Bisnis Online

Sistem dropship adalah bisnis online tanpa perlu banyak modal

Sistem dropship adalah dimana seseorang yang berjualan secara online tanpa perlu menyetok barang. Sedangkan dropshipper adalah pelaku dari sistem dropship. Saat ini saya temukan banyak orang tidak mengenal dropship. Padalah mereka sedang menjalankan sistem dropship tersebut. Berikut ini gambaran sistem droship ini.

sistem dropship adalah

Berikut ini penjelesan gambar diatas.

  1. Dropshipper meminta daftar barang, harga dan foto kepada supplier
  2. Supplier memberi daftar barang, harga dan foto kepadal Dropshipper
  3. Dropshipper mempromosikan barang supplier melalui social media dengan ketentuan harga oleh Dropshipper
  4. Customer melihat barang yang dipromosikan Dropshipper melalui social media
  5. Customer membayar kepada Dropshipper sesuai barang yang dipesan, Lalu Dropshipper menginformasikan daftar barang yang dibeli, alamat customer dan Dropshipper membayar kepada Supplier.
  6. Supplier mengirim barang kepada Customer.

Catatan : untuk promosi Dropshipper tidak harus melalui social media, tetapi bisa juga melalui toko online seperti bukalapak, oxl atau bahkan bisa mempunyai toko online sendiri.

Sekarang saya akan menanyakan ke anda entah sebagai penjual atau pembeli barang secara online.

Apakah sampai saat ini, anda yang sebagai penjual online dengan sistem dropship menggangap
diri anda sebagai reseller ?

Apakah sampai saat ini, anda yang sebagai pembeli online menyebut sebagai reseller padahal
penjual tersebut tidak menyetok barang ?

Jika iya, masih menggangap mereka sebagai reseller itu salah besar.

Bahkan anda tidak pernah tau apa itu dropship. Droship sangat berbeda dengan reseller. Kalau berbeda lalu apa itu reseller sesungguhnya. Arti dari reseller adalah seseorang yang menjual secara online akan tetapi mereka juga menyetok barang tersebut.

Menjalankan bisnis online dengan sistem dropship

Sistem dropship yaitu berjualan secara online tanpa ada stok barang. Seperti yang sudah dijelaskan diatas. Apa saja barang yang dapat dijual dengan sistem dropship. Kebanyakan saat ini seperti baju, kerudung, tas dan sepatu. Apakah hanya itu saja yang bisa dijual dengan sistem tersebut. Tidak, masih banyak yang lain. Contohnya barang yang dijual secara online atau offline oleh supplier dan anda diperbolehkan untuk menjual secara online dan bisa menentukan harga barang tersebut sendiri.

4 hal penting yang perlu dipersiapkan menjadi dropshipper

  1. Koneksi terhadap supplier, jika kita tidak ada koneksi dengan supplier maka kita juga tidak akan bisa berjualan secara online dengan sistem ini. Bagaimana cara mencari supplier, dari pengalaman istri saya dia mencari dengan cara bertanya – tanya pada teman – teman dan juga mencari supplier di internet. Bagaimana saya tau kalau supplier itu benar – benar jujur, lihat profil supplier dan rekam jejak supplier. Atau kalau anda berminat bisa mencoba dengan membeli produk supplier tersebut lalu rasakan pelayanannya.
  2. Koneksi internet dan handhpone, saya tidak ada koneksi internet dan handphone bagaimana saya dapat menjalankan sistem ini. Sangat susah kalau anda tidak mempunyai fasilitas diatas, karena ini pendukung utama.
  3. Akun Facebook, twitter, google plus, instagram dan media social lainnya, apa perlu saya mempunyai akun sebanyak itu, menurut saya sangat perlu, semakin luas kita memasarkan produk kemungkinan semakin laku juga produk yang kita jual.
  4. Tabungan, apa perlu mempunyai tabungan, sangat perlu karena ini akan digunakan untuk transaksi kita. Anda biasanya harus mempunyai ATM, mengaktifkan mobile banking dan internet banking agar mudah dalam transaksi.

Bagaimana kalau saya gagal menjual produk ?

Dengan sistem dropship kita akan diuntungkan beberapa hal :

  1. Kita tidak perlu mempunyai stok barang, kita tidak akan rugi karena barang tidak terjual.
  2. Kita tidak perlu packing dan melakukan pengiriman, karena yang melakukan hal itu adalah supplier anda.
  3. Tidak perlu banyak mengeluarkan modal, modal hanya yang saya sebutkan diatas.
  4. Bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

Apakah ada kekurangan dari sistem dropship ini ?

  1. Untuk kekurang hampir semua pasti ada, untuk sistem ini kekurangannya.
    Kita tidak bisa leluasa mengirim barang sesaui keinginan, maksudnya seperti ini kemungkinan ada beberapa kerjadian pengirim barang dari supplier lambat, karena meraka banyak pesanan atau barang habis pada waktu yang tidak tepat sehingga mereka perlu meproduksi lagi. sedangkan calon pembeli kita terus menanyakan barang tersebut kapan sampai akhirnya kita pusing sendiri.
  2. supplier nakal, kalau kita tidak cermat dalam memilih supplier malah kita akan rugi. Maka kenalih lebih dahulu calon supplier anda.

Berikut ini saya berikan gambaran bisnis online secara dropship

Kita menjual sebuah baju, baju dari supplier seharga 80.000 dan anda jual dengan harga 95.000. Jika dalam sehari kita mampu menjual minimal 5 baju, kita akan mendapatkan keuntungan 75.000 Jangan lupa jika anda menggunakan internet banking ke atm kalau antar sesama tidak akan kena potongan. Jika kena potongan mungkin 5 ribu. 5 kali 5.000 maka 25.000 untuk potongan. dan juga dipotong biaya internet seharian cukup paket 10.000 maka sisa pendapatan menjadi 40.000 jika anda mampu menjual 5 baju. Itu berlaku jika anda baru menjalankan bisnis dengan sistem ini. Kalau sudah menjalankan bertahun tahun, sehari bahkan bisa 100 baju bisa lebih. karena pemsaran secara online tidak terbatas waktu dan tempat. Jika untuk lebih amannya anda juga bisa menjual misal melalui bukalapak.com

Bagaimana tertarik dengan sistem dropship ini ?

Sudah terbukti banyak ibu – ibu, mbak – mbak, bapak – bapak dan mas – mas yang menjalankan bisnis drosphip ini.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

9 Komentar