Niche Blog Dengan Tepat

Sebelum kita akan membuat sebuah blog hendaknya kita menentukan niche atau topik blog tersebut. Apa itu niche blog, niche atau topik dalam dunia blogging adalah sebuah blog yang membahas hal – hal tertentu saja. Misal niche rumah, berarti isi blog tersebut membahas seputar rumah. Contoh yang dibahas cara kpr rumah, rumah desain minimalis, harga rumah.

Apakah saya harus menentukan niche terlebih dahulu sebelum membuat blog ?

Menurut saya iya, jika kedepan blog anda menginginkan untuk penghasilan tambahan. Dan menentukan niche tidak berlaku jika anda hanya ingin membuat blog untuk sekedar hobi dan tidak untuk tambahan penghasilan. Jika anda tidak menentukan niche blog terlebih dahulu kemungkinan nanti pembahasan blog anda akan meluas. Biasanya disebut blog gado – gado atau niche blog gado – gado.

Lebih baik mana membuat blog hanya sekedar menuangkan hobi atau untuk penghasilan tambahan ?

Untuk pertanyaan ini kembali kepada anda sendiri, untuk menjawabnya seperti apa. Hanya sekedar hobi atau untuk penghasilan tambahan. Tapi menurut saya lebih baik dalam membuat sebuah blog dibarengi hobi dan ada penghasilan tambahan. Bukankah kita akan nikmat jika kita berkerja sesuai hobi.

Langkah – langkah menentukan niche blog

Pertama, untuk menentukan sebuah niche blog carilah ide yang sekiranya anda menguasai niche tersebut. Contoh seperti diatas niche rumah, berarti anda harus menguasai tentang rumah. Dari tipe, harga, cara kpr dan segala jenis ulasan tentang rumah. Karena dengan memilih niche yang anda kuasai kedepan blog tidak akan cepat kehabisan ide. Untuk mencari niche usahakan lebih dari satu, semakin banyak semakin baik.

Kedua, setelah anda menemukan beberapa niche yang anda kuasai. Misal disini saya contohkan hanya satu yaitu niche rumah. Setelah ditentukan kita akan melihat berapa kira – kira dalam sebulan orang mencari dengan kata kunci rumah di search engine.  Agar nantinya saat kita menentukan niche yang dipakai dalam sebuah blog tidak salah atau tidak tepat. Artinya dalam sebulan bahkan setahun tidak ada orang yang mencari dengan kata kunci yang ada tentukan. Bayangkan kita akan kesulitan mencari visitor organik.

Bagaimana cara melihat berapa kira – kira dalam sebulan orang mencari dengan kata kunci rumah di search engine ?

Disini kita bisa menggunakan Keyword Planner punyanya google atau bisa langsung ke link berikut https://adwords.google.com/ko/KeywordPlanner. Silahkan masuk dengan akun gmail anda terlebih dahulu.

Berikut ini cara menggunakan Keyword Planner

Disini saya asumsikan anda sudah masuk atau login dalam website tersebut.

memilih niche blog adwords planner

  1. Pilih menu Alat
  2. Pilih menu Perencana Kata Kunci
  3. Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web atau katergori, lalu masukan niche anda yang sudah ditentukan, contoh rumah dan pernargetan indonesia. Lalu klik tombol Dapatkan ideniche blog adwords planner
  4. Maka akan muncul halaman dan data seperti gambar dibawah ini.hasil niche blog adwords planner
  5. Dilihat gambar diatas bisa kita ketahui bahwa orang mencari dengan keyword rumah dalam sebulan rata – rata antara 100 ribu sampai 1 juta. Dan juga dibawahnya ada keyword yang relevan yang bisa anda gunakan untuk membuat artikel – artikel anda nantinya. Akhirnya niche anda ditemukan dan tertarget , tidak asal memilih niche.

Memilih niche blog adalah langkah awal dalam membangun blog. Jadi niche atau topik blog adalah pondasi blog yang akan dibangun. Kita juga akan terarah dalam mebangun blog tersebut.

Berikut ini saran niche blog yang mungkin bisa anda gunakan untuk acuan dalam memilih niche.

  1. Wisata
  2. Otomotif
  3. Berita
  4. Kesehatan
  5. Property ( seperti contoh diatas rumah )
  6. Bisnis
  7. Teknologi
  8. Asuransi
  9. Game

Untuk memilih sebuah niche jangan hal – hal yang negatif. Pastinya ada tahu hal – hal negatif tersebut. Anda juga bisa membaca tips memulai niche blogging. Oh ya niche juga merupakan salah satu faktor penting untuk promosi blog anda.

 

UPDATE :

Setelah anda berhasil menemukan atau menentukan niche untuk blog anda. Andapun dapat memulai membuat sebuah blog. Berikut ini tutorial membuat blog dengan platform blogger.

Tentang penulis

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

7 Komentar

  • maaf gan lepas dari judul,, Saya mau tanya : apakah membuat blog bahasa inggris harus menggunakan wordpress? bolehkah saya menggunakan hosting blogger?

    2 minggu lalu saya mencoba buat blog bule menggunakan blogger, setelah 2 minggu publish, saya cek semua artikel berada di halaman search google, bahkan salah satu artikel ada yang berada di Hal. 2.

    1 minggu kemudian artikel hilang semua dari hal. seacrh google, pertanyaannya : apakah ini pengaruh hosting Bloggernya?? apakah harus menggunakan wordpress?

  • langkah pertama pergi ke toko buku/gramedia, liat2 buku dan perhatikan daftar isi nya,

    ini berlaku untuk agan yang mau build niche tertentu, bukan general/gado-gado

  • Terima sih mas andre, memang benar sekali niche nya memang yang benar-benar dikuasai dalam diri, saya pun sudah punya 3 niche yang saya kuasai yaitu game,fotografi dan komputer. Semoga saja ketiga blog saya makin sukses kedepannya, mohon dukungannya ya mas. hehehe, salam